LogoDIGINATION LOGO

Tips Hemat Biaya Ketika Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 11 April 2023 | 13:58 WIB
Share
Share

 

Tidak terasa hari raya Idul Fitri sebentar lagi, waktunya mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman.

Bagi sebagian orang, mudik menggunakan kendaraan pribadi menjadi pilihan yang tepat. Dengan kendaraan pribadi kamu bisa lebih fleksibel memilih waktu keberangkatan dan juga istirahat. 

Naik kendaraan pribadi juga dianggap lebih mudah dan hemat karena pemerintah sudah memberi akses jalan yang baik bagi pengguna jalan.

Meskipun menggunakan kendaraan pribadi dinilai memakan biaya yang lebih sedikit, terkadang ada pengeluaran-pengeluaran tak terduga selama di perjalanan. 

Nah untuk mengatasi pengeluaran tak terduga berikut beberapa tips hemat biaya ketika mudik menggunakan kendaraan pribadi:

Membuat Rincian Biaya

Bagi kamu yang ingin mudik hemat, perlu adanya rincian biaya selama perjalanan pulang pergi. Sehingga, kamu dapat terhindar dari keinginan untuk boros dengan membeli hal-hal yang tidak perlu. 

Buat perkiraan biaya BBM, akomodasi, konsumsi selama perjalanan. Selama perjalanan, kamu harus konsisten dan berpatokan pada anggaran tersebut, agar pengeluaran untuk mudik sesuai dengan dana yang dipersiapkan.

Baca juga : 5 Film Netflix Terbaru buat Nemenin Kamu Ngabuburit

Buat Perencanaan Rute

Sebelum melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi, buatlah perencanaan rute. Perencanaan rute yang baik dapat membantu kamu menghemat biaya bahan bakar. 

Hindari jalan-jalan yang macet, pilih rute yang lebih pendek, dan pilih rute alternatif yang lebih murah. Kamu dapat menggunakan aplikasi navigasi untuk membantu kamu memilih rute terbaik.

Mengatur Jadwal Perjalanan

Mengatur jadwal perjalanan pada saat kepadatan lalu lintas yang rendah dapat membantu kamu menghemat biaya bahan bakar. Misalnya, melakukan perjalanan pada malam hari atau pagi hari saat lalu lintas lebih lancar.

Jangan Lupa Service Kendaraan Terlebih Dahulu

Pastikan kendaraan kamu dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan mudik.

Lakukan perawatan rutin seperti penggantian oli, filter udara, filter bahan bakar, dan periksa kondisi rem dan kelistrikan. Hal ini dapat membantu kendaraan kamu lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan menghindari risiko kerusakan yang dapat memakan biaya tambahan.

Baca juga : Agar Tidak Cepat Habis, Berikut Tips Mengelola Uang THR

Memperhatikan Konsumsi Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar kendaraan dapat dipengaruhi oleh gaya berkendara kamu. Hindari akselerasi yang tiba-tiba dan rem mendadak, karena hal ini dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. 

Bawa Koper Secukupnya

Selain menghindari akselerasi yang tiba-tiba dan rem mendadak, hindari juga beban berlebih pada kendaraan karena hal ini juga dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. 

Membawa Bekal

Nah ini tips yang harus banget kamu lakukan yaitu membawa bekal. Membawa bekal makanan dan minuman dari rumah dapat membantu kamu menghemat biaya makan dan minum selama perjalanan.

Menggunakan Aplikasi Diskon

Ada banyak aplikasi diskon yang dapat membantu kamu menghemat biaya bahan bakar dan makanan selama perjalanan mudik. Pastikan kamu mencari promo diskon terbaik yang tersedia di aplikasi tersebut sebelum melakukan perjalanan.

Itu dia beberapa tips hemat biaya ketika mudik menggunakan mobil pribadi. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu dapat menghemat biaya jadi punya lebihan uang buat ditabung deh. 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB