LogoDIGINATION LOGO

Fitur Chatbot, Solusi Tepat Bisnis Online 2022

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 26 Agustus 2022 | 11:52 WIB
Share
Share

 

Kecanggihan teknologi menjadi alasan yang tepat mengapa industri e-commerce sudah mengimplementasikan manfaatnya. Hal ini karena, software sudah memudahkan perusahaan untuk mengotomatisasi tugas inti mereka yang lebih efisien dan lebih akurat dibandingkan sebelumnya. 

Fitur Chatbot, kamu tentu sudah sering mendengarnya bukan? Fitur chatbot merupakan teknologi AI yang mampu mengaktifkan percakapan dinamis sehingga dapat melakukan interaksi antara perusahaan dengan konsumen. 

Di era digital ini, konsumen sudah tahu benar apa yang diinginkannya dan terkadang konsumen memiliki beberapa pertanyaan yang sekiranya mereka merasa belum terjawab dari informasi yang sudah ada. Sehingga chatbots menjadi solusi untuk kamu membantu menjawab permasalahan konsumen secara otomatisasi.

Chatbot sendiri sudah berkembang sedemikian rupa yaitu perusahaan sudah menganggap fitur ini menjadi strategi komunikasi bisnis yang mungkin dapat merespons konsumen secara real time. Yuk, simak rangkuman dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara seputar chatbot menjadi solusi bisnis online!

  1. Tersedianya Chat 24/7

Membalas pesan secara cepat dan instant ketika menanyakan suatu produk atau jasa, menjadi hal yang diinginkan konsumen dan bahkan dengan komunikasi pesan yang cepat memungkinkan konsumen segera membeli produk atau menggunakan jasa bisnis kamu.

Baca juga: Tertarik untuk Membuat Chatbot dengan Python?

Pada fitur chatbots memberikan jawaban melalui pesan/ chat dalam hitungan detik saja, konsumen dapat mengajukan pertanyaan dasar dan kemudian chatbot dapat memandu pengguna dengan sebuah pertanyaan lanjutan hingga konsumen mendapatkan solusi yang tepat.

  1. Dapat Meningkatkan Relasi dengan Konsumen

Tidak hanya dapat menemani dan menjawab permasalahan konsumen secara cepat, mengapa chatbot menjadi solusi tepat bagi bisnis yaitu memperkuat relasi dengan konsumen berdasarkan masalah mereka.

Pada chatbot nantinya akan mendapatkan informasi secara mendalam yang dihadapi oleh konsumen melalui percakapan mereka, sehingga kamu juga membutuhkan strategi yang tepat agar dapat memenuhi kebutuhan serta preferensi konsumen. Selain itu juga, dengan chatbots juga membantu meningkatkan persepsi merek bisnis dan konsumen akan merasa bahwa bisnis kamu memahami kebutuhan mereka.

  1. Menekan Biaya Customer Service

Mengimplementasikan chatbot adalah cara investasi mengoptimalkan biaya pada customer service, sehingga bisnis dapat mengurangi beberapa biaya pengeluaran seperti salaries, infrastruktur dan juga training pada pekerja.

Sebagai bisnis online tentu lanskap bisnis akan berkembang semakin besar, akan semakin banyaknya pelanggan dari berbagai negara yang tertarik dengan bisnis kamu. Chatbots berbasis AI ini dalam bisnis online dapat membantu konsumen berkomunikasi dengan multibahasa yang menyediakan beragam bahasa yang dapat dipilih.

Baca juga: Belajar Machine Learning dalam Dunia Bisnis

  1. Asisten Bisnis di Era Digital

Chatbots dalam bisnis sangatlah berperan dan digunakan sebagai asisten layanan konsumen dan bahkan ikut serta dalam penjualan atau tim marketing di era digital ini. Fitur ini telah diimplementasikan di berbagai sektor industri terutama pada perusahaan atau bisnis B2C. 

Benefit yang paling unggul yaitu mulai dari memberikan respons akurat dengan waktu yang cepat hingga dapat memberikan produk atau layanan yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen dan nantinya memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Bisnis online sangatlah cepat dalam mengimplementasikan teknologi canggih, hal ini bertujuan agar bisa meningkatkan bisnis secara signifikan baik pada sales, marketing, service serta relasi dengan pelanggan. Siapkan bisnis Anda menjadi next level aplikasikan AI dan ML dengan belajar bersama DQLab secara fun dan aplikatif untuk bisnis online! Informasi belajar dan kompetensi Data Science dapat kunjungi tautan https://dqlab.id/

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB