LogoDIGINATION LOGO

Revolusi Platform untuk Transformasi Digital

author Oleh Rommy Rustami Rabu, 12 Februari 2020 | 13:53 WIB
Share
Share

Revolusi platfrom merupakan bagian yang tidak bisa dilepas dari proses transformasi digital sebuah perusahaan, sehubungan dengan penerapan beragam solusi aplikasi digital yang memberikan dukungan penuh terhadap bisnis perusahaan.

Direktur PT Computrade Technology International (CTI Group) Rachmat Gunawan menjelaskan bahwa revolusi platform mutlak diperlukan agar proses adopsi dalam transformasi digital dapat berjalan lancar.

"Bagi bisnis, platform dapat membantu dari segala aspek seperti penjualan produk dan jasa, menyebar-luaskan konten, dan yang lainnya. Di Indonesia, penggunaan teknologi platform mungkin lebh banyak dikenal untuk perusahaan start-up saja, tapi kami juga ingin agar teknologi ini bisa diadopsi dan dikelola oleh perusahaan-perusahaan yang sudah lama berdiri," jelasnya.

Dia mengakui bahwa teknologi platform ini merupakan sebuah kesatuan dan bisa menimbulkan kebingungan jika tidak dipahami secara menyeluruh.

Platform adalah kumpulan teknologi yang menjadi basis aplikasi, proses atau teknologi lain yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Kumpulan teknologi ini menyediakan tempat untuk penggunanya agar dapat berkomunikasi, berinteraksi, dan bekerja sama dalam sebuah ekosistim.

Gunawan menyatakan banyak perusahaan-perusahaan besar sudah membangun bisnis mereka diatas platform yang kuat sehingga menjadi perusahaan yang cukup dikenal seperti Amazon dan Airbnb. "Bahkan di Inodnesia sendiri, perusahaan seperti Gojek, OVO, dan Tokopedia dibangun diatas teknologi platfrom dan mendukung pertumbuhan bisnis online tanah air hingga US$20 miliar," jelasnya.

Menurut laporan dari McKinsey 2019, lebih dari 30% aktivitas ekonomi global (dengan nilai sekitar US$60 triliun), mampu dimediasi oleh platfrom digital hingga 2025 mendatang. Namun baru sekitar 3% dari perusahaan yang sudah lama berdiri yang dapat mengadopsi strategi platform yang efektif untuk meraih potensi bisnis.

Platform bukan berupa produk tunggal atau unit sistim dari satu vendor, melainkan kompilasi teknologi yang flesibel yang bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Jenis-jenis teknologi platform antara lain operating system, computing, database, storage, aplikasi, mobile, API dan yang lainnya.

Sementara itu Country Manager Aruba Indonesia Robert Suryakusuma menjelaskan bahwa perusahaan Indonesia dapat mengambil manfaat dari fleksibilitas inovasi jaringan di infrastruktur digital, yang dapat berguna saat perusahaan-perusahaan tersebut bergerak ke fase selanjutnya dalam proses transformasi digital.

Untuk memberikan pemahaman menyeluruh mengenai platform, CTI Group akan menggelar CTI IT Infratsturcture Summit 2020. Setelah berturut-turut pada tahun sebelumnya mengambil tema mengenai Artificial Intelligence lalu Blockchain, CTI IT Infrastructure Summit akan mengambil tema Revolusi Platform

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE

Revolusi Platform untuk Transformasi Digital

Platform adalah salah satu hal penting dalam sebuah transformasi digital. Bagaimana perusahaan-perusahaan dapat melakukan kostumisasi pada platform digital yang digunakan untuk mendukung bisnis.

Rabu, 12 Februari 2020 | 13:53 WIB

It’s Never Too Late To Start Up

Kata siapa usia 40 tahun sudah terlalu tua untuk membangun startup? Adrian Gunadi, co Founder dan CEO Investree membuktikan bahwa hal tersebut salah...

Selasa, 3 Desember 2019 | 08:15 WIB

DISRUPTO 2019, Mengeksplorasi Tantangan Masa Depan Umat Manusia

DISRUPTO 2019 menjadi momentum untuk mengeksplorasi masa depan manusia dari berbagai aspek dan akan memperlihatkan bagaimana kemajuan teknologi yang telah dicapai manusia saat ini dapat membantu keberlangsungan hidup manusia di masa depan.

Selasa, 12 November 2019 | 08:15 WIB