LogoDIGINATION LOGO

Karir mu Tidak Berkembang? Coba Analisis dengan SWOT

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 22 Oktober 2020 | 20:35 WIB
Share
Share

Di dalam dunia pekerjaan, kita tidak bisa menilai diri kita di mata orang lain. Jika kamu merasa tidak berkembang dan tidak memiliki kekuatan apa-apa, coba mulai evaluasi diri kamu dengan analisis SWOT.

Dilansir dari Lifehack.org, SWOT adalah singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunity (peluang), dan Threat (ancaman), dengan tujuan untuk mengevaluasi masa lalu, masa kini, dan masa depan dari tujuan hidup kamu.

Analisis SWOT memberikan gambaran dari situasi kamu saat ini dan membantu kamu mengevaluasi dan mengembangkan strategi dari tujuan yang sudah ditetapkan untuk kemajuan karir atau kehidupan. Jika kamu melakukannya dengan benar, ini akan memungkinkan kamu menemukan kekuatan dan mengidentifikasi peluang untuk tumbuh di masa depan.

Sebelum memulai menganalisa, pisahkan 4 Bagian Strengths, Weaknesses, Opportunity, dan Threat, dalam 4 kotak, jika sudah mulailah jawab kotak-kotak tersebut sesuai kepribadianmu. Eitss.. Sebelum memulai, berikut hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan Analisis SWOT:

Tetapkan tujuan
Yang pertama harus kamu lakukan adalah menetapkan tujuan. Penting untuk mengetahui apa sebenarnya yang ingin kamu dapatkan dari evaluasi diri menggunakan SWOT.

Apa ingin nangin pangkat, pekerjaan baru, perubahan karier, atau hanya pertumbuhan pribadi? Seperti yang dijelaskan Carl Pullein dalam blognya “Ini dimulai dengan visi dan pertanyaan. Apa yang ingin kamu capai? kamu perlu tahu apa yang Anda inginkan.

Tanpa visi yang jelas tentang apa yang ingin kamu capai, kamu akan terhanyut dalam hidup. Dan disinilah kebanyakan orang gagal.

Jujur
Saat melakukan analisis SWOT, kamu harus jujur menjawab semua pertanyaan sesuai diri kamu. Memang agak sulit menganalisis diri sendiri secara akurat, hingga kita sering melebih-lebihkan kekuatan kita dan tidak melihat kelemahan kita.

Tanyakan pada teman, atau atasan kamu tentang kelemahan dan kekurangan mu. Meski tidak semua feedback cocok, kamu bisa menyimpulkan dari semua respon yang ada. Dari situ kamu bisa memetakan respon kedalam SWOT, dan mulailah koreksi.

Cari poin yang paling dominan
Salah satu kesalahan paling umum saat melakukan analisis SWOT adalah mencantumkan terlalu banyak poin di setiap kategori. Ini biasanya terjadi jika tujuan kamu tidak jelas atau terlalu luas. Misalnya kamu ingin memperdalam SEO dan Marketing, tapi kamu tidak perlu memaksa untuk bisa coding atau web developer. Ingat! Dalam satu tujuan memiliki banyak kerangka, dari kerangka tersebut mantapkan poin yang paling dominan.

Jangan angkuh dengan kekuatan
Meski kamu sudah tau kekuatan mu, jangan terperangkap dengan kekuatan mu. Ingat, diatas langit masih ada langit, saat kamu mengklaim diri kamu mampu, ternyata kamu gagal mendapat project dari atasan mu, kenapa? Karena kamu tidak melihat sekelilingmu banyak yang lebih berpengalaman dibanding sekedar teori. Cobalah untuk memikirkan kekuatan dan kelemahan kamu dan bandingkan dengan orang lain yang memiliki tujuan yang sama.

Terima kelemahanmu
Memang sulit mengakui kelemahan tapi jika kamu tidak mengakui kelemahan mu, akan berdampak buruk bagi kehidupan kamu kedepannya. Ceritakan masalahmu ke teman atau atasan mu. Misalnya, kamu orang yang sangat pelupa, hingga beberapa kali melewatkan jadwal meeting online. Bicarakan jika kamu benar-benar sulit menghilangkan kebiasaan buruk ini. Membongkar keburukan di depan orang memang tidak baik, tapi dia harus mengerti kondisi kamu yang sebenarnya.

Itulah 5 hal yang harus kamu perhatikan dalam proses analisa SWOT. Meskipun kamu sering intropeksi diri namun perubahan bisa kapan saja terjadi. Analisa SWOT dapat menganalisis posisi kamu saat ini dan melakukan brainstorming dari banyak arah untuk menemukan peluang. Cobalah analisis diri kamu, semakin realistis dan jujur, maka hasil yang didapat akan semakin bermanfaat.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB