LogoDIGINATION LOGO

START Women in Tech: Mendorong Perempuan di Industri Teknologi

author Oleh Claudia Tari Aplabatansa Senin, 19 Juni 2023 | 16:32 WIB
Share
Share

Tokopedia baru saja melaksanakan konferensi START Women in Tech 2023 bertajuk “A Way Forward and Beyond for Women in Technology”, pada 17 Juni 2023. Acara ini bertujuan “Untuk mendorong partisipasi perempuan dalam industri teknologi, Tokopedia Academy mengadakan START Women in Tech, sebuah konferensi tahunan yang ditujukan bagi perempuan yang tertarik dengan teknologi,” Ungkap Rossy Triana Iskandar, Tokopedia Academy Lead.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA RI) mengungkapkan kekhawatiran tentang peran perempuan di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics), termasuk partisipasi yang rendah di dunia kerja teknologi.

Program Tokopedia Academy ini menawarkan kesempatan belajar, pelatihan, dan kolaborasi bagi siapa saja yang ingin mengembangkan pengetahuan dan keterampilan teknologi.

Baca juga : Kementerian BUMN RI Gandeng Tokopedia Luncurkan ‘Rumah BUMN’

Rossy menjelaskan bahwa START Women in Tech bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kemampuan talenta digital di Indonesia serta memberikan kesempatan yang lebih merata melalui teknologi.

Pada acara tersebut para peserta START Women in Tech 2023 mendapatkan manfaat dari sesi keynote dari pemimpin perempuan di bidang teknologi, talk show inspiratif, dan sesi diskusi langsung dengan pemimpin perempuan tentang teknologi, data, dan manajemen produk.

Salah satu pembicara yang hadir adalah Anggaris Anggia Cininta, Founder & CEO Generation Educators (GenEd). Ia berbagi pengalamannya dalam mengembangkan perusahaan edtech yang memberdayakan peran guru dalam menciptakan generasi murid yang kritis, kreatif, dan inovatif.

Baca juga : Chat GPT menjadi Keterampilan yang Paling Banyak Diburu

Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi inklusif, telah melakukan berbagai inovasi untuk mempercepat adopsi platform digital. Ribuan karyawan di Tokopedia, baik perempuan maupun laki-laki, berkontribusi dalam menciptakan teknologi yang membantu masyarakat.

“Saat ini, Tokopedia terdiri lebih dari 14 juta penjual, yang hampir 100%nya UMKM lokal. Jutaan penjual ini telah memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia,” ungkap Rossy.

Rossy menyampaikan beberapa tren menarik yang terjadi di Tokopedia, seperti peningkatan transaksi di kategori Kecantikan, Fesyen, Handphone, dan Gadget pada kuartal II 2023 dibandingkan kuartal sebelumnya.

Data internal Tokopedia juga menunjukkan peningkatan transaksi yang signifikan hampir 10 kali lipat di beberapa wilayah, seperti Pelalawan (Riau), Kerinci (Jambi), dan Bangka Barat (Bangka Belitung).

Dengan upaya kolaboratif dari berbagai pihak, diharapkan partisipasi perempuan dalam industri teknologi semakin meningkat, menghasilkan inovasi yang lebih baik, dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui teknologi.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB