LogoDIGINATION LOGO

Mau Memulai Belajar Data Science? Simak Tips Jitu Berikut Ini!

author Oleh DQLab Jumat, 26 Februari 2021 | 18:29 WIB
Share
Share

Memasuki abad revolusi industri 4.0, laju perkembangan teknologi berkembang sangat cepat dan banyak pekerjaan baru bermunculan. Salah satunya adalah bidang karir yang bergerak di dunia data science.

Prospek kerja yang dituju dari bidang keilmuan data science antara lain data scientist, data analyst, data engineer, machine learning engineers, dan masih banyak lainnya.

Pada perusahaan, para praktisi data dianggap sebagai orang yang bisa membawa pengaruh besar bagi perkembangan bisnis perusahaan. Oleh sebab itu, kini kebutuhan akan tenaga kerja praktisi data semakin meningkat.

Menariknya adalah profesi yang satu ini ternyata tidak membutuhkan background pendidikan tertentu. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berkarir di industri data.

Jika kamu salah satu orang yang memiliki ketertarikan dengan dunia data science tapi sama sekali tidak memiliki latar belakang data science, kamu tidak perlu patah semangat. Karena, DQLab akan kasih tips-tips jitu mempelajari data science yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!

 

 

  • Kuasai Keterampilan Matematika & Statistika

 

Menganalisis sebuah data menjadi salah satu hal yang erat kaitannya di dalam dunia data science. Sebelum nantinya kamu menganalisis data dengan berbagai software data science, ada baiknya kamu perlu mempelajari dasar analisis data seperti matematika dan statistika. Hal tersebut meliputi pemahaman jenis-jenis grafik, memplot titik data pada grafik serta menemukan korelasi dan tren antara variabel yang berbeda, dan melakukan sampling berupa populasi dan sampel.

 Adapun beberapa konsep matematik yang disarankan untuk kamu kuasai adalah metode statistik dan teori probabilitas, distribusi probabilitas, kalkulus multivariabel, aljabar linier, pengujian hipotesis, pemodelan statistik, ringkasan data, dan statistik deskriptif serta analisis regresi. Hal tersebut untuk memudahkan kamu untuk menulis kode atau syntax yang efisien serta menarik kesimpulan yang akurat.

Baca juga : Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab, Sekarang!

 

 

  • Mempelajari Bahasa Pemrograman dengan Tekun

 

Skill selanjutnya yang perlu dimiliki oleh seorang calon praktisi data adalah kemampuan dalam menggunakan bahasa pemrograman minimal seperti Python, R, dan SQL. Python adalah bahasa skrip dengan pustaka yang memungkinkan kamu untuk memfilter dan mengubah data besar serta tidak terstruktur. Python memiliki aplikasi untuk pengembangan web, pengembangan software, pembelajaran mendalam, dan pembelajaran mesin. Software Python ini menjadi software yang paling sering digunakan oleh data scientist pemula karena merupakan open source dan mudah dipelajari. 

Selanjutnya, R adalah bahasa pemrograman open access yang berguna untuk perhitungan matematika dan statistik yang rumit. R juga membantu kamu dalam melakukan visualisasi data. Yang terakhir adalah SQL. SQL merupakan software yang dapat digunakan untuk membuat query dan menggabungkan data di beberapa tabel dan database. Semangat mempelajari bahasa pemrograman ya, Sobat Data!

 

 

  • Perbanyak Bangun Portofolio Datamu

 

Untuk bisa menjadi seorang praktisi data yang berkompeten tidak cukup jika hanya memiliki kemampuan yang tadi sudah disebutkan. Kamu juga perlu untuk memperbanyak portofolio datamu. Dengan membangun dan memperbanyak portofolio datamu itu artinya akan semakin banyak hasil pekerjaanmu yang kamu perlihatkan kepada orang banyak. Selain mengasah kemampuan menyesuaikan dengan real case yang ada, dengan memperbanyak bangun portofolio juga bisa membantumu pada saat rekrutmen magang atau pekerjaan lho, Sobat Data! Karena portofolio merupakan salah satu yang dipertimbangkan oleh perusahaan, selain nilai akademis dan kemampuan yang kamu cantumkan ke dalam CV.

Baca juga : Persiapkan Dirimu sebagai Talent Data Lewat Portofolio Bersama DQ-WEEKEND

 

 

  • Mulai Perjalanan Data Sciencemu bersama DQLab!

 

DQLab sebagai platform edukasi data science online hadir memberikan solusi bagi kamu yang ingin mulai mempelajari data science, dari yang dasar hingga tingkat lanjutan. Dengan belajar bersama DQLab kamu juga akan mendapatkan arahan langsung dari para mentor yang merupakan senior pakar data. Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup
  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 
  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 
  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.
  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB