LogoDIGINATION LOGO

Aplikasi ini di Prediksi Masih Digunakan Ketika Pembelajaran Tatap Muka 2021

author Oleh Nur Shinta Dewi Writer Jumat, 8 Januari 2021 | 06:56 WIB
Share
Share

Gimana Digifriends, sudah mulai masuk sekolah belum?

Pada Minggu malam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah memutuskan jika semester genap ini, sekolah di Indonesia belum bisa melakukan belajar mengajar dikelas karena masih tingginya kasus COVID-19 di Indonesia.

Walau belum memberi lampu hijau untuk masuk sekolah pada ajaran genap, namun di tahun 2021 ini tidak menutup kemungkinan pendidikan tatap muka akan segera dilakukan.

Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) yang melakukan survei pada 19-22 Desember 2020, mendapatkan sebanyak 49,36% guru yang setuju dengan sekolah tatap muka pada Januari 2021, sedangkan 45,27% tidak setuju dan 5,37% yang menyatakan ragu-ragu.

Baca juga : Tambah Skill dengan Sekolah Vokasi 

Dengan hasil fifty-fifty kemungkinan besar pembelajaran tatap muka juga akan segera dilaksanakan. Lalu gimana ya nasib Laptop, Smartphone, Tablet, Aplikasi dan Fitur Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ketika memasuki pembelajaran tatap muka? Nah ini prediksi proses pembelajaran tatap muka dan aplikasi yang masih digunakan, simak yuk!

Aplikasi berbasis Learning Management System (LSM)

Bye buku tulis! nggak ada lagi tuh kumpulin tugas untuk di nilai guru lewat buku tulis. Pada proses belajar mengajar mendatang, kemungkinan semua siswa di kelas akan menggunakan smartphone atau laptop. Sama hal dengan daring, pertama-tama guru akan menjelaskan secara langsung materi pelajaran, tetapi setelah itu kamu akan diperintah untuk mengerjakan soal lewat Aplikasi berbasis Learning Management System (LSM) seperti Google Classroom, Quipper dan lainnya. Jadi proses belajar mengajar tatap muka akan tetap berlangsung, namun untuk tugas kamu akan tetap mengerjakan melalui daring untuk menghindari penyebaran virus.

Aplikasi berbasis Pengolah Kata

Sama tujuannya untuk menghindari penyebaran virus, kamu akan dipaksa untuk mencatat materi dengan menggunakan aplikasi berbasis pengolah kata seperti Microsoft Word atau Google Doc. Jadi ketika proses belajar dimulai jangan lupa unduh aplikasi pengolah kata agar kamu nggak telat mencatat materi pelajaran ya.

Baca juga : 

Aplikasi berbasis Cloud

Untuk mengulang kembali materi di minggu lalu, kamu perlu membuka buku virtual mu melalui aplikasi berbasis Cloud, Google Drive, One Drive, Dropbox dan lainnya. Dengan google drive materi apapun yang dicatat atau diberikan oleh guru mu akan tersimpan rapi selama kamu terhubung dengan aplikasi Google. Jadi jangan dihapus ya akun googlenya.

Aplikasi Meeting

Untuk menghindari terjadinya kerumunan, dalam proses belajar mengajar mendatang ada kemungkinan siswa melakukan shifting atau pembagian kelas online/offline. Misalkan, minggu ini kelas 1-3 belajar offline atau tatap muka, jadi kelas 3-6 akan melakukan kelas daring (online). Bagi kelas yang mendapati kelas online aplikasi meeting seperti Zoom, Google Meet, Skype, masih diperlukan.

Itulah 4 aplikasi yang diprediksi masih dibutuhkan walau proses belajar mengajar telah dilakukan dikelas. Jadi kamu lebih prefer yang mana nih? Lanjut PJJ atau tatap muka? Vote ya!

  • Editor: Deriz Syarief
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE