LogoDIGINATION LOGO

Ini Dia! 4 Aplikasi Editing Podcast yang Bisa Langsung Upload ke Spotify

author Oleh Dewi Shinta N Kamis, 8 Juni 2023 | 16:30 WIB
Share
Share

Hal terpenting dari podcast adalah audio. Tak mengheran bila beberapa para podcaster rela membeli peralatan mahal untuk meningkatkan kualitas suara dengan tujuan memanjakan telinga pendengarnya.

Audio yang baik dan jelas akan membuat pendengar betah berlama-lama mendengarkan podcastmu. Biasanya pada podcaster membeli mixer dan mic yang memiliki kualitas apik agar mendapatkan hasil audio yang baik. Namun untuk meningkatkan kualitas audio podcast sebaiknya kamu mempelajari beberapa aplikasi editing audio. 

Menggunakan software komputer mungkin rumit dan mahal untuk sebagian orang. Tapi kamu tak perlu khawatir, banyak aplikasi ramah di kantong dan sangat mudah untuk digunakan untuk menyaring dan mengedit suara. Berikut rekomendasi aplikasi editing audio yang bisa kamu gunakan :

Baca juga : Podcast! Wajah Baru Industri Hiburan

Anchor

Pertama adalah aplikasi Anchor. Aplikasi ini menjadi aplikasi yang sering digunakan para podcaster Indonesia karena bisa langsung diupload ke Spotify ketika selesai mengedit audio. 

Diaplikasi ini kamu dapat merekam, mendengar, dan menerbitkan podcastmu sendiri. Anchor juga menyediakan beberapa fitur menarik lainnya seperti, adanya transisi maupun background task, kemudian efek suara, dan impor pesan suara.  

Castbox

Castbox adalah aplikasi mobile yang dapat kamu gunakan untuk merekam, mengedit, dan mengirimkan audio podcast. Castbox juga menyediakan integrasi langsung dengan Spotify, sehingga kamu dapat mengunggah podcast kamu langsung ke platform Spotify.

Baca juga : Cara Unggah Podcast ke Spotify via Anchor

Adobe Audition

Jika kamu familiar dengan software Adobe, maka Adobe Audition bisa kamu manfaatkan. Adobe Audition adalah aplikasi profesional yang dapat digunakan untuk mengedit audio dengan fitur-fitur yang lengkap. Setelah selesai mengedit, kamu dapat mengekspor file audio dalam format yang didukung oleh Spotify dan mengunggahnya melalui platform Spotify for Podcasters.

Buzzsprout

Buzzsprout adalah platform hosting podcast yang juga menyediakan fitur editing audio sederhana. Setelah kamu selesai mengedit podcastmu, Buzzsprout akan mengirimkan podcast tersebut ke berbagai platform podcast, termasuk Spotify.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB