LogoDIGINATION LOGO

Cara Unggah Podcast ke Spotify via Anchor

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 6 Juni 2023 | 17:03 WIB
Share
Share

 

Beberapa tahun belakang ini, Podcast menjadi tren dikalangan anak muda. Karena hiburannya yang segar ditambah konten-konten yang sangat dekat dengan kehidupan millennial dan Gen Z, podcast dianggap memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan beberapa kreator podcast sudah merasakan cuan lewat podcast yang mereka buat.

Berkat ketenarannya, podcast memiliki banyak peluang penghasilan yang bisa kamu manfaatkan. Hanya dengan bermodal handphone atau laptop, mikrofon atau clip on, tools editing dan internet kamu bisa mengolah podcastmu sendiri dan memasukannya ke Spotify. Penasaran seperti apa step by step mengunggah podcast? Yuk simak!

  • Siapkan topik yang akan dibincangkan

Pertama yang harus kamu siapkan adalah topik. Karena walau podcast identik dengan obrolan yang mengalir begitu saja tapi kamu juga perlu menyiapkan topik agar perbincangan tidak keluar dari topik pembicaraan. 

  • Siapkan gear rekaman

Sebelum memulai rekaman, kamu perlu siapkan handphone/ laptop, microphone dan software tambahan seperti Anchor. Software Anchor menjadi salah satu yang kerap digunakan banyak orang untuk membantu merekam hingga mengunggah episode podcast yang telah dibuat. 

Jika kamu ingin membuat podcast dalam bentuk video maka kamu harus siapkan juga kamera sebagai gear tambahan. Jangan lupa klik tombol record sebelum rekaman. 

Baca juga : Podcast! Wajah Baru Industri Hiburan

  • Buat akun Spotify

Siapkan rekaman podcast yang ingin kamu unggah ke Spotify. Pastikan konten tersebut sudah selesai diedit dan siap untuk dipublikasikan. Jika kamu belum memiliki akun Spotify, daftarlah di situs web Spotify atau melalui aplikasi mobile Spotify.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat podcast menggunakan Anchor dan mengunggahnya ke Spotify:

Daftar akun di Anchor

Kunjungi situs web Anchor di anchor.fm dan daftar akun secara gratis. Kamu juga dapat mengunduh aplikasi Anchor di perangkat mobile kamu dan mendaftar melalui aplikasi.

Buat podcast baru 

Setelah mendaftar dan masuk ke akun Anchor kamu, klik tombol "Buat Podcast" atau ikon "+ Create New Show" untuk membuat podcast baru.

Isi detail podcast

Berikan judul podcast, deskripsi yang singkat tetapi informatif, serta pilih kategori yang paling sesuai untuk podcast kamu. Kamu juga dapat mengunggah cover podcast.

Rekam episode pertama

Setelah podcast kamu dibuat, klik tombol "New Episode" atau ikon "+ Record" untuk mulai merekam episode pertama kamu. Kamu dapat merekam langsung melalui mikrofon perangkat kamu atau mengunggah file audio yang telah direkam sebelumnya.

Baca juga : Ini dia, 5 Rekomendasi Aplikasi Edit Suara Terbaik di Android

Edit episode 

Setelah merekam atau mengunggah file audio, kamu dapat menggunakan fitur pengeditan Anchor untuk memotong bagian yang tidak diinginkan, menambahkan musik latar, atau memasukkan klip suara tambahan. Pastikan untuk menyimpan perubahan setelah melakukan pengeditan.

Tambahkan detail episode 

Setelah selesai mengedit, berikan judul episode, deskripsi, dan tanggal publikasi episode tersebut.

Unggah episode ke Anchor 

Setelah semua detail diisi, klik tombol "Publish" untuk mengunggah episode ke Anchor. Kamu dapat melihat daftar episode di panel kontrol podcast kamu di Anchor.

Verifikasi dan siapkan podcast untuk distribusi

Anchor akan memeriksa podcast kamu untuk memastikan kontennya memenuhi persyaratan mereka. Setelah diverifikasi, kamu akan diarahkan untuk menyiapkan podcast kamu untuk distribusi ke berbagai platform, termasuk Spotify.

Setujui distribusi ke Spotify

Pada langkah ini, kamu akan diberikan opsi untuk mendistribusikan podcast kamu ke Spotify. Pastikan kamu memberikan persetujuan dan mengikuti langkah-langkah yang disediakan oleh Anchor.

Baca juga : Audio Streaming Semakin Booming di Indonesia, Begini Trennya!

Tunggu proses persetujuan Spotify

Setelah mengaktifkan distribusi ke Spotify melalui Anchor, kamu perlu menunggu Spotify meninjau dan menyetujui podcast kamu. perlu diketahui, Anchor membutuhkan waktu 1-3 hari untuk menampilkan kontenmu di Spotify. Setelah itu, kontenmu bisa didengar melalui Spotify!

Cek status podcast di Spotify

Setelah podcast kamu disetujui oleh Spotify, cek apakah podcast kamu sudah tersedia di Spotify dengan mencari judul atau nama podcast kamu di aplikasi Spotify.

Perlu kamu tahu Anchor memiliki beberapa peraturan agar podcast kamu bisa diunggah di Spotify. Pastikan kontenmu tidak melanggar privasi, melanggar hak cipta, mengandung unsur ujaran kebencian, konten seksual eksplisit, atau konten-konten berbahaya lainnya, agar podcastmu bisa tayang di Spotify dengan mudah dan lancar.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB