LogoDIGINATION LOGO

Riset Samsung: 7 dari 10 Konsumen Online Asia Tenggara adalah Gamer

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 13 Maret 2023 | 19:21 WIB
Share
Share

Samsung Electronics Co. Ltd hari ini mengumumkan temuan dari penelitian Southeast Asia and Oceania (SEAO) Gaming Insight Study, yang menemukan bahwa 7 dari 10 konsumen online di wilayah ini adalah gamer.

Riset ini dilakukan pada kuartal terakhir 2022 dengan bermitra dengan ONE Esports dengan menjangkau lebih dari 6.800 konsumen berusia 18 hingga 49 tahun di tujuh pasar (Australia, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam).

Riset ini menunjukkan jika rata-rata reponden menampakan kecintaan yang tinggi terhadap gaming baik di rumah ataupun saat sedang mobile. Data menunjukan jika bermain game untuk menghilangkan stres dan bersantai adalah alasan utama orang bermain game sebesar 74% responden, dengan rata-rata 7 jam seminggu dihabiskan untuk bermain game.

Selain itu sebagian besar gamer atau 92% lebih suka bermain game dengan nyaman di rumah, dan lebih dari separuh gamer 58% menghabiskan rata-rata USD $30 per bulan untuk pembelian terkait game seperti konten online eksklusif, tiket turnamen esports, langganan streamer, skin, dan koleksi merchandise.

Baca juga : Ini Dia Game-game PS5 yang Siap Meluncur di Tahun Ini

Studi ini juga mengidentifikasi empat gamer yang berbeda di kalangan penggemar game. Hardcore Gamer, Gaming Enthusiast, Casual Gamer & Spectator, serta Casual Gamer. Studi ini juga menemukan bahwa lebih dari separuh gamer Indonesia yang disurvei atau 54% termasuk gamer yang memiliki karakter hobi yang terdiri dari Hardcore Gamer dan Gaming Enthusiast. 

Gaming Enthusiast dan Hardcore Gamer sangat menekuni hobi mereka, di mana aktivitas gaming yang paling sering mereka lakukan termasuk menonton video seputar gaming, mendiskusikan game dengan orang lain, membaca update dan berita seputar game, membelanjakan uang untuk benda-benda terkait game, dan terakhir, mengikuti persona gaming di sosial media.

Jane Guo, Vice President, Analytics & Insights, ONE Esports, berkata, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Samsung dalam studi ini, didukung oleh consumer insight pihak pertama di perusahaan kami. Studi ini mengungkap pasar besar penggemar game dan fans hardcore esports di wilayah SEAO, yang mencari performa unggul dan pengalaman bermain game dan menonton yang superior saat memilih perangkat dan aksesori seperti smartphone, laptop, headphone, dan monitor. Rangkaian perangkat gaming inovatif Samsung memungkinkan mereka terhubung dengan konsumen ini secara meyakinkan,”

Baca juga : Kabar Baik! Netflix Turun Harga

Para gamer pun mengungkap mereka ingin berimain mobile game di mana saja tanpa mengorbankan gameplay dan kualitas grafis dapat mencoba perangkat serbaguna dan mumpuni seperti Galaxy S23 Series, Galaxy Z Fold4, Galaxy Tab S8 Ultra dan Galaxy A Series.

Sementara para Gamer PC dan konsol dapat memilih dari monitor terbaik Samsung, Odyssey Ark dan Odyssey OLED, sementara mereka yang menginginkan pengalaman gaming yang benar-benar imersif di layar besar, terdapat pilihan Samsung Neo QLED QN90. Di sisi lain, mereka yang suka menonton konten game dapat mempertimbangkan perangkat seperti Samsung Galaxy Z Flip4, Smart Monitor M8, dan The Sero.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB