LogoDIGINATION LOGO

Mengenal User Persona, Manfaat bagi Tim Marketing

author Oleh DQLab Jumat, 4 November 2022 | 15:46 WIB
Share
Share

Membuat gambaran secara akurat siapa pelanggan bisnis kamu, kini tidak perlu menghabiskan banyak uang dan tenaga. Adanya wawancara secara mendalam dan penggunaan kumpulan data yang kompleks dapat membantu memberi gambaran yang jelas tentang siapa mereka (pelanggan).

Persona pelanggan atau user persona adalah karakter semi-fiksi berdasarkan pelanggan yang ideal. Dari persona, marketer dapat membuat sebuah segmentasi berdasarkan data demografis dan psikografis yang bertujuan untuk membantu meningkatkan pemasaran produk serta campaign bisnis secara efektif.

Semakin spesifik dan memahami kebutuhan pelanggan melalui user persona, maka akan memberikan kabar baik bagi marketer tentang bagaimana mendapatkan riset pasar dan data pelanggan dalam bisnis. Melansir DQLab Universitas Multimedia Nusantara, mengenal user persona, elemen user persona, hingga cara membuatnya. Yuk simak penjelasannya berikut

Apa Itu User Persona?

User persona muncul dan digunakan untuk membantu seorang teknik komputer dan software memahami siapa yang akan menggunakan produk bisnis mereka, hal ini sering digunakan di eCommerce. 

Adanya persona ini bisa mendapatkan pandangan yang lebih objektif seputar minat, kebutuhan pelanggan, tantangan yang dihadapi yang sebenarnya, dan tujuan mengapa persona memutuskan untuk menjalin ‘kedekatan’ atau hubungan dengan bisnis tersebut.

Baca juga: 4 Kunci Data Science Bisa Kembangkan Bisnis 

Sementara user persona adalah karakter fiksi yang dapat mewujudkan target audiens bisnis berdasarkan data nyata pelanggan, hal ini akan memberikan sedikit sentuhan manusiawi pada proses bisnis karena nantinya hasil akhir produk hanya berfokus pada pelanggan.

Biasanya penggunaan user persona dalam bisnis itu digunakan ketika pembuatan konten dan pengemasan pesan campiagn yang ingin disampaikan kepada target audiens. Adapun beberapa cara untuk membuat user persona:

  • Database kontak pelanggan, hal ini bisa membantu para marketer untuk mengungkap tren-tren dan menemukan konten seperti apa yang bisa di konsumsi oleh target audiens bisnis.
  • Data feedback dari survey yang dijalankan, melalui survey kamu bisa memahami seputar pengalaman dan keluh kesah yang dirasakan user yang nantinya bisa mendorong sebuah ide market baru.
  • Penting untuk membuat beberapa persona untuk mewakili grup yang berbeda, dari beberapa persona memungkinkan kamu bisa menyesuaikan campaign untuk segmen yang berbeda.

Setelah mendapatkan proses research berdasarkan data untuk user persona, langkah selanjutnya agar bisa mendapatkan menggali informasi dari data persona lebih dalam maka terdapat elemen pada user persona:

  • Adanya informasi dasar persona seperti nama, foto, biografi secara singkat, dan motto
  • Motivasi yang dimiliki persona terhadap suatu merek
  • Goals dan hambatan atau kekecewaan yang pernah dialami persona, baik hal tersebut yang berhubungan dengan produk ataupun bisnis.
  • Demografi persona yang mencakup informasi umur, jenis kelamis, lokasi, bahasa yang digunakan persona, hingga level pendapatan.
  • Sifat pribadi persona, misalnya apakah persona introvert atau extrovert, kemudian saya membeli hal-hal secara implusif atau perlu pertimbangan, dsb.

Baca juga: Mengapa Data Science Penting di Dunia Bisnis?

A single customer is a good thing yang artinya meskipun hanya mendapatkan satu pelanggan saja, bisa memberikan insight baru untuk bisnis terutama dalam berkompetisi di industri. Penting untukmu mulai membuat user persona lho, karena dengan adanya persona kamu bisa mewujudkan kebutuhan target audiens secara efektif dan tepat.

Saatnya gunakan data dalam membuat user persona yang semakin akurat untuk bisnis 2023 mendatang! Pemula ingin belajar gunakan data buat kepentingan bisnis? Kamu bisa coba belajar bersama DQLab lho! DQLab adalah kursus online Data Science berbahasa Indonesia tanpa ribet, serta module dan pembelajarannya yang implikatif karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri kasus nyata.

Ingin mencoba belajar di DQLab? Ikuti kelas baru di DQLab yaitu MetaClass : A/B Testing with Python dan potongan harga belajar hingga 50% dengan gunakan kode voucher khusus DIGINATIONMETA hanya untukmu! 

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB