LogoDIGINATION LOGO

4 Pilar Transformasi Digital Sukseskan Bisnis

author Oleh DQLab Selasa, 1 Maret 2022 | 22:13 WIB
Share
Share

 

Sebenarnya apa sih transformasi digital untuk bisnis? Apakah hal tersebut perlu ditakutkan? Bagi para pemimpin yang bertanggung jawab atas transformasi digital akan merasa tertarik dan bahkan mencari strategi yang tepat agar bisa bersaing dari segi IT, pemasaran, operasional bisnis, hingga penjualan.

Tetapi terkadang transformasi digital sering dijadikan suatu beban karena dibutuhkan pemahaman yang lebih mendalam serta cara mengetahui apa yang perlu harus dipersiapkan dan dilakukan untuk jangka yang lebih panjang bagi bisnis. Adapun beberapa pilar serta cara berinvestasi untuk melakukan transformasi digital yang sukses, sesuai dengan konteks, kebutuhan serta kematangan digital yang kamu miliki. Langsung saja simak artikel yang telah dirangkum oleh DQLab ini ya!

  1. Digital Marketing

Jika kamu sedang mencari sebuah solusi digital dan mendapatkan pelanggan dengan massa secara global atau bahkan melakukan penjualan secara online, digital marketing menjadi salah satu strategi yang bisa kamu terapkan. Digital marketing bahkan tidak hanya oleh perusahaan besar, melainkan perusahaan startup dan UMKM sudah melakukan pemasaran produk atau layanan mereka secara digital.

Pada pilar ini, lebih terfokus pada penggunaan alat digital yang digunakan untuk melakukan interaksi dan menjual kepada pelanggan. Maka tidak heran, sudah semakin banyak kursus online, workshop dan webinar selalu mengangkat topik ini sebagai pembekalan serta investasi ilmu bisnis bagi para stakeholders. 

Penggunaan saluran digital pun tidak hanya sebatas pemasaran saja, melainkan juga memberikan sebuah insight yang lebih luas karena menggunakan analisis analitik lebih lanjut dan kecerdasan buatan seperti AI dan Machine Learning untuk mengidentifikasi perilaku pelanggan yang kritis.

Baca juga: Algoritma Machine Learning dalam Digital Marketing

  1. Data-driven Enterprise

Big data, tentu kamu sudah sering mendengar kalimat yang satu ini. Dari big data memberikan sebuah wawasan yaitu pola dan tren yang memungkinkan bisa optimalkan pemasaran secara digital. Pada tahun 2025, nantinya alur kerja manusia akan berdampingan dengan mesin canggih serta sebagian besar pekerja di perusahaan tersebut terampil dalam mengolah data. Pada pilar kedua ini dari digital transformasi membantu untuk merampingkan pertumbuhan bisnis serta merancang ulang sistem dengan baik menggunakan analitik prediktif untuk memenuhi pelanggan.

Sebagai contoh yaitu dalam e-Commerce, ketika user membeli barang dan menggunakan salah satu metode transaksi pembayaran nantinya hasil transaksi tersebut akan terkumpul datanya dan menjadi suatu rancangan yang bisa membantu operasi digital dengan baik dalam melayani pelanggan. Biasanya rancangan yang dibuat yaitu seperti kupon gratis ongkir atau potongan harga produk sesuai dengan syarat dan ketentuan.

  1. Gunakan Peluang dan Inovasi Baru

Pada akhirnya dengan transformasi digital membukanya pilar inovasi serta peluang cara optimalkan pertumbuhan bisnis. Melalui digital, bisnis kamu akan tercipta sebuah inovasi model bisnis baru, produk atau layanan baru, serta sistem kolaborasi yang baru hingga dapat menciptakan sebuah pertumbuhan bisnis sesuai dengan prosedur dan keamanan data yang terjaga.

Baca juga: Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

  1. Terapkan IT pada Bisnis

Setiap orang telah menjadi bagian dari transformasi digital, dan transformasinya tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena banyak langkah-langkah serta terkadang adanya gangguan yang bisa membuat perusahaan harus mencari strategi baru.

Salah satu strategi yang biasa dilakukan oleh perusahaan yaitu peningkatan pada IT dan juga operasi digitalisasi, pada keempat pilar tersebut begitu penting dan menjadi kunci sukses agar tetap unggul di industri. Coding atau programming juga bagian dari operasi digitalisasi, DQLab memberikan kamu akses belajar coding secara fun dan aplikatif bagi bisnis kamu!



  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB