LogoDIGINATION LOGO

5 Tips Gunakan Data untuk Sukseskan Bisnis

author Oleh DQLab Selasa, 7 Juni 2022 | 18:14 WIB
Share
Share

Data merupakan sebuah informasi mentah yang bersifat fakta. Data yang kita kenal biasanya berupa numerik atau angka, dari banyaknya kumpulan data mentah tersebut bisa berubah menjadi informasi yang disajikan secara visual seperti grafik, bagan, table, dan tools interaktif data lainnya. 

Bisnis besar kini memahami kelebihan dari data numerik tersebut, karena dari data memberikan suatu informasi yang spesifik dan bermakna atau bahkan tidak terpikirkan oleh manusia sekalipun. Oleh karena itu, pada artikel DQLab Universitas Mutlimedia Nusantara sudah merangkum tips-tips yang dapat kamu terapkan untuk sukseskan bisnismu dengan menggunakan data! Yuk, simak tipsnya.

  1. Analytics dan Reporting

Kelebihan data yang digunakan dalam bisnis yaitu dapat memberikan sebuah laporan analitik apa yang terjadi pada bisnismu dan membantu mengubah data menjadi sebuah format yang mudah dipahami. Dengan adanya laporan analitik data hal ini akan membantu model operasi bisnis ketika menyusun sebuah strategi menjadi lebih efektif dan tepat.

Pada analytics akan melibatkan eksploring dan interpretasi data secara mendalam, dengan tujuan untuk menemukan wawasan seputar perilaku pelanggan dan prospek pelanggan terhadap layanan atau produk bisnis kamu. Dengan adanya laporan dan analitik juga menciptakan kerangka kerja yang lebih optimal pada proses bisnis kedepannya.

Baca juga: Cara Mudah Belajar Data Science untuk Kembangkan Bisnis Online Shop

  1. Memahami Lanskap Tren Terkini

Data tidak hanya sekadar tren, tetapi data juga bisa membantu bisnis keefektivitasan memahami prioritas konsumen atau pelanggan. Di era digital ini, konsumen tentunya sudah mengetahui kebutuhan dan prioritas mereka. Kita, sebagai pebisnis juga harus tau ‘cara apa’ dan ‘melalui channel’ mana yang lebih efektif. Media sosial channel kini sudah menjadi platform atau tools bisnis yang sudah banyak diterapkan.

Dalam media sosial tidak hanya memberikan informasi produk melalui visual dan tulisan saja, melainkan dapat membangun pengalaman atau user experience yang positif karena dapat terlibat secara langsung dan berbicara one-on-one dalam waktu nyata dengan konsumen.

  1. Re-develop Bisnis

Kegunaan dari data untuk bisnis lainnya yaitu dapat mengungkapkan wawasan yang membantu bisnis berinovasi atau re-develop produk atau layanan bisnis agar bisa menjadi pemenuh permintaan konsumen hingga bisa menjadi kebutuhan konsumen secara keseluruhan.

Ketika kita melakukan inovasi atau re-develop bisnis tentu membutuhkan strategi, waktu, dan uang yang tidaklah sedikit. Menggunakan data atau big data menjadi cara terbaik untuk pengembangan produk tersebut, dengan data akan mengumpulkan informasi pelanggan berdasarkan letak geografis dan demografis yang nantinya memungkinkan bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi proses produk bisnis.

  1. Risk Management pada Bisnis

Di dunia bisnis yang kompetitif ini tentu tidak hanya mengidentifikasi kebutuhan pelanggan saja, revenue atau pendapatan bisnis juga dapat dipastikan bertumbuh secara maksimal sesuai dengan strategi operasi bisnis. Dalam hal ini, data dapat memainkan perannya dalam mengidentifikasi dan menerjemahkan menjadi sebuah peluang pendapatan untuk bisnis.

Misalnya seperti adanya pertumbuhan penjualan yang lambat, hal ini juga bisa menjadi salah satu tanda kinerja tim yang kurang maksimal. Dengan bantuan data, bagi pebisnis dapat mengidentifikasi permasalahan dan mengembangkan strategi penjualan, pemasaran dan kinerja tim dengan baik. 

Baca juga: Pentingnya Digital Marketing SEO untuk Meningkatkan Brand Awareness

  1. Data-driven Decision

Bisnis yang sukses tidak lagi tentang mengikuti ‘insting’ atau pengalaman dari pebisnis. Sekarang di era revolusi industri 4.0 para pebisnis sudah mengandalkan matrix, fakta dan angka untuk memperoleh wawasan bisnis, pengembangan kecerdasan bisnis dan decision-making yang bijaksana untuk bisnis.

Ingin menguasai tips-tips diatas? Bisa banget belajar belajar di DQLab, ikuti program beasiswanya & dapatkan kesempatan berkarir di industri unggulan! Tunggu apa lagi? Yuk, daftar disini!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE