LogoDIGINATION LOGO

Ini Fungsi Social Media Marketing, untuk Branding Bisnis Kekinian

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 21 November 2023 | 18:50 WIB
Share
Share

 

Dalam era digital yang terus berkembang pesat, media sosial menjadi sarana utama bagi bisnis untuk membangun dan mengembangkan produk atau layanan merek mereka. Social media marketing atau dikenal dengan pemasaran media sosial telah menjadi strategi yang sangat efektif dalam meningkatkan visibilitas bisnis, menjangkau khalayak yang lebih luas, dan memperkuat identitas merek kamu. 

Dengan adanya berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn, maka akan semakin besar peluang bisnis terutama dalam mengambil alih perhatian calon pelanggan. Dalam artikel ini akan menjelaskan bagaimana social media marketing dapat menjadi kunci sukses membangun branding bisnis yang tak terlupakan. Simak selengkapnya sampai habis ya!

1. Identifikasi Tujuan dan Target Audiens

Sebelum memulai social media campaign, ada hal yang paling penting dan terkadang banyak pebisnis tidak mengambil langkah ini dengan sungguh-sungguh, yaitu mengidentifikasi tujuan mereka dan siapa target audiens yang ingin dicapainya. Dengan menentukan tujuan, akan membantu kita dalam melihat perkembangan bisnis berdasarkan matrik yang ingin dicapai. 

Baca juga: 3 Cara Data Science Dapat Membantu Bisnis

Apakah tujuannya untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan awareness merek, atau meningkatkan interaksi konsumen? Dengan pemahaman yang jelas tentang tujuan, maka bisnis dapat merancang konten yang sesuai dengan kebutuhan target audiensnya.

  1. Konsisten Melakukan Branding di Seluruh Platform

Mempertahankan konsistensi merek adalah elemen penting dalam social media marketing. Mulai dari tata letak profil hingga desain grafis, pastikan bahwa branding bisnis kamu terlihat seragam di seluruh platform yang ada. Dengan demikian, akan menciptakan sebuah identitas merek yang kohesif dan mudah untuk dikenali pengguna ataupun calon pelanggan.

  1. Aktif di Berbagai Platform

Tak jarang kini sudah banyak pebisnis melakukan live streaming di kanal social media mereka masing-masing, dan bahkan secara konsisten mereka akan mengunggah berbagai tipe konten agar dapat aktif kehadiran merek tersebut di social media. Setiap platform memiliki karakteristik uniknya tersendiri, sehingga bisnis perlu memahami perbedaan ini dan menyesuaikan strategi mereka dengan platform yang mereka gunakan. 

Sebagai contoh yaitu di Twitter lebih menyoroti interaksi secara real-time, Instagram lebih fokus kepada visual konten dan menggunakan fitur-fitur inovatif yang bisa digunakan untuk interaksi di Instagram. Dengan aktif di berbagai platform, maka bisnis dapat mencapai khalayak yang lebih luas.

  1. Memanfaatkan Influencer Marketing

Dengan melakukan kolaborasi dengan para influencer di media sosial ini dapat menjadi strategi yang efektif untuk memperluas jangkauan merek bisnis kamu. Hal ini karena mereka memiliki pengaruh besar terhadap audiens mereka, dan dengan melakukan endorsement dari mereka dapat membantu membangun kepercayaan konsumen. 

  1. Evaluasi dan Koreksi Secara Berkala

Social media marketing adalah perjalanan yang dinamis, tentunya bisnis perlu secara berkala mengevaluasi kinerja kampanye mereka, menganalisis data, dan melakukan penyesuaian jika diperlukan. Berdasarkan hasil evaluasi, bisnis dapat menentukan apakah mereka mencapai tujuan branding mereka atau perlu mengubah strategi.

Baca juga: Sering Digunakan di Industri, Kenali Python Yuk!

Dengan memanfaatkan social media marketing secara efektif, bisnis dapat membangun keberadaan daring yang kuat dan mengukuhkan posisi merek bisnis kamu di benak konsumen. Agar fokus konten yang dihasilkan berkualitas dan sesuai dengan nilai perilaku pengguna secara personalisasi konten, maka tidak perlu diragukan lagi ilmu Data Science dan penggunaan Machine Learning dapat Anda implementasikan pada bisnis Anda. 

Kedua ilmu tersebut dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam dan bahkan membantu membuat keputusan bisnis secara fakta menggunakan data. Ingin mulai belajar analisis data dari dasar? DQLab salah satu kursus online Data Science yang bisa kamu ikuti dan daftar sekarang kelasnya! Info lebih lanjut kunjungi https://dqlab.id/free-class-data-science-fundamentals

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB