LogoDIGINATION LOGO

Tech Update : Bagaimana Microsoft 365 Bekerja untuk Bisnis?

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 12 Maret 2021 | 22:32 WIB
Share
Share

Saat ini, seluruh produktivitas perusahaan didasari oleh tools produktivitas untuk menunjang kerja jarak jauh. Ketika tools menjadi kebutuhan, bisnis dari segala level harus pandai memilih tools produktivitas, yang sesuai kebutuhan karyawan mereka.

Teknologi cloud, menjadi salah satu layanan penunjang kebutuhan karyawan ketika bekerja jarak jauh. Dengan menggunakan cloud, karyawan lebih mudah bekerja sama dan mengerjakan pekerjaan dimana dan kapan pun hanya dalam dalam satu platform.

Faridah Nabilah Uthami sebagai Cloud Presales Consultant PT. Multipolar Technology melalui bincang Power Lunch (8/03) mengatakan transformasi digital bukan lagi hal yang harus ditinggalkan setelah pandemi COVID-19 menghilang. Namun kolaborasi perusahaan dengan Tools produktivitas harus tetap dilakukan untuk sistem kerja masa depan.

“Saat ini kita berada pada cara kerja baru, dimana kita bisa mengerjakan dari rumah, dari luar kota bahkan dari luar negeri sekalipun. Dari segi komunikasi dan kolaborasi, cara kerja baru ini adalah cara kerja masa depan. Sehingga kita perlu mengikuti transformasi digital untuk cara kerja masa depan,” kata Faridah.

 

 

Salah satu tools produktivitas yang mendukung kerja karyawan adalah Microsoft 365. Pertanyaannya apa kelebihan tools Microsoft 365? Simak dan ambil langkah awal untuk produktivitas bisnis yang lebih baik.

Apa itu Microsoft 365?

Microsoft 365 adalah layanan langganan yang menyediakan aplikasi produktivitas dasar yang diperlukan pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan di perusahaan meski dari jarak jauh. Aplikasi produktivitas mencakup layanan cloud untuk menyimpan pengolah kata, spreadsheet, email, kalender, dan aplikasi presentasi.

Microsoft 365 dikenal memiliki kapasitas memori cloud hingga 1TB yang tidak dimiliki oleh layanan semacamnya. Kapasitas memori ini juga diperuntukan untuk satu pengguna, yang tidak lain sangat penting untuk kebutuhan produktivitas karyawan.

Tidak sebatas aplikasi produktif berupa pengolahan kata dan sebagainya, Microsoft 365 menyediakan alat yang diperlukan untuk menghadirkan kolaborasi dan komunikasi dengan ekstensi produktivitas untuk setiap individu di suatu perusahaan.

Kolaborasi dan komunikasi adalah komponen kunci produktivitas di perusahaan dan produktivitas adalah sumber kehidupan perusahaan, disini Microsoft Teams menjadi bagian utama dalam Microsoft 365.

Bagaimana Microsoft Teams bekerja untuk perusahaan?

Microsoft Teams mengintegrasikan kumpulan layanan online Microsoft 365, memungkinkan anggota organisasi untuk berbicara langsung, mengadakan rapat virtual, berbagi file, dan berkolaborasi pada dokumen, spreadsheet, dan proyek lainnya secara real time.

Kemampuan obrolan mencakup dasar yang sama seperti yang ditemukan di Slack, sementara fitur rapat dan konferensi video lebih baik dibandingkan dengan yang tersedia di Zoom dan alat konferensi video lainnya.

Tidak hanya kolaborasi dan komunikasi bisnis, Microsoft Teams juga dapat melakukan otomatisasi, misalnya jika dalam sistem approval bisnis sebelumnya, karyawan harus menunggu atasannya datang untuk menandatangani dokumen diatas kertas. Melalui platform ini, kerja bisnis akan lebih cepat karena dengan melalui smartphone semua akan mudah terhubung. Teams juga terintegrasi dengan sistem track record sehingga tidak ada lagi miss revision ketika banyak orang mengakses dan mengedit dokumen secara bersamaan dimana pun dan kapanpun.

Fitur unggul lain untuk Microsoft Teams adalah platform ini mendukung API yang kuat untuk add-in, yang berarti pengguna dapat memperluas kemampuannya dengan bantuan ratusan aplikasi pihak ketiga. Sehingga apapun kebutuhan bisnis akan terpenuhi hanya dalam satu platform.

Mengapa Microsoft 365 lebih unggul ?

Microsoft 365 didukung otentikasi multi-faktor dan lisensi perusahaan yang tidak dapat ditemukan di produk tools produktif lainnya. Itulah mengapa Microsoft Tool menjamin keamanan data perusahaan walau banyak IP yang masuk dalam IT perusahaan.

Masalah lain dari rangkaian produktivitas kompetitor adalah minimnya kapasitas penyimpanan. Microsoft 365 menyediakan kapasitas minimal 1 TB, yang terbilang lebih tinggi dibanding kapasitas kompetitor. Sementara pada produk lainnya ukuran kapasitas tersebut membutuhkan biaya tambahan, bahkan sering kali tidak memiliki perangkat kolaborasi lengkap dan tidak cocok untuk perusahaan bisnis.

“Microsoft teams terintegrasi dengan security track record terbaik dalam platform komunikasi bisnis sehingga pengguna tidak perlu khawatir dalam melakukan kolaborasi dan komunikasi bisnis melalui layanan Microsoft 365,” kata Faridah.

Untuk mengaplikasikan microsoft 365, PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) sebagai mitra terpercaya dalam perancangan dan pengembangan inovasi teknologi digital merekomendasikan Microsoft 356 sebagai tools produktif perusahaan.

Microsoft tersedia dalam layanan gratis dan berbayar. Jika pengguna bukan pelanggan Microsoft 365, pengguna dapat terlebih dahulu memilih opsi penggunaan gratis untuk menikmati layanan Microsoft.

Microsoft Teams gratis menyertakan fitur inti yang sama dengan edisi berbayar, obrolan individu dan grup, panggilan audio dan video (1: 1 dan grup), total penyimpanan file bersama sebesar 10GB, pertemuan kelompok di saluran dan berbagi layar.

Multipolar Technology juga memberi promo hingga April 2021, untuk perusahaan yang ingin mengaplikasikan platform Microsoft 365 pada waktu dekat ini. Untuk informasi selanjutnya, dapat kunjungi situs ini https://bit.ly/Microsoft365-MLPT

 

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Bisa Bayar Pakai Kripto di PayPal

Paypal menargetkan layanan ini akan tersedia di 29 juta pedagang PayPal pada beberapa bulan mendatang.

Kamis, 15 April 2021 | 07:56 WIB