LogoDIGINATION LOGO

Workday Digital Agility Index: Perusahaan di Indonesia Mulai Menyadari Pentingnya Transformasi Digital

author Oleh Rommy Rustami Rabu, 22 Juli 2020 | 22:54 WIB
Share
Share

Separuh dari perusahaan/organisasi di Indonesia melakukan pengkajian ulang terhadap rencana transformasi digitalnya sebagai salah satu upaya menyiasati pengaruh dari pandemi Covid-19.

Hal tersebut terungkap dari kajian yang dilakukan oleh Workday, perusahaan piranti lunak global yang berfokus pada sumber daya manusia dan keuangan, bekerja sama dengan International Data Corporation, konsultan global penyedia data dan analisa.

Kajian bertema Workday Digital Agility Index tersebut dilakukan di 9 negara: Hong Kong, Singapura, Thailand, Indonesia, Malaysia, Jepang, Korea, Australia dan Selandia Baru; serta melibatkan sekitar 900 C-level eksekutif di bidang sumber daya manusia, keuangan, dan IT.

Kajian tersebut juga menunjukkan bahwa 31% perusahaan/organisasi di Indonesia memilih untuk melakukan perlambatan proses usaha untuk dapat melewati masa krisis yang dipicu oleh pandemi Covid-19.

Secara keseluruhan, Workday Digital Agility Index menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan/organisasi tidak dapat beradaptasi selama pandemi Covid-19. Di Indonesia, organisasi bisnis yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19 ini adalah sektor penjualan (54%), customer engagement (50%), dan keuangan (46%).

President Workday Asia Asia Rob Wells menyatakan bahwa situasi terkini telah membuat perusahaan/organisasi lebih menyadari tentang pentingnya digital agile. "Tanpa dukungan yang kuta dari teknologi yang tepat, perusahaan/organisasi tidak dapat bergerak lincah untuk beradaptasi untuk perubahan yang cepat. Sebagian besar perusahaan tahun ini harus membuat perubahan signifikan pada perencanaan keuangan dan sumber daya mereka."

Empat dari lima (80%) perusahaan/organisasi mengalami kesulitan untuk melakukan perubahan rencana keuangan mereka tahun ini akibat krisis yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19, dan 69% perusahaan/organisasi bisnis tidak mampu melakukan penerapan reformasi struktur organisasi perusahaan/organisasi mereka.

Meskipun demikian 93% perusahaan/organisasi melihat bahwa transformasi digital merupakan prioritas utama mereka dalam menyiasati pandemi Covid-19, dan 85% lainnya mengandalkan teknologi digital untuk menjaga keberlangsungan rencana bisnis mereka.

Fokus area yang diutamakan oleh perusahaan/organisasi di Indonesia untuk proses digital transformasi yang akan dilakukan antara 12 - 18 bulan kedepan antara lain adalah sistim layanan front-end customer, sistim pendukung keuangan, dan sistim pemicu front-end revenue.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
RECOMMENDATION

Revolusi Platform untuk Transformasi Digital

Platform adalah salah satu hal penting dalam sebuah transformasi digital. Bagaimana perusahaan-perusahaan dapat melakukan kostumisasi pada platform digital yang digunakan untuk mendukung bisnis.

Rabu, 12 Februari 2020 | 13:53 WIB
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB