LogoDIGINATION LOGO

Mau bangun Startup? Ini dia 5 Pelajaran Mengambil Keputusan Versi Drakor Start-up

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 10 November 2020 | 11:49 WIB
Share
Share

Ada yang belum nonton film Start-up? Kamu harus tonton!

Tidak hanya ke so-sweetan dua Nam Do San terhadap Seo Dal Mi, film drama korea Start-up menyimpan pesan mendalam bagi kamu yang ingin memulai bisnis startup.

Cerita yang dibungkus komedi romantis ini menceritakan Seo Dal Mi (Bae Suzy) yang mengejar cita-citanya untuk membuktikan kepada kakak dan ibunya, jika ia tidak salah mengambil keputusan untuk tinggal bersama ayahnya. Hal itu ia lakukan karena melihat kesuksesan kakaknya yang menjadi seorang CEO muda berkat ayah tirinya.

Seo Dal Mi tidak sendiri untuk menggapai cita-citanya, ia ditemani Nam Do San (Nam Jo Hyuk) cinta pertamanya hasil manipulasi teman pena yang dibuat neneknya dan Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho), yang saat ini menjadi mentornya di Sandbox.

Dalam perjalanannya, drama ini menunjukan jika sahabat, keluarga, dan orang terdekat menjadi faktor utama untuk menggapai kesuksesan. Namun selain dukungan, mengambil keputusan jadi bagian yang penting dalam membangun startup, simak yuk:

Jadikan hal buruk sebagai motivasi
Pertama yang harus kamu lakukan, jadikan semua hal buruk sebagai motivasi. Walau keluarga atau teman menjatuhkanmu, jangan jadikan hal tersebut membuat kamu  gagal. Seo Dal Mi mengajarkan untuk menjadikan hal buruk sebagai motivasi. Walau ia dijatuhkan dan diremehkan oleh kakaknya Won Injae tapi ia terus berusaha dan mencari cara agar bisa bangkit dan membuktikan jika ia dapat berhasil membuat Startup seperti kakaknya walau tanpa pendidikan, relasi dan modal.

Jangan hilangkan Idealisme baik
Ketika menjalankan bisnis jangan sampai kamu melepas idealis baikmu hanya untuk mendapatkan keuntungan lebih. Belajarlah dari Ayah Seo Dal Mi yang bersikukuh menjadikan layanan delivery gratis untuk membantu usaha kecil dan menunda keuntungan sampai layak di-uang-kan.

Mulai dan tentukan rencana bisnis
Walau Seo Dal Mi, Nam Do San dan Han Ji Pyeong modal nekat saat memulai karirnya. Namun rencana bisnis yang jelas juga dibutuhkan. Kamu harus tahu modal bisnis, kebutuhan pasar, waktu yang dibutuhkan, dan peluang usaha untuk berkembang. Jangan seperti Samsan Tech yang punya produk inovatif namun belum punya modal bisnis yang jelas di awal karirnya.

Jangan ragu merekrut orang
Seperti kata Won Injae tidak ada bisnis yang berjalan tanpa partner. Saat memulai usaha, jangan ragu merekrut orang lain untuk menjalankan peran sesuai keahlian yang tidak kamu miliki. Berkat kemampuan Seo Dal Mi dalam membuat strategi, perusahaan Samsan Tech dapat lebih berkembang dan memiliki rencana bisnis yang jelas.

Cari mentor
Beda halnya dengan partner bisnis, kamu harus cari mentor yang ahli pada bidang kamu. Terutama bagi kamu yang pemula, tentu sangat sulit membangun bisnis dan mengatur pendanaan dari investor tanpa adanya mentor. Seperti perusahaan Samsan Tech, walau Seo Dal Mi telah membuat kebijakan yang adil untuk timnya, namun kenyataannya itu keputusan yang salah dalam mengatur pembagian saham menurut mentornya Han Ji Pyeong.

Banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dalam film Startup, dari masalah keluarga, percintaan, hingga gambaran lengkap dalam dunia startup. Jadi Itulah 5 pelajaran dalam mengambil keputusan ketika membangun Startup. Pelajaran penting apalagi nih yang kamu petik dari film ini? Share ya.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Begini Fakta Generasi Sandwich

Generasi sandwich masih berhak happy meski terhimpit dua tanggungan ekonomi sekaligus, apa rahasianya?

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:13 WIB

Industri Gaming di Dunia Metaverse 

Jika gaming Indonesia berhasil sukses di dunia Internet, apakah metaverse juga membawa pengalaman yang sama bahkan bisa lebih berpotensi?

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:52 WIB