LogoDIGINATION LOGO

Aplikasi Penambah Penghasilan Saat Di Rumah Aja

author Oleh Nur Shinta Dewi Writer Rabu, 27 Mei 2020 | 20:27 WIB
Share
Share

Bencana global COVID-19, telah mengakibatkan turunnya omset penghasilan di seluruh sektor bisnis. China, negara yang pertama kali terkena dampak COVID-19, mengumumkan, ada lebih dari 460.000 perusahaan di negaranya dinyatakan tutup secara permanen. Hal ini membuat banyak orang kehilangan pekerjaan, dan dirumahkan oleh perusahaan mereka.

Di Indonesia sendiri, dampak dari COVID-19, terlihat dari banyaknya pekerja yang di PHK. Menurut catatan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) per bulan April 2020, setidaknya ada 7 juta orang pekerja di Indonesia yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan di tengah pandemi Covid-19. Hal ini kemungkinan akan terus bertambah, jika perekonomian dunia belum juga pulih.

Untuk menopang hidup dikala krisis COVID-19, tentu mencari dan menambah penghasilan harus tetap dijalankan. Pekerja yang terkena dampak PHK dan dirumahkan, dapat mencoba beberapa aplikasi ini, untuk menambah penghasilan sekaligus membantu UMKM dan pelaku bisnis mempertahankan bisnisnya, berikut aplikasi penambah penghasilan:

Sampingan
Sampingan, merupakan platform yang memberdayakan pekerja kerah biru (blue-collar). Dimasa yang sulit ini, sampingan berkomitmen untuk terus memudahkan semua orang baik pengguna, mitra yang disebut dengan Kawan Sampingan, maupun rekan bisnis.

Saat ini Sampingan menawarkan beberapa tipe pekerjaan diantaranya, sales, surveyor, kurir, dan staff gudang. Masyarakat juga dapat bergabung menjadi reseller dengan menjual produk dari mitra yang tergabung di platform Sampingan. Cukup dengan mendaftar di aplikasi Sampingan, maka pengguna akan langsung mendapatkan akses ke puluhan pekerjaan dan barang yang dapat dijual kembali.

Freelancer
Aplikasi selanjutnya, yaitu freelancer. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna di android dan 32 juta user terdaftar di website. Banyaknya angka pengguna, tentu sebanding dengan banyaknya pekerjaan yang ditawarkan.

Pengguna dapat memilih pekerjaan sesuai minat mereka,  dengan mendownload aplikasinya secara  gratis di google playstore atau masuk di website freelancer.co.id . Aplikasi ini telah digunakan banyak freelancer yang lebih menyukai pekerjaan remote dibandingkan bekerja di kantor. Jadi, berhubung sedang dilakukannya WFH, ada kala nya menambah penghasilan dengan menjadi freelance di perusahaan rekomendasi aplikasi freelancer.

Writer Access
Bagi penulis yang sedang dirumahkan, ada baiknya menambah penghasilan dengan menjadi seorang penulis lepas, dengan Writer Access. Aplikasi ini memiliki berbagai macam pekerjaan terkait menulis, termasuk artikel online, studi kasus, laporan ilmiah dan lainnya.

Aplikasi ini memiliki banyak tool seperti content analytics, keyword optimization, dan content planner agar pekerjaan pengguna lebih efisien. Aplikasi yang telah diunduh 1 Juta orang ini, baik digunakan untuk menambah penghasilan para penulis yang sedang dirumah saja.

Fiverr
Sama dengan aplikasi freelancer, Fiverr merupakan platform penghubung antara pekerja lepas dengan pelaku bisnis. Aplikasi yang telah diunduh 10 juta pengguna google play store ini, menawarkan pekerjaan mulai dari desain logo, penulis, social media marketing, hingga pembuatan merchandise. Aplikasi ini juga menyediakan pelatihan gratis untuk mengembangkan skill pengguna.

Selain itu, Fiverr dapat menampilkan proyek yang telah diselesaikan pada publik agar calon pengguna jasa dapat memilih siapapun yang menarik perhatiannya dengan mudah. Fitur ini menjadi alternatif dari cara konvensional yang harus mengontak freelancer satu per satu.

Itulah referensi aplikasi yang dapat digunakan untuk menambah penghasilan di masa krisis ini. Jika terus berjuang mencari celah peluang, pasti hasil yang didapat pun akan cukup untuk menambah pemasukan untuk bertahan di masa sulit ini. Jangan putus asa dan terus berjuang!

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE

Siklus Membaik

Ternyata pengetahuan yang kita miliki itu sejatinya adalah hasil saling transfer antar kita...

Rabu, 11 September 2019 | 08:15 WIB