LogoDIGINATION LOGO

4 Ide Fondasi Sukses

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 23 November 2020 | 15:02 WIB
Share
Share

Siapa yang tidak mau sukses? Pasti tidak ada dong yang tidak mau menjadi orang  sukses. Bagi kamu yang sedang mengejar kesuksesan tentu kamu tahu betul kalau sukses itu tidak mudah. Seringkali, kamu merasa seperti membangun rumah, namun kekurangan bata merah bukan?

Meski kesuksesan diperlukan kerjakeras, setiap fondasi kesuksesan dibangun di atas empat pilar yang sama. Oleh karena itu, untuk berhasil, kamu harus memastikan telah membangun fondasi di atas pilar yang kokoh.

Bahkan jika salah satu pilar kamu lemah atau terlewat, fondasi kamu bisa saja runtuh. Untuk mengkokohkan pilar tersebut dan meraih sukses mu, berikut 4 Pilar yang perlu kamu bangun untuk mengkokohkan pondsi yang diikutip dari Rich Habits:

Pola hidup baik
Sukses adalah proses, dan proses baik atau buruk itu ditentukan oleh kebiasaan kamu sehari-hari. Orang sukses, memiliki kebiasaan. Ingat istilah orang tua 'Jangan bangun siang, nanti rezekinya di patok ayam'. Dari istilah tersebut kita belajar, bangun pagi merupakan hal baik. Kita bisa lebih produktif dengan waktu yang lebih panjang.

Namun sebaliknya, jika kamu bangun siang akan merasa waktu lebih cepat, dan kamu tidak punya waktu untuk lebih produktif membangun kesuksesan. Jika kamu membentuk kebiasaan buruk, tentu akan menghasilkan proses yang tidak optimal. Tengok kebiasaan kamu, hilangkan kebiasaan buruk dan bina kebiasaan baik.

Berpikir positif
Menurut sains terbaru, hal negatif menyebabkan pandangan yang tidak jelas, membatasi kreativitas, dan menghambat kemampuan kamu untuk berpikir jernih.

Ketika kamu memandang dunia negatif, kamu tidak melihat apa-apa selain masalah dan tidak peka terhadap peluang dan solusi.

Sebaliknya, pandangan mental yang positif meningkatkan pemecahan masalah secara kreatif. Ini memberi kamu alat mental untuk mengangkat diri sendiri untuk mengatasi rintangan kamu.

Bergaul dengan senior
Orang-orang paling sukses di dunia adalah bagian dari jaringan yang kuat yang terdiri dari orang-orang sukses lainnya.

Membangun hubungan apa pun membutuhkan waktu, seringkali, bertahun-tahun. Tapi tidak jika kamu belajar dengan giat dengan orang-orang yang lebih dulu mencapai kesuksesan.

Orang yang lebih dulu sukses mampu memindahkan gunung. Mereka dapat membuka pintu bagi investor yang akan mendanai bisnis atau ide kamu. Mereka dapat menghilangkan penghalang yang menghalangi jalan kamu.

Keluar dari zona nyaman
Setiap individu memiliki lingkaran. Di dalam lingkaran itu ada hal-hal yang kamu nyaman lakukan dan ada pula yang menyebalkan.

Hal-hal di dalam lingkaran mewakili zona nyaman kamu. Kebanyakan melakukan segala kemungkinan secara manusiawi untuk tetap berada dalam zona nyaman mereka.

Ketika kamu melakukan hal-hal yang berada di luar zona nyaman kamu, hal itu menyebabkan ketidaknyamanan. Tetapi setiap kali kamu terlibat dalam aktivitas yang menyebabkan ketidaknyamanan, kamu akan memperluas lingkaran.

Perluas lingkaran kamu dengan melakukan aktivitas yang menyebabkan ketidaknyamanan diperlukan jika kamu ingin tumbuh dan berhasil.

Kamu tidak bisa sukses dalam hidup dengan tetap berada di zona nyaman. Individu yang sukses memaksa diri mereka sendiri untuk mengekplor banyak hal dan peningkatan setiap hari melalui pembelajaran harian (membaca), praktik harian, dan dengan mencari umpan balik dari para ahli.

Itulah 4 fondasi agar kokoh membangun kesuksesan. Jika kamu tekun memperkuat 4 fondasi di atas tentu akan cepat bangunan tersebut berdiri kokoh. Yang pasti apapun halangan yang kamu temui jangan berhenti ditengah jalan. Karena jika dari diri kamu saja goyah, maka bangunan yang hampir berdiri kokoh perlahan akan runtuh.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Persiapan 5G di Indonesia

Seperti apa proyeksi 5G dan tren industri telekomunikasi 2021 di Indonesia?

Senin, 21 Desember 2020 | 14:56 WIB