LogoDIGINATION LOGO

10 Fitur Tersembunyi Aplikasi WhatsApp

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB
Share
Share

 

Siapa yang tidak mengenal aplikasi WhatsApp? WhatsApp lahir pada tahun 2009 dan sekarang menjadi media digital paling aktif di dunia terutama pada layanan pesan. Melalui fitur yang user friendly WhatsApp menjadi aplikasi pesan yang cocok untuk semua golongan usia.

Melalui fitur yang lengkap dan user Friendly, ternyata WhatsApp punya fitur tersembunyi yang tidak semua orang tahu lho! Platform milik Facebook ini telah berevolusi untuk mengintegrasikan lebih banyak fitur untuk menghubungkan jutaan penggunanya di seluruh dunia.

Agar semakin memperkaya literasi digital mu dalam menggunakan aplikasi WhatsApp, berikut 10 fitur WhatsApp tersembunyi yang harus kamu tau :

  1. Ubah format teks di WhatsApp

Meski beberapa sudah ada yang tau fitur ini, namun untuk yang belum tau fitur ini sangat berguna untuk kamu yang sering broadcast pesan. Bagi kamu yang suka memberi pesan kebanyak pengguna WhatsApp, kamu bisa menggunakan fitur ini salah satunya fitur tebal/bold dengan menggunakan 2 titik bintang (*..*) untuk mempertegas pesan yang kamu kirim. Selain itu WhatsApp juga menyediakan fitur miring/ italic dan coret, cara penulisannya kamu hanya tinggal menambahkan simbol underscore di depan dan belakang ( _..._ ) dan (~...~) untuk fitur coret.

  1. Pesan sementara

Pesan dapat menjadi boomerang untuk kamu, maka lebih baik gunakan gunakan ‘pesan sementara’ untuk pesan-pesan yang kamu anggap sensitif, karena fitur ini berfungsi untuk melindungi informasi berharga. Untuk menggunakan salah satu fitur  terbaru di aplikasi, kamu harus:

- Sentuh nama kontak di dalam obrolan

Pilih opsi Pesan

- Hidupkan saklar Pesan Sementara.

Baca juga : 7 SEO Tools Terbaik dan Terakurat Untuk Digital Marketing

 

  1. Sorot pesan

Apakah kamu ingin meninggalkan pesan dan tidak tersesat di lautan percakapan? Dengan fungsi "Sorot pesan", Kamu dapat menandai pesan dengan bintang dengan menekannya dan membiarkannya sebagai favorit untuk menemukannya.

  1. Bagaimana mengetahui jam berapa pesan dibaca?

Apakah Kamu perlu tahu jam berapa pesan Kamu dibaca? Yang harus Kamu lakukan adalah menekannya dan menggeser jari Kamu ke kiri. Kamu juga dapat memilih opsi Info dari menu tiga titik. Dalam kedua kasus tersebut, Kamu akan melihat waktu pesan dikirim, diterima, dan dibaca.

  1. Hentikan Memori Penuh karena Download Otomatis

Jika Kamu merasa memori ponsel kamu mudah penuh, coba cek lagi settingan multimedia mu pada WhatsApp. Kamu dapat mencegahnya agar foto dan video yang mereka kirimkan kepada Kamu, tidak diunduh secara otomatis dari WhatsApp. Kamu hanya perlu membuka menu Pengaturan aplikasi dan memilih Obrolan. Di sana, Kamu hanya perlu menonaktifkan opsi Visibilitas file multimedia.

Baca juga : Jelang World Backup Day, Yuk Ikuti 5 Tips Mudah dan Aman untuk Backup Semua Datamu!

 

  1. Last Seen yang di Nonaktifkan

Jika Kamu tidak ingin orang tahu kapan terakhir kali Kamu terhubung, WhatsApp menawarkan opsi untuk menonaktifkan informasi ini. Untuk itu Kamu harus membuka menu Settings, pilih Account lalu Privacy untuk menonaktifkan Last Seen. Kamu juga dapat memilih dari semua kontak Kamu atau memilih beberapa saja. Ingatlah bahwa selalu baik untuk memiliki setidaknya satu kontak yang tahu kapan koneksi terakhir Kamu adalah untuk alasan keamanan.

  1. Tandai percakapan sebagai "belum dibaca"

Jika kamu tidak ingin lupa menjawab seseorang, Kamu hanya perlu mengklik obrolan selama beberapa detik dan memilih opsi "Tandai sebagai belum dibaca". Cara ini juga ampuh untuk mengetes perhatian si Doi lho.. hehe

  1. Dengarkan Voice Note sebelum di kirim

Jika Kamu merasa tidak nyaman dengan suara Kamu, Kamu dapat meninjau audio sebelum mengirimnya. Trik ini dicapai ketika Kamu mulai merekam audio dan ketika Kamu ingin menghentikannya, segera keluar dari aplikasi sambil menekan tombol rekam. Saat Kamu masuk kembali ke percakapan, Kamu akan melihat bahwa audio dipertahankan dan Kamu dapat mendengarkan, mengirim atau menghapusnya.

  1. Notif pribadi

Ini adalah opsi yang bagus untuk mengetahui notif dari si doi dengan cepat berkat nada yang dipersonalisasi. Yang harus Kamu lakukan adalah pergi ke obrolan yang dimaksud, klik namanya dan cari opsi "Nada yang dipersonalisasi" dan pilih yang paling Kamu sukai.

 

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB