LogoDIGINATION LOGO

Gelar vs Skill, Mana yang Lebih Penting di Era Digital?

author Oleh DQLab Sabtu, 18 Februari 2023 | 11:52 WIB
Share
Share

 

Banyaknya peluang kerja yang terbuka lebar, nyatanya juga meningkatkan persaingan diantara para pencari kerja. Gelar pendidikan seringkali menjadi salah satu persyaratan yang dicantumkan oleh rekruter. Meski begitu, tidak bisa dipungkiri jika di era digital seperti sekarang, sekedar gelar pendidikan saja tidaklah cukup.

Dengan pesatnya pertumbuhan industri digital masa kini, kompetensi dan skill adalah hal penting yang dicari oleh perusahaan. Untuk menjadi orang yang kompeten, tentu kamu harus memiliki skill.

Gelar dan Skill Sama Pentingnya

Nilai yang didapatkan dari pendidikan dan pengalaman sama pentingnya. Kedua hal ini memiliki peran masing-masing bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan dan sama pentingnya di mata perusahaan. 

Akan lebih baik jika kamu mendapatkan keduanya agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Pengalaman yang kamu lakukan semasa menempuh gelar pendidikan dapat menjadi sarana untuk melatih skill baru yang bisa berguna di dunia kerja. 

Baca juga : Tips Capai Resolusi 2023 di Bidang Data Science

Kompeten dengan Dukungan Beragam skill

Semakin banyak dan dalam skill yang kamu miliki, semakin kompeten kamu di mata rekruter. Skill sangat diperlukan di dunia kerja untuk menjadi penilaian apakah kamu kredibel dalam melakukan peran dan tugas selama bekerja.

Perlu dipahami, setiap ranah profesi tentunya memiliki skill khusus yang diperlukan. Oleh karena itu, latih skill yang sesuai dengan pilihan profesi yang kamu inginkan untuk bisa merajut karir dan kompeten di bidang tersebut.

Soft Skill & Hard Skill Dunia Digital

Industri digital menawarkan banyak peluang kerja yang bisa kamu geluti. Tentunya peluang tersebut harus diikuti dengan soft skill & hard skill yang mumpuni. Beberapa soft skill yang diperlukan di era sekarang, yakni komunikasi, team work, time management, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan public speaking.

Sama pentingnya dengan soft skill, hard skill yang kamu butuhkan untuk meraih impian di industri digital memang akan disesuaikan dengan bidang yang ingin kamu geluti nantinya. 

Beberapa contoh hard skill di bidang data science seperti Machine Learning, bahasa pemrograman, visualisasi data, dan penguasaan tools data. Sedangkan bidang web & development seperti coding, social media marketing, SEO, dan digital ads.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

Skill yang paling banyak dicari perusahaan tahun 2023 mayoritas berhubungan dengan data. Saatnya asah dan latih skill data bersama DQLab sebagai pelatihan Data Science berbahasa Indonesia yang siap membantu kamu mempersiapkan karir di bidang data. 

Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB