LogoDIGINATION LOGO

Ini 5 Penerapan IoT pada Bisnis

author Oleh DQLab Selasa, 12 September 2023 | 15:59 WIB
Share
Share

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Big Data, cloud computing, dan AI berada di urutan teratas dan hampir seluruh perusahaan ingin mengadopsi teknologi canggih ini dalam lima tahun kedepannya. Data menunjukkan dampak digitalisasi yang besar terutama dalam perdagangan, yang memungkinkan memberikan ide bisnis yang lebih sukses dan bisa berkontribusi akan memberikan manfaat dalam penerapannya untuk hidup.

Teknologi IoT yang dimana menyediakan real-time data, mampu meningkatkan efisiensi dan kenyamanan berinovasi untuk bisnis. Tidak hanya pada operasional bisnis secara keseluruhan, namun bisa meningkatkan profitabilitas bisnis bahkan mendorong menjadi perusahaan multinasional. 

Dengan banyaknya segudang manfaat yang ada pada teknologi IoT, yuk kita simak 5 penerapan dari IoT di dunia bisnis secara detail melalui artikel DQLab berikut ini.

Tracking Manajemen & Asset

Melakukan pengelolaan asset dan mengelola inventaris bukanlah hal yang mudah, karena akan menghabiskan banyaknya waktu dan tenaga terutama pada karyawan. Dengan teknologi IoT dapat membantu mengelola serta menawarkan beberapa pilihan lainnya secara otomatis untuk melacak aset ataupun menemukan barang yang hilang. 

Menginstal software dan IoT pada unit penyimpanan memungkinkan Anda dapat melacak perubahan yang ada secara real-time, sehingga ini dapat memberikan tingkat produktivitas karyawan serta pengerjaan tugas yang lebih efisien serta menghindari resiko human error dalam pencatatannya.

Baca juga: Penasaran Apa Itu IoT yang Sedang Naik Daun? Yuk, Kenali Cara Kerjanya!

Ciptakan Produk Baru

Pada teknologi IoT memberikan algoritma prediktif yang bisa membantu membuka peluang baru serta inovasi dalam menciptakan produk baru bagi bisnis (product development). Software dan perangkat IoT akan berkaitan dengan UX/UI, database, integrasi web, dan juga cloud produk IoT. 

Contoh dari penerapan IoT dalam menciptakan produk baru yaitu smart home, dimana fasilitas dasar rumah telah dilengkapi dengan teknologi komunikasi yang memungkinkan otomatisasi atau dapat mengendalikan dari jarak jauh pada tingkat tertentu.

Menekan Biaya Bisnis

Salah satu tujuan mengapa banyak perusahaan menerapkan dan mengintegrasikan teknologi IoT pada bisnis mereka yaitu sebagai cara untuk menekan biaya operasional bisnis dengan efektif. 

Teknologi IoT dapat menghemat pekerjaan tanpa harus dilakukan secara manual oleh manusia. Sensor IoT dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan syarat keselamatan yang telah ditentukan, sehingga terhindar dari resiko kerugian dan data dicatat oleh sistem secara real-time.

Mendapatkan Insight secara Real-Time

Inovasi-inovasi di industri yang terjadi saat ini telah dibantu oleh data secara real-time, mengapa demikian? Hal ini karena terdapat sensor yang mampu melihat apa yang sedang terjadi dan mampu membantu kita mencari strategi atau perubahaan tanpa harus mengulur waktu yang lebih lama. Dengan mendapatkan data insight secara real-time dapat membantu industri dengan baik, misalnya seperti industri kesehatan dimana harus memantau data pasien secara real-time agar dapat mengidentifikasi potensi masalah kesehatan sebelum terjadinya masalah yang serius.

Selain itu juga, sensor IoT dapat mengidentifikasi potensi masalah yang didapatkan secara real-time dan kemudian bisnis mampu melacak area tersebut agar bisa memberikan peningkatan dalam produk atau layanan mereka.

Meningkatkan Tingkat Kepuasaan Customer

Mendapatkan feedback dari customer sangat penting bagi bisnis, tidak hanya sebagai membantu pembentukan reputasi pada bisnis melainkan mampu membangun produk yang lebih tepat berdasarkan analisis data. Dengan teknologi IoT adalah pilihan yang tepat untuk membantu menangani dan menyelesaikan permasalahan customer dengan cepat serta terdapat tools untuk memantau permasalahan yang dihadapi mereka. 

Baca juga: Fitur AI ChatGPT dalam Pembelajaran di DQLab

Chatbots, merupakan perpaduan penggunaan AI dan teknologi IoT yang mampu memberikan solusi atas permasalahan customer dengan baik dan efektif. Chatbots sendiri memiliki kemampuan meniru percakapan layaknya pengguna sebenarnya (manusia), ini sangat cocok di situs web untuk mengetahui keinginan customer. 

Bahkan Chatbot AI kini bisa digunakan dalam membantu kegiatan belajar sehari-hari. DQLab salah satu kursus Data Science yang menggunakan Chatbot AI untuk membantu asistensi belajar langsung. Tertarik belajar dengan pembelajarannya? Informasi selengkapnya dapat kunjungi Bootcamp Data Analyst with Python & SQL.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB