LogoDIGINATION LOGO

Ini 6 Hal yang Harus Dipelajari Sebelum Mendalami Bisnis Digital!

author Oleh Dikdik Taufik Hidayat Senin, 9 September 2019 | 08:15 WIB
Share
strategi pemasaran masa kini (foto: Shutterstock.com)
Share

Sebuah bisnis masa kini tentu perlu tampilan online yang meyakinkan sehingga bisa lebih kompetitif di luaran sana. Jika tak membangun tampilan digital yang baik, bisa jadi bisnis tak bertahan lama.

Namun, tak banyak pemilik bisnis yang paham dunia digital marketing, jadi mereka merekrut orang yang paham akan hal tersebut. Ini tentu mudah bagi bisnis yang memang memiliki modal dan dana yang besar. Sayangnya, tak semuanya mempunyai modal yang besar sehingga hanya memanfaatkan sumber daya yang sudah ada.

Padahal, dengan memaksimalkan pemasaran online, tentu saja bisnis digital kamu akan lebih maju. Bayangkan, hampir setiap orang saat ini memiliki akses ke dunia digital dan Internet. Karenanya, kesempatan untuk memasarkan bisnis langsung ke dalam genggaman mereka, terbuka lebar. Hampir tanpa strategi pemasaran offline atau konvensional yang kini mulai ditinggalkan.

Salah satunya adalah dengan berbisnis sambil belajar.

Salah satu keunggulan lain dunia digital, selain sebagai media pemasaran, adalah sebagai media pembelajaran. Kamu bisa mendapatkan banyak informasi dari Internet dan mempelajarinya.

Beragam pelajaran dan kelas online, ada di internet. Hal ini bisa mengajarkan dan menjelaskan beragam komponen digital marketing. Bahkan tak tanggung-tanggung, sebagian besarnya gratis. Nah, kamu perlu memanfaatkan hal ini karena di masa depan, pemasaran digital akan lebih maju lagi. Tentunya kamu nggak ingin ketinggalan zaman, kan?

Berikut enam kursus online yang harus dipelajari untuk memperkuat bisnismu di dunia digital.

Baca juga: 6 Tips Memulai Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan

kursus online (foto: Shutterstock.com)

1.    Mempelajari Pembuatan Website

Untuk membuat sebuah bisnis menjadi lebih dipercaya di dunia digital, diperlukan situs atau website. WordPress adalah salah satu platform blogging yang cukup mudah untuk digunakan, dengan sistem manajemen konten yang mudah dipelajari.

Kamu bisa mempelajari dasar-dasar publishing sehingga bisa membuat konten yang menarik di website.

Akan lebih baik ketika kamu mempelajari juga beragam keahlian tentang HTML atau program koding lainnya. Tapi jangan takut, WordPress memudahkan para pemula untuk itu. Meskipun tak mempelajari koding, kamu bisa mensetting website dengan cukup mudah.

Carilah tutorial membuat website dengan platform WordPress. Ada banyak tutorial yang tersedia di YouTube, atau bisa mengikuti kursus gratis di Udemy.

2.    Memaksimalkan Strategi SEO

Banyak yang tak memahami SEO (Search Engine Optimization). Pemilik bisnis yang baru menyentuh dunia digital tentu mempertanyakan hal yang sama: Apa itu SEO?

Ini adalah sebuah pertanyaan penting yang jawabannya perlu diketahui pemilik bisnis di dunia online. Untuk mempelajarinya, kamu bisa mengikuti beragam ebook gratis, YouTube tutorial, hingga kursus SEO gratis di Udemy.

SEO sendiri sejatinya adalah sebuah metode untuk memaksimalkan ranking bisnis kita di situs pencarian. Dengan mendapatkan rating yang tinggi, kita akan mendapatkan banyak traffic sehingga peluang bisnismua akan semakin berkembang.

Baca juga: Mau Tahu Seluk Beluk Bisnis Online? Cari Infonya di Hotline Kemenperin

strategi SEO (foto: Shutterstock.com)

3.    Menguasai Marketing Media Sosial

Media sosial adalah hal yang mengendalikan bisnis saat ini, baik bisnis kecil maupun besar. Platform ini merupakan komponen digital marketing yang harus invdiestasikan dengan serius untuk mengembangkan bisnis online.

Kamu perlu mempelajari strategi bisnis untuk media sosial. Artikel tentang ini banyak di internet dan bisa dijadikan referensi. Banyak juga tips dan trik yang ada di berbagai platform digital sehingga kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut.

Pasti, kamu perlu memaksimalkan media sosial sebagai media marketing. Walaupun terkadang dipandang sebelah mata, media sosial bisa menjadi penyampai pesan penting untuk para klien.

4.    Memahami Google Analytics

Google Analytics adalah perangkat yang sangat penting dalam dunia digital marketing. Program ini memberikan banyak masukan penting tentang marketing online yang dibuat. Kamu bisa mengetahui pasti apa yang penting dan apa yang tidak dalam strategi bisnis marketingmu.

Tak hanya itu, kamu bisa mengetahui siapa saja yang tertarik dengan bisnismu, menjadikanmu lebih memahami pasar untuk membuat strategi pemasaran yang lebih sesuai.

Hanya saja, Google Analytics banyak menyajikan data berupa angka dan grafis. Tentunya kamu perlu mempelajari cara menggunakan, mamaksimalkan data yang ada dan menjadikannya strategi yang sangat cocok untuk bisnis.

Baca juga: Difabel Juga Bisa Sukses Bisnis Online

Google Analytics (foto: Shutterstock.com)

5.    Menciptakan Konten Berkualitas Tinggi

Memiliki website, tentu kamu harus menyajikan konten yang keren juga. Memiliki website atau blog saja tidak menjadikan bisnismu bisa lebih maju. Kamu perlu mengisinya dengan beragam konten berkualitas tinggi.

Kualitas tinggi di sini memiliki beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Mulai dari konten yang memang harus berkualitas untuk SEO, baik untuk para pembaca yang juga calon pembeli atau pengguna, dan baik untuk bisnis juga.

Ada banyak orang yang memiliki website dan blog dan membahas hal yang sama dengan bisnismu dan kamu harus terus bersaing dengan mereka. Karena jika tak memiliki konten yang baik, sudah pasti bisnismu tak akan bisa bersaing dengan bisnis serupa di dunia digital.

Kamu bisa mempelajari bagaimana cara memuat konten yang berkualitas, memaksimalkan cerita dan narasi, juga apa yang disukai pembaca. Jangan lupa mempelajari cara membuat atau menggunakan gambar dan grafis dalam konten. Gambar dan grafis adalah hal yang bisa berbicara langsung pada audiens.

6.    Menggunakan Google Seperti Seorang Profesional

Agar bisa mengetahui bagaimana marketing online bekerja, kamu perlu mengetahui bagaimana mesin pencari seperti Google bekerja. Ada banyak kursus yang bisa membahas hal ini dan kamu bisa mempelajarinya.

Banyak pemilik bisnis kecil yang tidak memahami cara Google bekerja. Tanpa keahlian dan pengetahuan tentang komputer dan pengalaman tentang internet, kamu tetap bisa belajar bagaimana Google bekerja. Jangan takut!

Nah, ternyata ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pemasaran digital. Kamu sudah memulainya?

Baca juga: Dulu Pedagang Kaki Lima, Kini Sukses Bisnis Online

Artikel ini hasil kerja sama antara Canva dengan Digination.id

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Udemy
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB