LogoDIGINATION LOGO

Fitur Baru Instagram Dukung UMKM Indonesia

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 14 Mei 2020 | 14:33 WIB
Share
Share

Dalam rangka menumbuhkan angka ekonomi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Instagram baru saja meluncurkan beberapa fitur baru untuk mendukung keberlangsungan UMKM di masa Pandemi COVID-19.  Fitur terbaru dari Instagram berupa Stiker Pesanan Makanan, Gift Card dan Dukung Bisnis Kecil.

Fitur stiker Pesan Makanan, membantu para pemilik rumah makan untuk menyambungkan calon pembeli ke platform GrabFood atau GoFood untuk pemesanan makanan. Fitur ini diharapkan dapat digunakan dengan baik bagi pelaku usaha untuk memperkenalkan produk mereka ke jangkauan yang lebih luas.

Selain itu, Instagram bekerja sama dengan Support Local Brand, gerakan yang diinisiasi Tada, Moka, dan Gojek untuk menjual gift card atau kupon diskon. Sticker Gift Card ini berguna untuk membantu UMKM memasarkan produk mereka dengan kupon potongan harga yang bisa ditambahkan di stories atau berupa tombol tindakan di profil bisnis.

Calon konsumen yang mengetuk stiker tersebut di stories, atau di profil bisnis, mereka akan diarahkan ke laman mitra penyedia gift card. UMKM dapat bergabung dengan mitra penyedia gift card dengan cara mengikuti langkah-langkah yang dimuat di situs mitra Instagram.

Instagram juga meluncurkan stiker yang bertulis Bantu Bisnis Kecil, untuk membantu UMKM memasarkan dagangannya melalui stories. Pelaku usaha yang menggunakan stiker ini akan otomatis masuk dalam fitur stories Bantu Bisnis Kecil dan akan terpasang pada kolom pertama stories pengguna Instagram.

Setiap Stories yang menggunakan stiker ini akan dikumpulkan menjadi sebuah Stories gabungan. Dengan demikian, pengguna dapat melihat kumpulan UMKM favorit teman-teman mereka dan turut memberikan dukungan bagi UMKM di tengah masa sulit ini.

Wakil Direktur Grup Bisnis Global Asia Pasifik, Karen Teo, mengungkapkan, UMKM merupakan bagian penting dari pengguna Instagram, sebagai langkah meminimalisir tantangan yang muncul akibat COVID-19, Instagram berusaha meluncurkan fitur-fitur dan inisiatif baru untuk membantu mempertahankan kelangsungan bisnis UMKM.

“Usaha mikro, kecil dan menengah adalah bagian penting dari pengguna kami, dan kami memahami tantangan-tantangan yang mereka hadapi di tengah masa sulit ini. Kami akan terus mengembangkan dan meluncurkan fitur-fitur serta inisiatif-inisiatif yang dapat menghubungkan UMKM dengan pelanggan untuk membantu mempertahankan kelangsungan bisnis,” kata Teo.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE