LogoDIGINATION LOGO

Apa Itu Business Analyst? Yuk, Efisiensi Bisnis 2023

author Oleh DQLab Rabu, 28 September 2022 | 16:35 WIB
Share
Share

 

Data-driven menjadi sebuah culture akhir-akhir sudah mulai diterapkan dalam sebuah bisnis maupun organisasi. Berbeda dengan cara berbisnis sebelumnya, data-driven culture akan menggunakan kumpulan data yang didapatkan lalu dataset tersebut nantinya akan dianalisis lebih lanjut atau dikenal dengan data analysis.

Pada data analysis atau analisis data merupakan proses yang tidak boleh terlewatkan, karena melalui analisis data akan menemukan sebuah pola-pola baru serta insight yang bisa digunakan oleh para stakeholders secara tepat dan efisien. 

Melakukan analisis data membutuhkan teknik-teknik tertentu agar pola dan insight berguna, maka dari itu biasanya dalam sebuah bisnis atau organisasi akan membutuhkan seorang Business Analyst agar bisa hands-on langsung dengan dataset yang ada.

Pada artikel yang akan dibahas oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara ini akan memperkenalkan cara tepat menjalankan bisnis 2023 dan alasan bisnis Anda membutuhkan business analyst di era data-driven culture ini. Simak artikel sampai habis ya!

Berkenalan dengan Business Analyst

Peran yang dimiliki business analyst sangatlah penting, karena posisinya sendiri dapat menguraikan operasional bisnis Anda mulai dari perhitungan jangka pendek hingga jangka panjang atau masa depan yang lebih jauh. 

Baca juga: Penerapan Algoritma Data Science untuk Bisnis Kamu

Seorang business analyst dapat bisa bertindak sebagai jembatan antara ide bisnis dan juga kemampuan bisnis secara keseluruhan yaitu pengoptimalan proses berbisnis. Tanggung jawab yang dimiliki business analyst sendiri adalah dapat menciptakan sebuah model yang bisa membantu stakeholders mengambil keputusan pada strategi yang telah dirancang berdasarkan data. 

Mengidentifikasi, menilai model analisis data dan memprioritaskan teknik-teknik yang digunakan agar kumpulan data bisa menjadi data fungsional menjadi to do list terbesar seorang business analyst. Dengan menggunakan teknik khusus maka para stakeholders atau pebisnis dapat mengetahui kebutuhan bisnis yang sesuai.

Berdasarkan hasil analisis atau temuannya dari data, business analyst akan merekomendasi solusi yang lebih baik dan bervariasi. Sehingga penting untuk Anda mengetahui beberapa skill yang wajib dikuasai oleh seorang business analyst diantaranya:

  • Mampu memahami business objective
  • Mampu berpikir kritis dan analitik
  • Mempunyai skill komunikasi dan interpersonal yang baik
  • Terampil dalam membuat keputusan untuk action plan
  • Menguasai bahasa pemrograman seperti SQL, Microsoft Excel atau software seperti SPSS dan SAS.
  • Mampu membuat dashboard interaktif serta informatif sesuai cakupan bisnis melalui visualisasi data.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Data Science Penting Dipelajari

3 Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Business Analyst 

Setelah mengenal seorang business analyst dan juga skill serta tools yang sering digunakan dalam kesehariannya, berikut alasan Anda membutuhkan business analyst untuk menjalankan bisnis 2023 secara efisien dan lebih optimal yaitu:

  1. Dapat membantu mengidentifikasi peluang bisnis secara sistematis dan objektif, misalnya seperti mengetahui kekurangan dan kelebihan dari bisnis yang ada, strategi atau ide-ide yang diusulkan. 
  2. Membantu merinci business plan secara detail dan biasanya business analyst juga akan membuat ‘back up’ plan. Yup, setiap rencana strategi yang sudah dibuat perlu dibuatkan strategi alternatif lainnya yang bisa memberikan pola baru atau solusi dari permasalahan yang ada.
  3. Business analyst dapat membantu bisnis dalam menghadapi landskap industri yang dinamis dan mereka dapat memahami perubahan yang telah terjadi dengan cepat dan positif. Sehingga jika bisnis Anda memasuki pasar, maka business analyst akan memberikan informasi yang berharga untuk bisa menavigasikan bisnis sesuai target yang ingin dicapai pada pasar bisnis.

Hal yang paling utama dan perlu diingat adalah nantinya akan semakin banyak organisasi atau bisnis yang membutuhkan business analyst, mengapa demikian? Karena akan semakin banyak juga bisnis atau perusahaan mengandalkan data mulai dari menyelesaikan masalah bisnis, mendapatkan solusi bisnis, menyusun strategi yang lebih optimal dan seluruh operasional bisnis secara efisien. 

Ingin wujudkan bisnis 2023 menjadi next-level menggunakan data? DQLab bisa membantu roadmap belajar Data Science. Informasi lebih lanjut seputar skillset belajar data dan pilihan belajar dapat diakses melalui tautan https://dqlab.id/live-class

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB