LogoDIGINATION LOGO

Investasi Waktu, Cara Bangun Bisnis bagi Pemula

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 28 Oktober 2022 | 14:15 WIB
Share
Share

 

Dana atau modal bisnis menjadi kekhawatiran sendiri bagi bisnis pemula. Memang benar nyatanya, kita membutuhkan modal dana yang tidak sedikit tetapi ada aspek penting lainnya dan sering kali pemula terlewatkan yaitu menginvestasikan waktu mereka.

Yup, tidak hanya investasi berbentuk uang saja di dalam bisnis juga butuh investasi waktu yang bertujuan membantu pebisnis pemula atau bisnis kecil mempertimbangkan faktor atau tantangan apa saja untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka. 

Bagaimana cara investasi waktu? Cara yang bisa dilakukan yaitu meluangkan waktu untuk merancang seluruh rencana usaha yang ingin dikembangkan, mulai dari goals dan strategi yang dijalankan sedemikian rupa hingga kamu melihat gambaran besarnya serta orang lain paham akan bisnis yang kamu jalani.

Jangan khawatir, DQLab Universitas Multimedia Nusantara sudah merangkum penjelasan seputar hal-hal apa yang dilakukan ketika kamu sedang melakukan investasi waktu. Yuk simak artikel berikut sampai selesai ya.

Menuliskan Rencana Bisnis secara Detail

Memetakan rencana bisnis dengan menulis seluruh ide, strategi, tujuan, bahkan worst case pada bisnis yang bisa terjadi seperti merancang plan B, plan C, dan seterusnya, hal ini sangat membantu kamu memahami bisnis. Mengapa demikian? Karena dengan kamu meluangkan waktu menuliskan seluruh rencana secara detail maka bisa membantu kamu mendapatkan dana dan partners serta mengarahkan bisnis ke arah yang benar dan jelas.

Baca juga: Mengapa Data Science Penting di Dunia Bisnis?

Misalnya seperti:

  • Dalam marketing, tentu kamu harus mengetahui siapa saja kompetitor bisnis di industri, menemukan niches dengan tujuan membantumu mengidentifikasi target atau segmentasi yang disasar.
  • Dalam memasarkan produk, tidak serta merta kamu hanya memberikan informasi saja tetapi juga kamu harus memetakan secara rinci bagaimana produk atau layanan sampai ke tangan target bisnis dilakukan secara offline/online, metode pembayaran, pilihan pengiriman, dsb.

Mencari Mentor dan Konsultasi

Jika kamu baru memasuki dunia bisnis, penting bagimu mencari mentor yang sudah expert di bidang bisnis. Melalui mentor kamu akan belajar banyak hal dari pengalaman yang mereka sudah alami, kamu bisa menanyakan seputar permasalahan atau kekhawatiran yang kamu rasakan atau meminta saran untuk membantu bisnis terhindar dari masalah yang bisa merugikan bisnis yang sedang merintis.

Research, Research, dan Research

Keuntungan bagi kamu ketika membaca riset untuk memahami kebutuhan bisnismu, akan berdampak pada kualitas bisnis yang kamu jalankan. Riset data yang kamu dapatkan terdiri dari dua data yang didapatkan yaitu data primer dan data sekunder. 

Untuk mendapatkan data primer biasanya melakukan mini riset yang terkumpul melalui kuesioner, survey, Focus Group Discussion, atau wawancara langsung. Sedangkan data sekunder yaitu melalui beberapa rekomendasi buku perpustakaan yang membantu meneliti informasi yang telah didapatkan secara mendetail yaitu seperti laporan pasar dan industri, data statistik, bahkan artikel bisa kamu gunakan sebagai informasi pelengkap.

Baca juga: Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

UpSkill dan Pengalaman untuk Bisnis

Ada banyak cara bagi pemula memulai bisnis di era digital ini, mengikuti online course juga membantu memahami bisnis dengan baik serta poinplus lainnya adalah kamu bisa meningkatkan skill serta pengalaman menarik dan aplikatif untuk bisnismu. 

Kini untuk up skill dan pengalaman pribadi tidak melihat latar belakang pendidikan lho, karena kita semua memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang. Mulai dari upskill strategi bisnis, public speaking, copywriting, hingga belajar coding! Ingin upskill untuk unlock kemampuan baru untuk bisnis dan pengalaman belajar yang menarik anti ribet? Yuk mulai bergabung bersama DQLab.id. DQLab merupakan online course Data Science menggunakan bahasa Indonesia dan terdapat kelas belajar sesuai dengan kebutuhanmu lho.

Ingin mengisi waktu luangmu dan upskill secara bersamaan? Ikuti kelas Live Class: Bootcamp MS. Excel Basic to Advance yaitu kelas pemula belajar mengolah, menganalisis data hingga belajar visualisasi data yang bisa diimplementasikan bisnismu! Khusus untukmu, gunakan kode voucher spesial DIGINATIONEXL dan nikmati potongan belajar hingga 50%. 

Investasi waktumu dengan upskill bisnis gunakan data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE