LogoDIGINATION LOGO

Selebriti Ramai-ramai Buat Token Kripto, Awas Terjebak FOMO!

author Oleh Harris Tobing Jumat, 4 Maret 2022 | 14:20 WIB
Share
Share

 

Setiap orang punya alasan berbeda-beda saat melakukan investasi dari motif untuk mendapatkan tambahan pendapatan, tabungan, hingga persiapan kebutuhan masa pensiun. Belakangan ini, di saat pandemi tren investasi juga justru semakin melejit karena naiknya kesadaran masyarakat dan kemudahan akses untuk memilih berbagai bentuk investasi secara digital.

Dari mulai investasi saham, sekuritas, reksadana, hingga investasi cryptocurrency. Keempat jenis investasi ini digandrungi anak muda bahkan karena peluang besar cryptocurrency yang tinggi, selebriti ramai-ramai membuat koin mereka sendiri yang di-listing ke platform digital. 

Kenapa Cryptocurrency Makin Populer

Pada tahun 2021, Indonesia berada di peringkat 30 besar untuk jumlah warga yang memiliki mata uang crypto. Menurut data INDODAX yang merupakan jawara platform jual beli crypto, pemilik aset crypto di Indonesia ada sebanyak 7,7 juta orang. 

Hal ini menunjukkan bahwa jumlah investor crypto pada tahun 2021 meningkat pesat sebanyak 99,76 persen dibandingkan pada tahun 2020 yang hanya berjumlah 2,2 juta investor.

Baca juga : Ini Tips Cara Menghindari Terjadinya NFT Scam

Salah satu faktor mengapa cryptocurrency semakin populer  dan banyak diminati adalah tidak terpengaruhnya asset crypto oleh inflasi. Seperti yang dikatakan oleh Wahyu Laksono selaku Analis Capital Futures, meningkatnya peminat cryptocurrency sebagai instrumen investasi dikarenakan ketidakpercayaan terhadap mata uang resmi atau uang fiat. 

Uang fiat akan terus tergerus inflasi yang membuat banyak orang semakin ingin menginvestasikan dananya pada aset-aset ekonomi non uang untuk menghindari pengurangan nilai. Itulah alasan mengapa cryptocurrency diminati dan menjadi peluang bagi artis-artis pemilik koin crypto.

Berikut beberapa selebriti Indonesia yang listing ke platform cryptocurrency

1. ASIX koin crypto Anang Hermansyah

Melihat perkembangan crypto yang kian terus meningkat, sejumlah artis tanah air telah merilis token cryptonya sendiri, diantaranya adalah penyanyi Anang Hermansyah harga token ASIX dibanderol dengan harga Rp0,051057 per koin.

2. I-COIN milik Wirda Mansur

Anak dari ustad Yusuf Mansur, Wirda Mansur ini juga mengeluarkan koin crypto yang disebut I-COIN. Koin crypto ini berada di harga Rp417,78 per koin pada saat listing. Sama dengan koin milik Anang Hermansyah koin milik Wirda telah resmi terdaftar di platform CoinGecko dan Coinmarketcap.

3. Leslar Coin milik Lesti dan Rizky Bilar

Lesti dan Rizky Bilar juga membuat token kripto sendiri yang bernama Leslar Coin. Berdasarkan data yang dihimpun dari situs resmi Leslar Metaverse, Leslar Coin adalah token utilitas yang dapat digunakan dalam ekosistem Leslar Metaverse dalam projek metaverse milik pasangan muda ini.

Beberapa public figure ini memang berhasil memanfaatkan peluang cryptocurrency namun yang harus diperhatikan bagi para investor adalah berhati-hatilah dengan token public figure

Dalam kasus ini, public figure memiliki kekuatan menarik massa untuk berbondong-bondong membeli koin mereka, tapi dalam hitungan hari token ASIX dan I-COIN mengalami penurunan. 

Pada kasus token milik Anang ini ASIX tidak memiliki dokumen whitepaper token crypto. Ditambah penurunan harga ini disebabkan oleh pengumuman yang dikeluarkan oleh Bappebti yang mengatakan bahwa token ASIX dilarang diperdagangkan di Indonesia. Setelah kejadian ini harga token ASIX menyusut 50% begitu juga pada koin I-COIN yang ikut berimbas sehingga turun hingga 60%.

Teguh Kurniawan Harmanda, selaku Ketua Asosiasi Perdagangan Aset Kripto (Aspakrindo) mengatakan bahwa antusiasme ini harus disikapi dengan kehati-hatian. Banyak koin atau token yang bermunculan memanfaatkan hype ditengah masyarakat dan perlu ditekankan, untuk merilis koin/token yang memiliki standar global itu tidak mudah. Ada proses due diligence yang harus dipenuhi.

Baca juga : Prediksi Aset Kripto 2022

Layaknya sebuah aset investasi, kamu harus mempelajari terlebih dahulu fundamental dari token artis tersebut, karena dengan begitu kamu bisa terhindar dari kerugian yang tidak diinginkan. Jika alasan kamu membeli token mereka karena alasan fans, sudah dipastikan kamu akan mengalami kerugian. 

Salah satu cara mengetahui fundamental dari token crypto adalah dengan membaca white paper dari penerbit. Didalam whitepaper tersebut terdapat latar belakang, tujuan, hingga roadmap untuk implementasi blockchain selama beberapa tahun kedepan. Selain dari itu yang paling penting adalah jangan sampai kamu terkena FOMO akan hal ini.

Untuk itu, simak live streaming Digital DNA, Jumat (4/3/2022), bertajuk “Hindari Jebakan FOMO, Lebih Pintar Memilih Investasi” bersama Christy Maryani (Financial Expert Ajaib) dan Widya Yuliarti (Certified Financial Planner) hanya di YouTube DiginationID!

  • Editor: Tri Wahono
TAGS
LATEST ARTICLE