LogoDIGINATION LOGO

Mengetahui Strategi Promosi Bisnis dengan Memanfaatkan A/B Testing

author Oleh DQLab Senin, 30 Januari 2023 | 17:11 WIB
Share
Share

 

Dalam menentukan suatu strategi promosi maupun produk, ada berbagai hal yang perlu dipastikan terlebih dahulu, termasuk pandangan pelanggan akan strategi promosi bisnismu. Dengan begitu, strategi yang dibentuk tidak bisa hanya berasal dari tim internal saja, melainkan juga melalui kacamata pelanggan.

A/B testing berperan sebagai metode yang bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui strategi promosi dan pemasaran secara online terbaik dari bisnismu. Caranya, dengan membandingkan dua versi dari suatu hal untuk mengetahui strategi seperti apa yang lebih disukai pelanggan.

Strategi Promosi Bisnis & Fungsi Lainnya

Seperti yang sudah disampaikan pada bagian awal, A/B testing mempunyai banyak peran untuk pembentukan strategi promosi. Dalam menciptakan suatu produk atau layanan, penting untuk memahami kebutuhan pelanggan. Umumnya, pelanggan memiliki tujuan tertentu saat membuka situs bisnis maupun perusahaan. Tidak menutup kemungkinan, mereka juga ingin mengetahui lebih dalam terkait produk atau layanan yang kamu sajikan.

Baca juga : 4 Alasan Python Penting untuk Karir Bidang Data

Meski begitu, ada beberapa hal yang mungkin saja menjadi kendala bagi mereka untuk mencapai tujuannya, seperti desain yang tertera pada situs web, tombol yang tidak bisa di klik, dan sebagainya. Dengan melakukan A/B testing, kamu bisa menganalisis kekurangan tersebut sehingga hal itu akan tidak terjadi lagi pada pelanggan.

A/B testing juga dapat kamu gunakan untuk meningkatkan traffic pada website, conversion rate hingga menurunkan bounce rate. Seorang pelanggan yang puas dengan situsmu akan terus mendalami bagian-bagian lain di dalam situs tersebut. 

Elemen yang Dapat Kamu Manfaatkan

A/B testing merupakan hal yang krusi untuk strategi promosi. Ada beberapa elemen dalam website maupun email yang dapat kamu ujikan dengan metode ini, yaitu judul, Call-to-action (CTA), deskripsi atau body email, copywriting, foto maupun ilustrasi, layout hingga warna.

Baca juga : Yuk Kenali Kegunaan dan Fungsi Python di Dunia Industri

Konversi yang meningkat melalui pemanfaatan A/B testing dapat memberikan prospek positif pada pemasaran digital. Setelah konversi tersebut meningkat, kamu dapat mengotomatisasikan email maupun website bisnis dengan memanfaatkan skill bahasa coding Python.

Sebagai pelatihan Data Science, DQLab siap membantu kamu untuk mempelajari dan menguasainya Python secara lebih mudah dan fleksibel. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE