LogoDIGINATION LOGO

Elon Musk Kenalkan Produk AI Pertamanya Bernama Grok

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 6 November 2023 | 18:20 WIB
Share
Share

Elon Musk kembali memamerkan kemampuannya dalam bidang teknologi. Jika sebelumnya Elon mempu mengambil alih Twitter yang saat ini menjadi X, sekarang ia memperkenalkan produk chatbot pertamanya yakni Grok. 

Grok merupakan karya Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pertama Elon Musk yang dibangun dibawah naungan perusahaan xAI. Kabar ini terungkap setelah Musk membagikan cuitan di akun X pribadinya (platform yang dulunya Twitter).

“Setelah versi beta awal keluar, sistem Grok xAI akan tersedia untuk semua pelanggan X Premium+.” ungkap Elon Musk di X, 4 November 2023.

 

Musk mengatakan bahwa fungsi Grok mirip dengan ChatGPT. Ia akan menjawab pertanyaan yang diajukan pengguna berdasarkan informasi yang dihasilkan oleh model bahasa besar.

Baca juga: 3 Cara Kecerdasan Buatan Mengubah Dunia Bisnis

Bahkan, kinerja Grok diklaim mampu mengungguli ChatGPT-3.5 dalam beberapa tes akademik, termasuk matematika dan juga coding. Chatbot ini juga mampu menjawab pertanyaan sarkasme dengan respon humor.

 

Chatbot ini berada dibawah naungan xAI yang dibangun pada Juli 2023. Perusahaan AI milik Elon ini terdiri dari para ahli AI yang sebelumnya telah bekerja di perusahaan seperti DeepMind, OpenAI, Google, Microsoft, dan Tesla, serta Universitas Toronto.

Grok didukung oleh mesin baru yang disebut Grok-1, yang memiliki akses informasi real-time melalui platform X. Bahkan kecerdasan buatan ini dikabarkan mengungguli semua model lain di kelas komputasi, termasuk ChatGPT-3.5 dan Inflection-1.

Baca juga: Google Bangun AI Jurnalis, Bagaimana Profesi Jurnalis Kedepannya?

Untuk menilai kemampuannya, xAI melakukan serangkaian evaluasi menggunakan tolok ukur pembelajaran mesin standar yang dirancang untuk mengukur kemampuan evaluasi menggunakan tolok ukur pembelajaran mesin standar yang dirancang untuk mengukur kemampuan matematika dan penalaran.

Grok masih merupakan produk beta awal, namun kehadirannya berkembang pesat dari minggu ke minggu. Perusahaan juga berupaya menerapkan lebih banyak langkah keamanan untuk memastikan bahwa Grok tidak digunakan secara tidak bijak.

Untuk saat ini, Grok akan tersedia di X Premium Plus seharga $16 atau Rp249 per bulan, dan hanya ditawarkan kepada sejumlah pengguna terbatas di Amerika Serikat.

  • Editor: Dewi Shinta N
  • Sumber: www.sea.mashable.com/tech/28505/elon-musks-first-ai-product-
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB