LogoDIGINATION LOGO

Tips Sukses Bangun Usaha Rental Mobil

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 31 Januari 2023 | 16:34 WIB
Share
Share

 

Meski banyak down payment (DP) mobil dengan harga miring dan penyedia taksi online. Ternyata jasa rental mobil masih banyak dibutuhkan hingga saat ini lho!

Rata-rata pelanggan rental mobil mengatakan mereka lebih memilih rental mobil karena tidak perlu memikirkan cicilan setiap bulannya. Sementara alasan lain kenapa tidak menggunakan taksi online, karena menurut mereka menyewa rental mobil lebih leluasa dan lebih murah dibandingkan dengan taksi online.

Banyaknya orang yang membutuhkan mobil sewaan, menjadi peluang usaha yang yang menguntungkan. Di artikel sebelumnya, Buka Usaha Rental Mobil Cuan Nggak Sih? Begini Simulasinya! telah memberi simulasi betapa menguntungkannya bisnis rental. Agar semakin sukses berikut tips membangun usaha rental mobil :

Baca juga : Buka Usaha Rental Mobil Cuan Nggak Sih? Begini Simulasinya!

Rencanakan rencana usaha dengan matang 

Sebelum memulai bisnis, hal utama yang harus dilakukan adalah merencakan rencana usaha dengan matang. Besar kecilnya modal yang kamu keluarkan tergantung dari diri kamu sendiri. Bisnis rental mobil memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika dijalankan dalam skala yang cukup besar. Penting untuk merencanakan dan menyiapkan modal bisnis ini dengan baik sejak awal, agar segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

Urus dan selesaikan legalitas bisnis rental mobil

Jangan lupa untuk mengurus legalitas yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis rental tersebut. Legalitas akan membuat bisnis bisa dijalankan dengan lebih aman dan nyaman. Hal ini juga membantu kamu dalam misalnya kamu ingin mengajukan modal usaha untuk mengembangkan bisnis rental kamu. Disisi lain hal ini juga membantu kamu semisal ada kendala dalam proses bisnis berjalan.

Terapkan sistem pembukuan 

Biasakan untuk menjalankan bisnis secara profesional, yakni dengan menerapkan sistem pembukuan. Lakukanlah dari awal dibangunnya bisnis tersebut. Hal ini akan mempermudah pengawasan bisnis, termasuk melakukan evaluasi secara berkala, jika sewaktu-waktu hal tersebut diperlukan. 

Baca juga : Punya Rumah Nggak di Huni? Bikin Usaha Kos-kosanan Aja di Jamin Cuan

Lakukan perawatan rutin disetiap kendaraan

Lakukan perawatan yang tepat pada setiap kendaraan, agar risiko kerusakan dan masalah lainnya bisa dihindari dengan baik. Hal ini juga untuk memberi keamanan dan kenyamanan bagi pelanggan rental. Jadi pelangganmu akan kembali lagi menyewa mobil di rental kamu.

Jagalah hubungan baik dengan pelanggan 

Pastikan untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada setiap pelanggan yang datang, sehingga mereka selalu puas dengan layanan yang didapat. Bukan hanya itu saja, tapi juga untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, agar kerjasama jangka panjang bisa terjadi. 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB