LogoDIGINATION LOGO

Pernah Dengar Big Data? Ini Dia Manfaatnya untuk Kemajuan Bisnismu

author Oleh DQLab Senin, 22 Maret 2021 | 18:25 WIB
Share
Share

Hampir di semua lini industri saat ini big data dianggap menjadi salah satu komponen penting yang bisa membawa perubahan pada perusahaan. Seperti namanya, yang dimaksud dengan big data adalah segala kumpulan data dalam jumlah yang sangat besar, rumit, dan tidak terstruktur. Hal inilah yang membuat big data menjadi sulit untuk diolah, jika hanya menggunakan aplikasi pemroses data tradisional.

Meski sulit diolah, nyatanya big data memiliki sejumlah kegunaan untuk melakukan pengambilan keputusan demi kemajuan bisnis. Big data biasanya bisa digunakan untuk melihat peramalan revenue, optimasi, sampai pada perilaku pelanggan. 

Manfaat-manfaat big data bisa sangat terasa, jika langsung dilakukan pada bisnismu. Sehingga bisnis yang kamu kelola dapat berkembang. Namun, sebelum itu tentu kamu harus memahami bagaimana kegunaan big data pada sebuah bisnis. Kali ini DQLab akan kasih tahu manfaat dari penggunaan big data. Simak selengkapnya ya!

 

  • Meningkatkan Revenue

 

Bisa dikatakan revenue adalah tujuan utama dalam berbisnis. Makanya, setiap bisnis perlu melakukan sebuah treatment tersendiri untuk meningkatkan revenue tersebut. Pada praktinya, dengan mengolah big data kamu memiliki peluang untuk bisa tingkatkan revenue bisnismu.

Jika kamu pernah menghitung pendapatan bisnis dan mencari tahu jumlah pelanggan kamu dalam jangka waktu satu bulan ke depan, itu artinya kamu sudah pernah melakukan implementasi big data pada bisnismu. Implementasi model ini bisa kamu terapkan untuk meningkatkan revenue.

Biasanya metode peramalan atau forecasting dapat dilakukan dengan menggunakan data yang cukup besar untuk meramalkan bagaimana proses penjualan atau angka penjualan yang akan terjadi. Hal ini tentu dapat mempengaruhi revenue atau pendapatan bagi kalangan industri bisnis.

Selain itu, dengan melakukan forecasting kamu juga bisa melakukan perhitungan biaya atau cost yang akan dihabiskan untuk jangka waktu tertentu kedepan. Menarik bukan? 

Baca juga : Kelola Keuangan dan Investasimu Hanya dengan Excel, Yuk Intip Caranya!

 

 

  • Memahami Perilaku dan Keinginan Costumer/Consumen 

 

Dalam menjalankan bisnis, mengenal pelanggan adalah salah satu hal yang tidak boleh disepelekan. Salah satu cara untuk mengetahui bagaimana tindakan atau perilaku pelanggan adalah dengan melakukan analisis data transaksi pelanggan.

Melalui cara ini, data akan menggambarkan bagaimana segmentasi pelanggan yang tepat, bagaimana proses pembelian atau transaksi pelanggan, hingga mengetahui bagaimana cara mengatasi stok barang yang masih tersedia di gudang dan memiliki status item slow moving. Sehingga kamu bisa menghabiskan stok persediaan di gudang melalui analisis dengan big data. 

 

 

  • Optimasi Iklan

 

Optimasi iklan untuk seluruh pelanggan ini didapatkan dari hasil pengolahan dan perhitungan yang tepat dan pas. Misalnya pembagian sales contribution value terhadap suatu toko retail akan dianalisis, karena toko akan memberikan iklan promosi kepada customer berdasarkan contribution value kepada toko tersebut sehingga peran big data akan memberikan manfaat pada tahapan ini.  

Salah satu contoh sederhananya adalah, apakah kamu pernah mendapatkan penawaran sebuah produk melalui pesan singkat via SMS maupun email? Jangan khawatir, ternyata ini merupakan hasil kerja big data dalam hasil customer segmentation.

Biasanya antara pengguna satu dengan yang lainnya akan mendapatkan promosi yang berbeda beda. Hal ini bisa saja disebabkan karena kontribusimu melalui penjualan atau pembelian yang telah dilakukan. 

Baca juga : Belajar Data Science Otodidak, Ridho Berhasil Dapatkan Beasiswa DQLab Pandora Box & Intership Xeratic

 

 

  • Mau Tingkatkan Bisnismu? Yuk Mulai Pelajari Data Science bersama DQLab!

 

Mempelajari pengolahan big data memang bukan hal sepele, tapi juga bukan hal yang tidak mungkin untuk dipelajari. Bersama DQLab kamu akan mempelajari bagaimana cara memanfaatkan big data dengan tepat, sehingga bisa membawa kemajuan untuk bisnis kamu. Sebagai platform edukasi data science berbasis online, DQLab mengajak kamu untuk belajar data science bersama. Kamu juga bisa gunakan kode voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup
  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 
  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 
  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.
  • Editor: Nur Shinta Dewi
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB