LogoDIGINATION LOGO

Kuatkan Infrastruktur Digital, Indonesia Jajaki Kerja Sama dengan APEC

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 10 November 2017 | 03:46 WIB
Share
Isu perkembangan tren ekonomi digital menjadi pembahasan penting pada Pertemuan Tingkat Menteri APEC (Asia Pasific Economic Cooperation) atau APEC Ministerial Meeting (AMM) ke-29 di Da Nang Vietnam beberapa hari lalu
Share

Isu perkembangan tren ekonomi digital menjadi pembahasan penting pada Pertemuan Tingkat Menteri APEC (Asia Pasific Economic Cooperation) atau APEC Ministerial Meeting (AMM) ke-29 di Da Nang Vietnam beberapa hari lalu.

Pertemuan bertema "Creating New Dynamism, Fostering a Shared Future" tersebut membahas bahwa perdagangan digital dan e-commerce dianggap sebagai hal yang perlu diantisipasi tidak hanya sebagai tantangan, namun juga peluang yang potensial bagi negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

Menurut Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan, sekaligus mewakili Menteri Perdagangan, Iman Pambagyo yang hadir pada acara tersebut perkembangan teknologi digital tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh UMKM.

“Selama ini kita selalu mengedepankan peningkatan kapasitas dan fasilitasi UMKM agar mampu menerobos pasar, baik regional maupun global. Dengan berkembangnya e-commerce, maka kesempatan memasarkan produk bagi semua lapisan masyarakat, termasuk UMKM semakin terbuka lebar,” ujar Iman.

Iman menambahkan bahwa konsekuensi pemanfaatan peluang tersebut adalah bagaimana Ekonomi APEC dapat saling berbagi praktik-praktik terbaik penguatan infrastruktur digital sebagai acuan bagi seluruh ekonomi untuk menerapkan kebijakan perdagangan yang adil dan menyejahterakan semua.

Sementara itu, terkait isu konektivitas, rantai nilai global, dan rantai pasokan di Asia Pasifik, Indonesia meyakini bahwa pembangunan infrastruktur yang memadai, kapasitas logistik, dan fasilitasi perdagangan yang kuat akan semakin memudahkan aktivitas perdagangan dan mendorong keterlibatan seluruh ekonomi APEC dalam rantai nilai atau produksi secara luas.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB