LogoDIGINATION LOGO

Kenali Artificial Intelligence Marketing, Menjadi Bentuk Marketing Di Masa Depan

author Oleh DQLab Rabu, 1 September 2021 | 16:48 WIB
Share
Share

Tentunya kamu sering mendengar istilah ‘Artificial Intelligence’ bukan? Ya, Artificial Intelligence atau dikenal dengan AI kini kehadirannya sudah memimpin di hampir seluruh industri.

Mengetahui kelebihan yang sangat berguna dalam bisnis saat ini para instansi atau perusahaan mengadopsi AI dalam kegiatan bisnisnya untuk dapat meningkatkan performa dan produktivitas bisnis mereka.

Kekuasaan yang dimiliki AI menjadi bentuk investasi dalam pemasaran atau marketing. Dengan perkembangan teknologi dan inovasi yang dibuat berdasarkan dari data yang diolah dan didapat, Artificial Intelligence Marketing merupakan salah satu revolusi pemasaran di masa depan dan menjadi topik yang berkembang di era digital ini. 

Artificial Intelligence Marketing merupakan pemanfaat metode kecanggihan teknologi untuk mengumpulkan data, wawasan pelanggan, memprediksi langkah selanjutnya di masa depan, dan juga otomatis dalam membuat keputusan pemasaran.

Dampak AI sendiri sangatlah besar terutama dalam marketing digital, karena marketing menggunakan AI memungkinkan marketer dapat mengolah data yang besar dalam waktu yang relatif cepat.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang Artificial Intelligence Marketing, pada artikel DQLab kali ini akan membahas beberapa kelebihan Artificial Intelligence Marketing. Simak artikel berikut !

1. Menekan Biaya Marketing

Marketing menggunakan Artificial Intelligence dapat memungkinkan para pemasar membuat analisis pelanggan lebih prediktif dan merancangnya sesuai dengan target yang dituju. Mengetahui bahwa melakukan pemasaran tidaklah mudah dan membutuhkan biaya yang cukup besar, dengan penerapan AI bisa menekan biaya yang tinggi. Selain itu, adanya peningkatan dalam bekerja yaitu menjadi lebih cepat dan efisien karena penerapannya bisa mempersingkat waktu dalam menyelesaikan tugas.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Membantu Meminimalisir Error

Secara alami, tentunya dalam menjalankan bisnis akan mengalami kesalahan atau error. Dengan demikian, dengan ada AI akan terhindar dari kesalahan yang memungkinkan dapat terjadi sehingga pihak stakeholders dan pihak lainnya akan terhindar dari kerugian. Salah satunya seperti masalah pada keamanan data.

Masalah ini sangatlah common terutama bisnis eCommerce. Adanya kebocoran data menjadi risiko yang harus ditanggung oleh perusahaan, namun dengan adanya Artificial Intellige dapat membantu mengatasi masalah ini dengan mempelajari, beradaptasi dan memastikan adanya standar privasi yang sudah diprogram ke dalam platform seusai kebutuhan untuk menjaga kepercayaan konsumen.

3. Dapat Personalisasi Pelanggan Berdasarkan Pengalaman

Salah satu alasan mengapa kini banyak perusahaan sudah menerapkan Artificial Intelligence dalam melakukan bisnisnya adalah untuk melakukan personalisasi untuk memenangkan hati pelanggan. Mulai dari mempersonalisasi situs web, email, postingan di beberapa kanal media sosial, dan konten lainnya untuk memenuhi keinginan pelanggan lebih baik.

Misalnya, seperti pelanggan membeli sebuah produk atau layanan pada tiap bulannya, pengetahuan yang dimiliki AI akan menawarkan produk dan konten serta menampilkan persis apa yang dibeli atau produk serupa yang hendak ingin dibeli pelanggan. Dengan menganalisis produk sebelumnya dan nanti akan merekomendasikan produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

4. Membantu Dalam Membuat Konten

Saat ini, pemasaran melalui konten sudah menggelembung dan teknik yang sering digunakan terutama. Mengetahui perilaku konsumen yang sering mengkonsumsi penggunaan internet, hal ini bisa membuka peluangmu untuk lebih optimal dalam meningkatkan bisnismu!

Kelebihan yang dimiliki Artificial Intelligence  yaitu dapat mengkurasi dan menghasilkan konten, nantinya akan menempatkan konten tersebut pada orang yang tepat di platform yang tepat. Penerapan ini sudah mengotomatisasikan pembuatan konten dan berpotensi untuk membantu memetakan strategi konten terkait pemasaran yang dilakukan.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

5. Membantu Decision Making yang Lebih Cerdas dan Cepat

Artificial Intellagence akan membantu bisnis kamu dalam mengumpulkan data dan menganalisanya secara real-time, sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat dan juga efisien tanpa harus menunggu kegiatan pemasaran atau campaign selesai terlebih dahulu. Selain itu juga, AI membantu dalam menentukan apa yang perlu dan harus dilakukan untuk strategi selanjutnya dari data-driven. Hal ini, akan lebih tepat bagi pemangku bisnis lebih objektif dalam decision making. Dengan demikian, diperlukan praktisi data yang ahli dan terampil dalam bidangnya. Mengingat bahwa ilmu Data Science kini sudah bisa dipelajari oleh siapa saja dan dimana saja. 

Yuk, mulai terapkan ilmu Data Science dan implementasikan pembelajarannya untuk lebih siap berbisnis di revolusi industri 4.0! Jika kamu sedang mencari kursus online Data Science, kamu bisa langsung belajar bersama DQLab. Selamat mencoba!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB