LogoDIGINATION LOGO

Mengenal Smart City, Tingkatkan Peluang Bisnis di Era Digital

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 26 April 2022 | 14:27 WIB
Share
Share

 

Memasuki era digitalisasi kini sudah semakin meningkatnya cara dan strategi dengan menggunakan teknologi informasi yang canggih. Sudah banyak perusahaan di kota-kota besar membangun ekosistem digital baru agar dapat mempertahankan stabilitas atau peningkatan ekonomi. Smart city menjadi salah satu indikator baru untuk membantu menentukan sebuah kota apakah layak untuk dihuni berdasarkan kebutuhan manusia baik secara geografis, demografis, dan psikografis.

Pandemi COVID-19 mengubah seluruh gaya hidup kita, tidak hanya itu prospek bisnis dan ekonomi juga sangat berdampak. Dengan adanya konsep Smart City, segala sesuatu di dalam kota termasuk manusia, teknologi, data dan bisnis sudah menjadi ‘pintar’. Sehingga dengan adanya smart city yaitu memanfaat teknologi canggih dan membantu memberikan sebuah inovasi yang berdampak bagi khalayak. Ingin mengenal Smart City dan peluangnya bagi bisnis lebih dalam? Simak artikel yang telah dirangkum DQLab ini yuk!

Peluang Smart City bagi Entrepreneurs

Melihat peluang digital, bagi bisnis leader sudah menjadi sebuah kepentingan utama dan beralih dari model bisnis tradisional. Smart city sangat dekat dengan algoritma Data Science yaitu Data Mining. Sederhananya, Data mining adalah proses pencarian pola-pola yang menarik dan mengungkap pola yang tersembunyi dari suatu kumpulan dataset besar.

Baca juga: Algoritma Data Science: Belajar Mengenal Tipe Algoritma Data Science Bersama DQLab

Penggunaan algoritma Data Science dalam mendukung konsep Smart City memberikan peluang bagi perusahaan untuk mengembangkan sesuai dengan kebutuhan di tahun-tahun mendatang. Potensi yang sangat memungkinkan dan membantu pengembangan tersebut yaitu dengan mengintegrasikan teknologi, manusia dan data. Smart city akan berusaha untuk mengoptimalkan operasi secara real-time menggunakan dataset yang dimiliki agar memaksimalkan efisiensi.

Salah satu teknik penerapan smart city dan pemrosesan modern lainnya pada data yaitu menggunakan teknik prediktif, dengan tujuan untuk mengintervensi fungsi kota guna mencegah terjadinya kerugian, membantu memecahkan masalah dengan tepat, serta meningkatkan keefektifitasan. 

Terdapat beberapa model bisnis inovatif yang kamu terapkan untuk lebih unggul dalam berkompetisi di era digital ini yaitu bisnis berbasis data (data-driven), digital economy-driven, atau sustainability-driven. Masing-masing dari inovasi bisnis tersebut memberikan manfaat unik dan berbeda-beda, oleh karena itu perlu bagi bisnis leader juga dapat mempertimbangkan rencana agar mencapai kesuksesan jangka panjang.

Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis

Model Bisnis Era Digital

Melalui kolaborasi antara entrepreneurs dan praktisi data dapat membantu ekosistem serta membantu mendorong pola pikir untuk menjadi sebuah organisasi atau perusahaan bisnis pintar data-driven. Data Science kini menjadi bidang ilmu yang banyak digandrungi oleh perusahaan terkemuka, karena pemanfaatan dari Data Science sudah banyak diimplementasikan di berbagai lini bisnis mulai dari finance, kesehatan, manajemen, marketing, dan lainnya.

Jika kamu penasaran dengan Data Science ataupun ingin mulai belajar Data Science secara otodidak, kamu bisa lho coba membuat akun gratis di DQLab.id. Ayo bisnis leader, saatnya menerapkan data-driven company dan memajukan kesejahteraan bangsa dengan mengimplementasikan ilmu Data Science di era digital!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE