LogoDIGINATION LOGO

Ini Dia 4 Platform e-Commerce Andalan Seller di Tahun 2023

author Oleh Dewi Shinta N Jumat, 31 Maret 2023 | 15:34 WIB
Share
Share

 

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia terus melejit setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan banyaknya kampanye transformasi digital di Indonesia. Memahami hal tersebut, IPSOS In Indonesia melakukan survei mengenai e-commerce dari sisi para seller untuk untuk melihat potensi dari e-commerce berdasarkan pandangan seller atau penjual.

Survei ini dilakukan bulan Februari 2023, melibatkan 220 seller yang didominasi oleh usaha kecil dan menengah (UKM) yang memang berjualan di e-commerce atau marketplace. 

Baca juga : NASL by Nagita Slavina Kini Hadir di Shopee

Berdasarkan survei tersebut, sebanyak 88% seller ternyata menganggap berjualan di marketplace dapat meningkatkan penjualan mereka. Lalu, sebanyak 72% menyatakan dapat memperluas pasar dengan berjualan online di platform tersebut, 69% bisa melakukan cost effective dari sisi promosi, dan 68%-nya platform membantu untuk lebih cepat dan baik dalam hal customer engagement.

“Dari sisi customer, ternyata mereka membutuhkan channel langsung dengan para pemilik merek untuk berkomunikasi mengenai produk yang akan mereka beli. Oleh sebab itu, semakin banyak channel yang dibuat oleh seller dan terbukanya jalur seller dengan customer, potensi mereka untuk pembelian produk akan semakin tinggi,” ujar Andi Sukma, Group Service Line Leader Customer Experience, Channel Performance and Observer Ipsos in Indonesia.

Selanjutnya,  Survei tersebut mengungkap Shopee menduduki peringkat pertama e-commerce yang menjadi top of mind seller, yakni sebanyak 67%. Lalu, dilanjut dengan Tokopedia 16%, dan Lazada serta TikTok sebanyak 6%.

Baca juga : Bisnis Katering Naik 2 Kali Lipat Saat Ramadan, Lalamove Siapkan Ragam Armada Terbaik

Tidak hanya sebagai top of mind saja, hasil survei juga menyatakan hampir semua seller, atau sebanyak 80% memilih Shopee sebagai e-commerce yang paling sering mereka gunakan ketika melakukan transaksi atau menjual produk. Disusul dengan Tokopedia sebesar 10%, TikTok 6%, dan Lazada 3%. 

IPSOS In Indonesia juga melakukan survei mengenai loyalitas seller dengan e-commerce tersebut dan Shopee masih berada di peringkat pertama, dengan loyalty ratio sebesar 84%, disusul dengan Tokopedia 14%, dan TikTok di 10%.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB