LogoDIGINATION LOGO

Humane AI Pin, Pengganti HP yang Bisa Nempel di Baju

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 13 November 2023 | 20:09 WIB
Share
Share

 

Teknologi terus berkembang pesat. Jika beberapa tahun lalu kita masih menggunakan keypad lalu beralih ke touch screen, kemungkinan kita akan beralih ke perangkat tanpa layar.

Baru-baru ini startup dari Silicon Valley, Humane baru saja memperkenalkan inovasi kecerdasan buatan, yakni AI Pin. Teknologi ini merupakan perangkat AI tanpa layar yang dapat dipakai dan berfungsi tanpa memerlukan smartphone yang terkoneksi dengannya.

Ai Pin buatan Humane ini dibuat ringan sehingga dapat menempel secara magnetis pada pakaian. Ai Pin memungkinkan pengguna melakukan segalanya dari mulai mengajukan pertanyaan rumit, melakukan panggilan telepon, mengirimkan pesan teks, memotret sesuatu, semuanya hanya menggunakan perintah suara.

Bahkan, Ai Pin memiliki kamera internal yang dapat mengidentifikasi berbagai hal dan memberikan informasi pada pengguna, misalnya perkiraan kalori suatu makanan yang didekatkan pada Ai Pin.

“Ai Pin adalah perwujudan dari visi kami untuk mengintegrasikan AI ke dalam kehidupan sehari-hari, meningkatkan kemampuan kita tanpa menutupi sisi kemanusiaan kita,” kata salah satu founder Humane, Imran Chaudhri.

Baca juga: Microchip Implant, Akselerasi Teknologi Chip Tanam pada Tubuh Manusia

AI Pin ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon. Beratnya sekitar 34 gram dan tambahan "baterai booster" memberikan berat sekitar 20 gram. Kamera bawaannya bisa mengambil foto dengan resolusi 13 megapiksel.

Teknologi ini dapat mengambil foto dan mengirim teks, menggunakan laser untuk memproyeksikan antarmuka visual ke telapak tangan seseorang. Dilengkapi dengan asisten virtual secanggih ChatGPT, teknologi ini selalu siap untuk mencari web dan berkomunikasi. Karena kecanggihannya ini AI Pin digadang dapat menghilangkan ketergantungan pada smartphone.

Bedanya dengan beberapa perangkat sejenis, AI Pin tidak dirancang untuk selalu merekam, bahkan tidak mendengarkan kata kunci untuk mulai beroperasi. Pengguna harus menyalakannya secara manual dengan mengetuk dan menggeser di touchpad. Jika pengguna sudah mengaktifkannya, indikator "Trust Light" akan berkedip untuk memberi tahu bahwa perangkat ini sedang mengumpulkan data.

Baca juga: Elon Musk Kenalkan Produk AI Pertamanya Bernama Grok

Tugas utama AI Pin adalah terhubung dengan model kecerdasan buatan melalui suatu perangkat lunak bernama AI Mic. Humane mengatakan bahwa akses ke ChatGPT sebenarnya adalah salah satu fitur utama perangkat ini. Sistem operasinya disebut Cosmos, yang dirancang untuk mengarahkan pertanyaan pengguna ke alat yang tepat secara otomatis tanpa meminta pengguna untuk mengunduh atau mengelola aplikasi.

Dibandrol dengan harga $699 atau sekitar Rp11 juta dan dikenakan biaya bulanan sebesar $24 untuk panggilan, SMS, dan data tanpa batas melalui T-Mobile. Menurut informasi dari Wired, pengiriman AI Pin akan dimulai pada awal tahun 2024 dan Pre-Order akan dibuka pada tanggal 16 November.

  • Editor: Dewi Shinta N
  • Sumber: www.wired.com/story/humane-ai-pin-700-dollar-smartphone-alte
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB