LogoDIGINATION LOGO

Fitur Terbaru TikTok, Bikin Video jadi Lebih Gampang!

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 9 April 2021 | 18:17 WIB
Share
Share

TikTok kembali merilis fitur-fitur baru untuk memudahkan para kreator TikTok. Fitur baru ini berupa proses editing dan caption otomatis yang dinamai Auto Captions.

Mari kita bahas dari fitur editing terbaru TikTok!

Pada layanan terbarunya ini, pengguna TikTok akan diajak mengedit video dengan lebih profesional. Tools-tools yang terdapat pada fitur terbaru ini pun cukup banyak. Diantaranya adalah fitur menambahkan musik, teks, efek transisi, crop, split audio, multi video, dan juga hapus objek.

Aspek rasionya pun juga beragam 9:16, 1:1, dan 16:9. Pengguna bisa pilih sesuai dengan kebutuhan. Tak ketinggalan, pengguna juga bisa menambahkan watermark di video yang telah dibuat.

Fitur terbaru dari TikTok ini pun, sudah bisa dinikmati para penggunanya di seluruh dunia mulai tanggal 6 April kemarin. Namun, yang perlu dicatat, fitur ini belum tersedia bagi pengguna smartphone.

Fitur terbaru TikTok ini masih dalam tahap perencanaan, untuk dapat merilis fitur tersebut kedalam smartphone. Jadi bagi pengguna TikTok seluler mohon ditunggu ya fitur terbaru ini.

Baca juga : Bantu UKM, Tik-Tok Luncurkan Program Back-To Business

Selain fitur editing video yang sedang di dalam tahap perencanaan untuk pengguna Smartphone, TikTok juga menghadirkan fitur terbaru yang dinamai Auto Captions.

Fitur ini memungkinkan kreator konten TiKTok menyertakan subtitle yang dibuat secara otomatis oleh aplikasi.

Nantinya, fitur tersebut bisa diakses melalui ikon "Caption" yang akan muncul di laman editing sebelum mengunggah video TikTok.

Dikutip dari Kompas.com, para kreator bisa melihat dan menyunting subtitle yang telah dibuat supaya teksnya tidak keliru.

Usai unggah, video berikut subtitle yang ditampilkan di sisi bawahnya akan bisa dilihat pengguna TikTok lainnya.

Apabila  dirasa mengganggu, pengguna yang melihatnya bisa menghilangkan teks subtitle dengan meng-klik tombol "Share" dan "Captions".

Fitur Auto Captions saat ini baru mendukung video yang disertai dengan audio berbahasa Inggris dan Jepang saja. Pihak TikTok berjanji dukungan untuk bahasa lainnya akan hadir dalam beberapa bulan ke depan.

Baca juga : AppsFlyer: TikTok Tumbuh Pesat di Asia Tenggara

Sebelum fitur-fitur terbaru ini, TikTok dianggap rajin untuk mengupgrade fitur mereka untuk memudahkan pengguna.

Di antaranya seperti membubuhkan peringatan dalam suatu video TikTok apabila konten tersebut dianggap berbahaya, serta fitur photosensitivity yang berfungsi untuk melewatkan (skip) sebuah video yang berbahaya bagi pengidap epilepsi.

Ada pula fitur text-to-speech yang bisa dipakai pengguna untuk menyulap suara menjadi teks, serta animated thumbnail yang dihadirkan untuk memudahkan pengguna melihat cuplikan video sebelum benar-benar membukanya.

Penasaran dengan fitur-fitur terbaru TikTok? Pantengin di aplikasinya ya!

 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE