
Peningkatan Pengalaman Pengguna Streaming Video Seluler Nasional Indonesia
Penelitian Opensignal: Bekasi punya pengalaman streaming video lebih baik daripada Jakarta
Selasa, 2 Juni 2020 | 17:23 WIB
Platform digital menjadi saluran yang perlu diandalkan oleh sektor otomotif khususnya untuk bisa bertahan di kondisi saat ini.
Hal tersebut terungkap pada temuan Inventure, perusahaan konsultasi dan riset berjudul Automotive Industry Outlook 2021 yang menyorot salah satu perkembangan lanskap otomotif di tahun ini adalah pentingnya mengembangkan digital customer channel.
Pelaku bisnis harus mulai merangkul konsumen melalui kanal digital dengan melakukan promosi menggunakan saluran pemasaran digital untuk menjual produk kendaraan bermotor kepada konsumen.
"Sejak tahun lalu, pergeseran ke ranah digital ini terlihat di sektor otomotif, mulai dari peluncuran model baru, hingga berbagai informasi tentang modifikasi mobil. Ini momentum yang perlu dimanfaatkan dengan baik bagi brand otomotif untuk semakin meningkatkan keberadaan mereka di platform digital agar lebih banyak audiens yang terjangkau di tengah keterbatasan akses secara offline," kata Kukuh Kumara, Sekretaris Umum GAIKINDO.
Baca juga : AppsFlyer: TikTok Tumbuh Pesat di Asia Tenggara
Brand otomotif dapat memanfaatkan tren ini untuk meningkatkan performa bisnis salah satunya dengan memanfaatkan platform distribusi video singkat, TikTok.
Konten otomotif di TikTok mulai menarik perhatian pengguna, ditandai dengan peningkatan jumlah views hingga 5,1 kali lipat sejak tahun lalu.
Bukan hanya untuk menikmati konten, berdasarkan hasil survei TikTok terhadap ratusan pengguna di Indonesia, lebih dari 70 persen responden merasa tertarik membeli mobil dari segala jenis, khususnya berbahan bakar bensin.
Dalam kategori otomotif di TikTok, berbagai tren tercipta hingga banyak pengguna TikTok spesialis bidang otomotif menciptakan konten yang kreatif.
Mulai dari inspirasi unggahan konten otomotif dari tagar #Mobil, #Motor, #Sunmori, dan #Otomotif, informasi seputar tips otomotif seperti review mobil atau tips menerobos banjir anti mogok, hingga konten hiburan yang mengangkat fitur canggih di mobil ataupun sketsa komedi dengan objek kendaraan.
Baca juga : Fitur Terbaru TikTok, Bikin Video jadi Lebih Gampang!
Pengguna TikTok yang menyukai konten otomotif, sebagian besar juga memiliki irisan ketertarikan pada bidang teknologi.
Tingginya minat dan luasnya ruang kreativitas yang bisa diangkat dari konten otomotif di TikTok diakui oleh kreator Ditra Yuda (@ditra.yuda).
"Berawal dari berbagi tips seputar belajar menyetir, ternyata konten simpel seperti ini menarik banyak views dan interaksi di TikTok. Akhirnya bisa berkembang konten tips lainnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna. Konten relatable seperti ini akhirnya menarik brand untuk berkolaborasi, salah satunya saya bisa punya kesempatan me-review produk ataupun jasa dari brand yang berkaitan dengan otomotif secara langsung," kata Ditra.
Komunitas pengguna TikTok di Indonesia menunjukkan minat yang lebih tinggi untuk membeli kendaraan bermotor dibandingkan non-pengguna TikTok, seperti yang terungkap dari survei Global Web Index.
"Di masa seperti sekarang ini, brand otomotif dapat memanfaatkan platform seperti TikTok sebagai digital showroom tak hanya untuk memasarkan produknya, tetapi bisa juga untuk terhubung dengan konsumen melalui konten-konten informatif, inspiratif, serta menghibur," kata Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia.
TikTok memberikan kesempatan bagi semua pelaku bisnis dari berbagai skala untuk terhubung dengan para pengguna. Melalui format video pendek, brand dapat menginspirasi audiens melalui konten kreatif dan interaksi langsung yang didukung oleh solusi-solusi iklan yang TikTok tawarkan.
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penjelasan produk, studi kasus, dan panduan TikTok for Business, silakan kunjungi https://www.tiktok.com/business/id.
Penelitian Opensignal: Bekasi punya pengalaman streaming video lebih baik daripada Jakarta
Selasa, 2 Juni 2020 | 17:23 WIBMeskipun Facebook dan Google mendominasi Online Marketing secara global, TikTok masih digandrungi di Asia Tenggara
Kamis, 5 November 2020 | 15:24 WIBFitur baru ini berupa proses editing dan caption otomatis yang dinamai Auto Captions.
Jumat, 9 April 2021 | 18:17 WIBAgar kamu dapat memahami statistik lebih dalam, simak pembahasan ini yuk!
Jumat, 1 Juli 2022 | 15:55 WIBApa saja sih tips sukses berkarir di industri teknologi? Simak berikut ini!
Jumat, 1 Juli 2022 | 15:44 WIBApa saja kiat startup agar tidak melakukan layoff pada karyawan? Yuk, kita simak!
Kamis, 30 Juni 2022 | 19:52 WIBTips Sribu mengenai cara untuk memaksimalkan potensi pemasaran digital dengan tepat dan efektif :
Kamis, 30 Juni 2022 | 16:41 WIBLantas apakah kebijakan ini tepat dan aman?
Rabu, 29 Juni 2022 | 18:23 WIB5 cara strategi marketing yang dapat kamu implementasikan untuk bisnismu. Simak penjelasannya berikut ini:
Rabu, 29 Juni 2022 | 16:43 WIBAkuisisi ini adalah salah satu usaha signifikan yang dijalankan Grup Modalku selama 2022.
Rabu, 29 Juni 2022 | 16:28 WIBTotal ada 6 fitur monetisasi untuk kreator konten yang sedang dipersiapkan Meta. Apa saja ya?
Selasa, 28 Juni 2022 | 18:08 WIBKolaborasi ini merupakan bentuk Akulaku PayLater dalam mendukung bangkitnya industri pariwisata.
Selasa, 28 Juni 2022 | 15:31 WIBLalu bagaimana Khaby bisa mencapai predikat ini? Berikut pengalaman Khaby Lame mencapai puncak karirnya!
Senin, 27 Juni 2022 | 19:55 WIBBerikut kegunaan dari Python dalam Digital Marketing!
Jumat, 24 Juni 2022 | 17:25 WIBBagaimana cara menggunakan email marketing untuk bisnismu. Yuk simak!
Selasa, 21 Juni 2022 | 16:34 WIBLalu bagaimana agar bisnis travel yang dibangun bisa mampu bersaing di pasaran?
Senin, 20 Juni 2022 | 15:59 WIBPersonal SEO menjadi cara tepat untuk memperkenalkan bisnis di era digital, yuk simak artikelnya berikut ini!
Jumat, 17 Juni 2022 | 19:42 WIB