LogoDIGINATION LOGO

Kominfo dan Amvesindo Resmikan Gerakan The Next Indonesia Unicorn

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 8 Desember 2017 | 05:25 WIB
Share
Dalam rangka mendukung Roadmap E-commerce dan mewujudkan Indonesia Digital Economy of Asia 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan langkah selanjutnya dengan meluncurkan gerakan The Next Indonesia Unicorn (NextICorn) yang bekerja sama dengan Asosiasi Modal Ventura Indonesia (Amvesindo) di Auditorium Anantakupa Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta pada hari ini (Jumat, 8/12)
Share

Dalam rangka mendukung Roadmap E-commerce dan mewujudkan Indonesia Digital Economy of Asia 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan langkah selanjutnya dengan meluncurkan gerakan The Next Indonesia Unicorn (NextICorn) yang bekerja sama dengan Asosiasi Modal Ventura Indonesia (Amvesindo) di Auditorium Anantakupa Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta pada hari ini (Jumat, 8/12).

Tujuan gerakan NextICorn sendiri adalah untuk menghasilkan lebih banyak lagi unicorn dari kalangan startup digital Indonesia, sehingga dapat tumbuh setidaknya satu unicorn setiap tahunnya. Startup nasional yang mumpuni akan diberikan fasilitasi mendapatkan kesempatan investasi dengan value ke tingkat menuju unicorn.

“Pemerintah mengerti permasalahan dalam mendapatkan pendanaan terutama di zona Missing Middle/Series B. Diharapkan nantinya startup-startup Indonesia dapat tumbuh dan mempunyai value di mata investor nasional dan global sehingga akan lahir unicorn-unicorn berikutnya di Indonesia,” terang Rudiantara Menteri Kominfo.

Rudiantara menambahkan dengan adanya gerakan NextICorn ini, pemerintah akan mendukung adanya business matching yang tepat melalui event-event yang mendatangkan Venture Capital (VC) baik dari nasional maupun dari luar negeri ke Indonesia, juga dengan membawa startup-startup Indonesia ke event-event di luar negeri yang dihadiri VC.

“Oleh karena itu, partisipasi dari para pelaku startup sangat penting untuk memanfaatkan peluang yang telah diberikan, sehingga berpartisipasi agar startup Indonesia bisa menjadi The Next Unicorn Indonesia,” tambah menteri yang akrab disapa Chief Rudi tersebut.

Donald Wihardja, Wakil Ketua II Amvesindo berharap dengan gerakan NextICorn ini, Amvesindo dapat mempermudah startup untuk menggalang dana, terutama di level B Series (untuk mendapatkan USD 5 juta ke atas) dengan memfasilitasi pertemuan mereka dengan investor baik lokal dan internasional. “Untuk itu kami akan hadirkan NextICorn di acara-acara terkenal yang terbukti mengumpukan investor di Indonesia dan Asia dan menyiapkan acara business meeting dengan startup di sana,” tutur Donald.

Donald juga mengungkapkan Amvesindo tengah mengumpulkan data-data dari startup, kontak info, pitch deck dan sebagainya yang dapat diakses investor dengan mudah secara online atau dalam bentuk buku compendium yang dicetak. “Kami harap dengan project NextICorn, kami bisa mempersembakan unicorn-unicorn Indonesia baru di masa dekat,” imbuhnya.

Sementara Managing Partner Ernst & Young, David Rimbo menyampaikan bahwa pihaknya ingin membantu startup-startup Indonesia agar memiliki penilaian yang prima dalam memberikan layanan dan memposisikan startup itu sendiri. “Startup-startup ini kami berikan penguatan internal sehingga mereka akan memiliki kemanfaatan dan value yang besar dari penilaian oleh kalangan investor global maupun nasional,” ujar David.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE