LogoDIGINATION LOGO

5 Topik Podcast yang Ramai Pendengar

author Oleh Dewi Shinta N Jumat, 9 Juni 2023 | 17:41 WIB
Share
Share

 

Beberapa tahun belakangan, podcast menjadi alternatif hiburan yang digemari anak muda. Platform berbasis audio ini menjadi pilihan tersendiri karena berisikan berbagai informasi dan hiburan yang mudah diakses di manapun dan kapan pun.

Berkat aksesnya yang mudah, dan menjadi hiburan baru yang segar dan banyak peluang didalamnya, tak sedikit anak muda yang membuat podcast dengan beragam topik. Lantas apa saja materi podcast yang ramai didengar anak muda?

Menyadur dari GoodStats, podcast digandrungi oleh penduduk mayoritas Indonesia saat ini, yakni Gen Z. Data yang diungkapkan IDN Media melalui lembaga risetnya IDN Research Institute dalam laporan "Indonesia Gen Z Report 2022" menyampaikan bahwa 32% Gen Z Indonesia mendengarkan podcast. 

Dalam penjelasannya, salah satu faktor industri podcast di Indonesia turut berkembang cepat adalah karena para kreator tidak hanya menghasilkan podcast berformat audio, melainkan juga video.

Baca juga : Cara Unggah Podcast ke Spotify via Anchor

"Di Indonesia, beberapa podcast tidak hanya terserdia dalam format audio, tetapi juga video. Ini memungkinkan podcast dipublikasi melalui YouTube juga, yang mana membantu mereka untuk mendapatkan lebih banyak audiens dibandingkan platform streaming audio lainnya seperti Spotify, Apple Podcast dan Google Podcast," tulis IDN Media.

Berbicara mengenai topik yang paling sering dinikmati saat mendengar podcast, mayoritas Gen Z Indonesia sepakat obrolan ringan seperti komedi menjadi topik paling populer dalam mendengarkan podcast. Dalam riset IDN Media, komedi dipilih oleh 64% Gen Z Indonesia sebagai topik populer.

Kemudian, berita dan politik menjadi topik kedua yang paling banyak didengar dengan persentase sekitar 31%, diikuti oleh sosial dan budaya yang memiliki persentase sebesar 30%. Kesehatan dan kebugaran berada di posisi empat dengan persentase 26% atau memiliki persentase yang sama dengan topik bisnis. Topik olahraga dipilih 23% Gen Z dan jurnalisme dipilih 19% Gen Z. Sementara itu, topik keagamaan berada di peringkat delapan dan dipilih oleh 17% Gen Z Indonesia.

"1 dari 3 pendengar podcast mengatakan bahwa mereka mendengarkan podcast untuk mengikuti berita dan politik. Ada juga yang mengikuti topik tertentu seperti budaya (30%), kesehatan (26%), bisnis (26%), olahraga (23%), jurnalisme investigatif (19%), bahkan agama (17%)," kata IDN Media.

Baca juga : Ini dia, 5 Rekomendasi Aplikasi Edit Suara Terbaik di Android

Sementara, dikutip pada Kumparan, dari buku Pengembangan Media Pembelajaran dengan Google Podcast karya Gunawan, S.Pd.I., M.A dkk., mengungkap beberapa macam-macam siniar (podcast) yaitu Cerita atau stories, Komedi, Gaya Hidup dan Kesehatan, Horor, dan Edukasi atau Pengetahuan. 

Artinya, melihat dari tren konten 2 tahun belakangan konten komedi, gaya hidup dan kesehatan dan pengetahuan masih menjadi topik terpopuler dikalangan anak muda. Sementara konten horor yang kaitkan dengan budaya Indonesia memiliki minat tersendiri. 

Gen Z memiliki beragam minat dan preferensi, sehingga topik podcast yang banyak didengarkan oleh mereka juga sangat bervariasi. Oleh sebab itu kamu harus pintar membangun topik. Pilihlah topik yang relate agar dekat dengan kehidupan generasi gen Z. Semangat!!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB