LogoDIGINATION LOGO

Teknologi Ini Bisa Membuat Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik, Lho! 

author Oleh Dewi Shinta N Kamis, 31 Agustus 2023 | 11:27 WIB
Share
Share

 

Banyak orang yang mendambakan kualitas tidur yang baik demi kesehatan fisik dan juga mental. Dari sekian banyaknya aktivitas yang dilakukan sehari-hari membuat banyak orang susah mendapatkan waktu tidur yang cukup dan pulas sehingga keesokan harinya merasa mengantuk dan melelahkan.

Dilansir dari Quality Jurnal Kesehatan, sebenarnya kualitas tidur yang baik maupun tidak ditunjukkan dengan berbagai tanda kekurangan tidur dan tidak mengalami masalah dalam tidurnya. Maka tidur yang pulas dan waktu tidur yang cukup harus didukung agar kualitas tidur yang baik dapat terealisasi.

Zaman yang serba-serbi dengan teknologi ini membuat banyak alat yang diciptakan untuk mempermudah segala kebutuhan manusia, salah satunya adalah teknologi yang membantu tidur dengan pulas. Benarkah? Yuk kita bahas lebih lanjut!

Kali ini akan dibagikan beberapa teknologi yang hadir untuk membantu kamu tertidur dengan pulas dan mewujudkan kualitas tidur terbaik!

White Noise Lite

Apakah kamu tipe orang yang sangat membutuhkan suara yang tenang jika ingin tidur? aplikasi White Noise Lite adalah solusi yang tepat bagi kamu yang sulit tidur karena tidak tenang. Aplikasi ini bisa didownload gratis oleh Android maupun IOS dan tentu sangat mudah digunakan. 

Dalam aplikasi ini terdapat lebih dari 20 suara yang dapat membuat kamu tertidur pulas. Seperti suara hujan turun, laut, grandfather clock, hingga white noise jadi kamu tinggal pilih. Apabila kamu sudah tidur, otak akan secara konstan tetap mendengarkan suara white nose tersebut. Bahkan ada Warp Speed ​​yang dirancang khusus untuk kamu penggemar sci-fi. 

Aplikasi ini dirancang untuk berbagai tujuan, termasuk bekerja, sekolah, tidur, relaksasi, dan meditasi. Aplikasi ini juga dapat disesuaikan, dengan 10 penggeser berkode warna yang memungkinkan aplikasi menyesuaikan frekuensi tertentu untuk memberikan pemblokiran kebisingan terbaik.

Baca juga: Direct Air Capture (DAC) Bisa Atasi Pemanasan Global, Benarkah?

Calm 

Aplikasi ini dikenal sebagai aplikasi yang terkenal untuk meditasi dan tidur. Secara sederhana aplikasi ini menciptakan ketenangan. Dengan mudah bisa kita temukan di playstore atau App Store.

Melalui aplikasi ini kita akan dilatih untuk bermeditasi dengan tenang sehingga benar-benar bermanfaat bagi kesehatan. Tidak hanya itu, mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi juga adalah bonus yang kita bisa dapatkan dengan penggunaan aplikasi ini. 

Dengan kondisi tubuh yang rileks dan pikiran yang tenang, maka kamu akan mendapatkan tidur yang nyaman dan nyenyak sehingga keesokan harinya dapat bangun dengan tenaga dan semangat yang baru!

Kasur Pintar (Nokia Sleep)

Kasur pintar merupakan sebuah teknologi yang diciptakan untuk mengukur kualitas tidur si pengguna. Alat yang dikembangkan oleh tim produk kesehatan Nokia tersebut nantinya akan memonitor apakah terjadi gangguan selama pengguna tidur atau tidak. Dari data inilah, nantinya Nokia Sleep dapat menghitung kualitas tidur pengguna sepanjang malam.

Lantas, bagaimana Nokia Sleep membuat kualitas tidur kita tetap pulas?

Nokia Sleep adalah penyempurnaan dari teknologi yang bernama Aura yang dibuat oleh Withings. Nokia sendiri membeli perusahaan tersebut pada 2016, dan menjadi bagian dari tim produk kesehatan Nokia.

Kala itu, Aura merupakan sebuah produk yang menggabungkan lampu dengan sensor tempat tidur untuk mengatur cahaya, untuk meningkatkan kualitas tidur sang pengguna.

Jika sang sensor menemukan pengguna mengalami gangguan, maka lampu akan berubah menjadi warna merah untuk membantu mereka tertidur lagi. Sedangkan saat ingin membangunkan pengguna, lampu akan berubah warna menjadi putih dan biru.

Baca juga: Hati-Hati! AI Bisa Tahu Password Lewat Suara Ketikan

Jam Tangan Pintar (Samsung Galaxy Watch4)

Samsung Galaxy Watch4 dan aplikasi Samsung Health bisa membantu kamu dalam hal memberdayakan pengguna untuk mengelola mindfulness melalui kemampuan memantau pernapasan, meditasi, dan stres.Membantu pengguna mencapai kebiasaan tidur yang lebih baik dan mencapai target tidur mereka. 

Program Samsung memberikan satu dari delapan hewan simbol tidur yang mewakili jenis tidur pengguna setelah melacak pola tidur selama tujuh hari dan menyelesaikan dua survei tidur terkait. Kemudian, program ini akan memandu pengguna melalui program pelatihan empat hingga lima minggu yang mencakup misi, daftar tugas, panduan, dan laporan untuk mendukung pengguna saat berupaya meningkatkan kesehatan tidur.

Itulah teknologi yang mudah ditemukan disekitar kita untuk membantu meningkatkan dan memperbaiki kualitas tidur kita. Jangan ragu untuk mencoba teknologi ini, karena akan membuat pola hidup menjadi lebih sehat dan lebih baik!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB