LogoDIGINATION LOGO

5 Alasan Usaha Packaging Sangat Menjanjikan

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 10 November 2022 | 18:10 WIB
Share
Share

 

Banyaknya usaha yang berkembang saat ini menghadirkan tantangan tersendiri bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun dibalik banyaknya usaha, ada potensi bisnis yang menjanjikan, yaitu usaha kemasan atau packaging produk.

Sebuah usaha yang memasarkan produk perlu memiliki kemasan yang baik dan menarik. Hal ini menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan saat ini. Apalagi, ragam jenis kemasan semakin bervariasi dan memiliki banyak spesifikasi yang dibutuhkan. 

Misalnya kemasan ramah lingkungan, kemasan dengan desain menarik, atau kemasan dengan harga terjangkau, beberapa jenis kemasan yang dicari ini bisa dijadikan fokus bisnis yang pastinya dicari oleh pelaku lain.

Lantas, bagaimana bisnis packaging ini bisa menjadi peluang usaha?

Baca juga : Ini yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Menjadi Mompreneur!

  1. Packaging menjadi wadah pelindung produk

Salah Satu keputusan pembeli membeli suatu produk adalah dari packaging. Apakah makanan atau produk yang di beli bersih atau aman? Hal tersebut menjadi pertimbangan pembeli. Oleh karena itu banyak pelaku usaha yang mempertimbangkan penggunaan packaging untuk menarik pembeli. 

  1. Packaging membantu UMKM membangun merek 

Peran kemasan tidak sesederhana itu. Melalui kemasan produk, para pelaku UMKM bisa membangun kredibilitas dan kepercayaan konsumen mereka. Jika UMKM bisa membangun kemasan produk dengan baik dan menghasilkan model-model kemasan yang menarik tentu akan menjadi identitas suatu produk dan akan selalu diingat pembeli.

  1. Packaging mempermudah promosi merek

Saat ini banyak cara untuk suatu merek untuk melakukan promosi. Melalui packaging yang beda dari yang lain akan mempermudah pembeli mengenali suatu produk hanya dengan packaging yang mereka gunakan. Promosi melalui media sosial dan marketplace sebenarnya sudah sangat cukup untuk promosi jika menggunakan packaging yang menarik. 

Baca juga : Strategi Meningkatkan Penjualan di Tengah Kemerosotan Ekonomi

  1. Meningkatkan penjualan dengan packaging ramah lingkungan

Tren model kemasan saat ini sangat beragam, salah satunya kemasan ramah lingkungan. UMKM yang mempertimbangkan kemasan ramah lingkungan lebih dihargai oleh pembeli. UMKM bisa menawarkan produk kemasan dari bahan organik atau hasil daur ulang jika memang capable dalam proses pembuatannya. Hal tersebut dapat menjadi kelebihan serta meningkatkan nilai jual kemasan yang ditawarkan.

  1. Bisnis packaging tidak kenal expired

Usaha packaging juga sangat menguntungkan karena tidak mengenal waktu atau expired. Packaging dapat disimpan berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tidak ada alasan produk tidak laku terjual karena kamu dapat jual kapanpun dan kamu pasarkan secara terus menerus tanpa mengubah segi produk.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB