
Bangun Komunitas Pelanggan dengan Influencer, Video, dan Chatbot. Kuy!
Menyongsong 2019, perlu strategi khusus untuk mengembangkan bisnis. Berikut empat cara yang bisa kamu ikuti
Selasa, 18 Desember 2018 | 11:15 WIB Apa arti layanan pelanggan yang baik bagimu? Apakah itu pemilik restoran yang mengantar ke meja favoritmu dengan sambutan hangat? Ketika sebuah perusahaan menerima pengembalian dan memberimu pengembalian dana dengan utuh tanpa pertanyaan? Atau ketika seseorang meluangkan waktu untuk mengucapkan terima kasih yang tulus?
Hari ini kita telah menggunakan teknologi canggih untuk belajar banyak tentang pelanggan. Kita melacak apa yang mereka sukai, apa yang mereka habiskan, apa yang mereka cari, ke mana mereka pergi, dan seberapa sering mereka kembali. Namun terlepas dari semua "big data" ini dan apa pun yang dapat dilaporkannya, pelanggan di seluruh dunia masih menghargai "layanan pelanggan old school".
Nah, 5 teknik "layanan pelanggan old school" ini telah teruji oleh waktu, dan mereka tetap bekerja dengan baik seperti sekarang ini dan juga beberapa generasi sebelumnya…
Baca juga: Membangun Kepercayaan Pelanggan Toko Online, Bagaimana Caranya?
Ketika tidak bisa bertemu langsung, kita masih bisa menggunakan teknologi untuk membuat sentuhan pribadi. Ponsel bisa menjadi perangkat layanan pelanggan yang hebat. Berbicara dengan orang sungguhan alih-alih meninggalkan pesan satu sama lain adalah hal yang mungkin sudah ketinggalan zaman bagi sebagian orang.
Akan tetapi, hal itu dapat membuat perbedaan besar dalam perasaan pelanggan tentang kita di dunia yang semakin impersonal saat ini. Menggabungkan suara dengan video memungkinkan kita bertemu langsung tanpa biaya perjalanan. Skype, Google Hangouts, FaceTime, WebEx, GoToMeeting, dan platform lainnya membuatnya semakin mudah.
Baca juga: Bangun Pengalaman Pelanggan dengan Melupakannya, Bisa?
Saat diperkenalkan, gunakan nama orang lain. Saat berpisah (atau keluar), gunakan lagi nama orang lain. Lain kali kita bertemu, gunakan namanya. Jika kita lupa nama seseorang, alih-alih tidak menggunakan nama sama sekali, minta dia untuk mengingatkan kita, dan kemudian ulangi proses pengulangan lagi.
Ini membantu mengingatkan pelanggan akan nama kita juga. Ketika kita menempatkan diri sendiri pada basis nama yang akrab dengan klien, ada baiknya untuk mengembangkan hubungan yang tulus. Menggunakan nama membuat pengalaman setiap pelanggan lebih pribadi dan berharga.
Baca juga: Yuk, Gaet Pelanggan dengan Komunitas Online
Baca juga: 3 Tips Ubah Masalah Pelanggan Jadi Sukses
Jangan hanya mengirim e-mail, ikuti aturan "old school" dan kirim catatan tulisan tangan. Kamu akan menjadi satu-satunya yang pasti akan mereka ingat. Jika situasinya sesuai, kirim bunga, sekotak cokelat, apapun itu yang menyatakan "Terima kasih banyak!", dan bukan hanya "Kami menghargai bisnis Anda."
Menunjukkan penghargaan juga berlaku untuk kolega, vendor, pemasok, dan mitra bisnis lainnya. Memberi tahu betapa kamu sangat menghargai mereka dapat membuat hari mereka menyenangkan. Itu dapat membuat harimu lebih mudah, dan saat berikutnya, mereka berusaha lebih keras untuk membantumu!
Jangan khawatir menunjukkan penghargaan terlalu banyak. Pernahkah mendengar seseorang merasa sangat dihargai? Tidak, kan?
Baca juga: Lebih Dekat Dengan Pelanggan Berkat AI? Bisa!
Ada sesuatu yang penting dan efektif terjadi ketika kita tersenyum. Kita menjadi lebih baik dan lebih murah hati. Kita memilih kata-kata dengan lebih hati-hati. Kita bahkan akhirnya hidup lebih lama dan lebih sukses - dan video di bawah ini membuktikannya. Perubahan sikap ini dapat dirasakan oleh pelanggan, kolega, dan semua orang yang kita temui.
Apakah kamu bekerja di konter, melalui telepon, atau melalui web, tersenyum selalu berhasil. Ketika melakukan kontak mata dan kamu tersenyum, orang lain secara otomatis dan tidak sadar memperhatikannya. Itu membuat mereka merasa lebih santai dan nyaman. Tersenyum membuat bekerja bersama lebih efektif.
Ketika berbicara dan mendengarkan di telepon, senyum di wajahmu juga akan membuat perbedaan. Lain kali kamu mendengarkan orang lain di telepon, bayangkan apakah mereka tersenyum atau tidak. Kamu bisa tahu hanya dari nada suara mereka! Orang lain pun dapat mengatakan hal yang sama tentang kamu. Jadi tersenyumlah ketika sedang menelepon. Kalian berdua akan mendengar perbedaannya.
Tersenyumlah saat menulis e-mail, obrolan web, atau mengisi formulir di web. Tersenyum meningkatkan energi, membangkitkan semangat, dan akan memengaruhi mereka yang membaca kata-kata yang kamu pilih. Cobalah menulis satu pesan tanpa senyum, dan kemudian yang lain dengan senyum di wajahmu. Bisakah merasakan perbedaannya? Mereka yang menerima dan membaca kata-katamu tentu akan merasakannya juga.
Baca juga: Ini Cara Dapat Pelanggan Baru dan Menjaganya!
Yuk!
Baca juga: Online Bisa Meningkatkan Pelanggan Offline
Menyongsong 2019, perlu strategi khusus untuk mengembangkan bisnis. Berikut empat cara yang bisa kamu ikuti
Selasa, 18 Desember 2018 | 11:15 WIBTipe-tipe customer online memang bermacam-macam. Namun jika kamu tepat menghadapinya, ia akan menjadi pelanggan setia kamu.
Rabu, 20 Februari 2019 | 16:00 WIBAgar kamu dapat memahami statistik lebih dalam, simak pembahasan ini yuk!
Jumat, 1 Juli 2022 | 15:55 WIBApa saja sih tips sukses berkarir di industri teknologi? Simak berikut ini!
Jumat, 1 Juli 2022 | 15:44 WIBApa saja kiat startup agar tidak melakukan layoff pada karyawan? Yuk, kita simak!
Kamis, 30 Juni 2022 | 19:52 WIBTips Sribu mengenai cara untuk memaksimalkan potensi pemasaran digital dengan tepat dan efektif :
Kamis, 30 Juni 2022 | 16:41 WIBLantas apakah kebijakan ini tepat dan aman?
Rabu, 29 Juni 2022 | 18:23 WIB5 cara strategi marketing yang dapat kamu implementasikan untuk bisnismu. Simak penjelasannya berikut ini:
Rabu, 29 Juni 2022 | 16:43 WIBAkuisisi ini adalah salah satu usaha signifikan yang dijalankan Grup Modalku selama 2022.
Rabu, 29 Juni 2022 | 16:28 WIBTotal ada 6 fitur monetisasi untuk kreator konten yang sedang dipersiapkan Meta. Apa saja ya?
Selasa, 28 Juni 2022 | 18:08 WIBKolaborasi ini merupakan bentuk Akulaku PayLater dalam mendukung bangkitnya industri pariwisata.
Selasa, 28 Juni 2022 | 15:31 WIBLalu bagaimana Khaby bisa mencapai predikat ini? Berikut pengalaman Khaby Lame mencapai puncak karirnya!
Senin, 27 Juni 2022 | 19:55 WIBBerikut kegunaan dari Python dalam Digital Marketing!
Jumat, 24 Juni 2022 | 17:25 WIBBagaimana cara menggunakan email marketing untuk bisnismu. Yuk simak!
Selasa, 21 Juni 2022 | 16:34 WIBLalu bagaimana agar bisnis travel yang dibangun bisa mampu bersaing di pasaran?
Senin, 20 Juni 2022 | 15:59 WIBPersonal SEO menjadi cara tepat untuk memperkenalkan bisnis di era digital, yuk simak artikelnya berikut ini!
Jumat, 17 Juni 2022 | 19:42 WIB