LogoDIGINATION LOGO

Belajar Big Data: Intip Manfaatnya untuk Kelancaran Bisnis 

author Oleh DQLab Rabu, 18 Agustus 2021 | 19:28 WIB
Share
Share

 

Data kini sudah menjadi buah bibir dalam industri 4.0, karena banyak perusahaan atau instansi yang menggunakan ilmu Data Science untuk menjalankan bisnis mereka.

Dibantu dengan canggihnya teknologi, Big Data membantu memperbaiki performa perusahaan. Big Data sendiri dapat menganalisis uji coba yang lebih baik dan membantu dalam memprediksi hasil yang lebih tepat dan efisien.

Menurut para ahli, Big Data sendiri menciptakan peluang pertumbuhan yang baru. Bahkan dapat memunculkan kategori bisnis yang baru. Dengan dampak positif dari segala aspek yang dimiliki Big Data sendiri, perusahaan atau instansi mulai tertarik untuk mempelajarinya serta mengaplikasikannya pada bisnis mereka. Big data tidak mengenal skala perusahaan, sehingga penggunaan Big Data bisa digunakan pada perusahaan dengan skala kecil maupun perusahaan atau instansi berskala internasional.

Bicara tentang Big Data, pada artikel ini DQLab akan memberi tahu manfaat dari Big Data untuk bisnis. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut ini.

Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Penggunaan Big Data sering kali diimplementasikan dalam menganalisis atau sebagai riset pasar yang sedang terjadi. Salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan dan membantu dalam memahami konsumen adalah dengan menggunakan Big Data. Dengan demikian, kamu dapat membuat perubahan yang diperlukan sesuai dengan data yang didapatkan dan nantinya bisa mengembangkan produk atau bisnis kamu.

Penggunaan Big Data ini, bisa memahami pasar tren dengan cepat dan lebih mudah serta memberikan wawasan baru terkait perilaku konsumen yang ada. Dengan demikian, bisa meningkatkan produktivitas dan juga efisiensi dalam proses produksi.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

Personifikasi Kebutuhan Konsumen

Saat ini konsumen sudah sadar dan melek dengan keberadaan teknologi, sehingga mereka memahami prioritas yang dibutuhkan oleh mereka. Sebelum melakukan pembelian, tentunya konsumen akan melakukan riset sendiri dan membandingkan pilihan produk yang ada.

Dibantu dengan adanya media sosial, penyebaran akan menjadi luas dan cepat. Big Data membantu bisnis kamu memastikan produk atau layanan kamu ‘dekat’ dengan audiens target. Fungsi lain dari Big Data untuk bisnismu dapat menganalisa pesan marketing seperti apa yang disampaikan kepada calon konsumen yang nantinya bisa mendorong mereka untuk memilih produk atau layanan bisnis kamu. 

Peningkatan pada Revenue Streams

Tentunya, tujuan utama dalam melakukan berbisnis adalah mendapatkan keuntungan revenue maupun peningkatan pada konsumen. Dengan menggunakan big data, kamu akan mendapatkan wawasan dalam menganalisa pasar dan konsumen dengan tepat. Mengaplikasikan big data dalam berbisnis berperan sangat penting di berbagai industri saat ini, dengan pengelolaan yang benar akan meningkatkan pendapatan pada bisnismu.

Keamanan Data

Meskipun memanfaatkan data-data konsumen menjadi salah satu insight yang bermanfaat, adapun kelemahan yang penting dari big data yaitu terkait hak privasi dan keamanan data.

Dengan menyimpan data dan informasi, pastikan adanya undang-undang privasi data dalam bisnis kamu. Big data dan Data Science sangatlah erat hubungannya, untuk itu perlunya ahli atau praktisi yang data untuk bisa menghasilkan informasi yang tepat terutama dalam melakukan pengolahan data.

Tentunya belajar Data Science kini bisa dipelajari oleh kalangan bahkan orang yang tidak memiliki background IT pun bisa jadi seorang Data Scientist juga lho!

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

Yuk Mulai Belajar Data Sekarang untuk Ekspansi Bisnismu!

Tertarik untuk mengimplementasikan Big Data untuk bisnismu? Kini kamu bisa mulai belajar online bersama DQLab  dimana pun dan kapanpun. Latar belakang pendidikan bukanlah hambatan buat kamu untuk menguasai Ilmu Data Science. Seperti yang kita tahu, saat ini semua lini bisnis sudah dilandasi data untuk terus meningkatkan kualitas bisnis tesebut. Sebagai generasi muda kamu perlu mulai aware dengan data untuk terus ekspansei bisnismu! 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

5 Platform Pinjol Terpercaya

Perlu pemahaman lebih mengenai pinjol-pinjol terpercaya yang telah terdaftar oleh badan hukum, berikut beberapa pinjol yang terpercaya :

Jumat, 12 November 2021 | 08:45 WIB