LogoDIGINATION LOGO

Peran Industri Digital Creative Terhadap Anak Muda Indonesia

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 21 Agustus 2017 | 07:13 WIB
Share
Share

"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia" (Soekarno)

Kutipan di atas bukan tanpa alasan, semangat yang senantiasa menggebu, perilaku kreatif, dan potensi tanpa batas membuat pemuda dianggap memiliki peluang jauh lebih besar daripada orang yang lebih tua.

Sayangnya, pemuda Indonesia saat ini cenderung menikmati posisi mereka sebagai konsumen sejati. Daripada berkreasi menciptakan karya yang dapat membuat bangsa bangga, mereka lebih memilih meniru gaya hidup beberapa masyarakat barat yang hedonis dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka di media sosial.

Untuk mencegah “hilangnya” generasi potensial di masa yang akan datang, kita membutuhkan sebuah wadah yang dapat menampung kreativitas anak muda. Tujuannya tentu untuk membuat mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang produktif. Salah satu hal yang dapat membantu para pemuda menjadi orang yang bermanfaat adalah industri digital creative.

Secara umum, kreatif digital berarti hasil karya dan terobosan terkini yang diciptakan dengan melibatkan berbagai potensi teknologi informasi seperti software, hardware, serta aplikasi. Bagi anak muda, segala macam yang berbau TI pastilah menarik. Harapannya, ketertarikan ini dapat membuat mereka bersemangat untuk senantiasa berkarya.

Jika keberadaan pemuda dapat memperkaya industri kreatif digital, lalu apa saja manfaat yang didapatkan pemuda Indonesia dari keberadaan industri ini? Berikut merupakan beberapa peran industri digital creative terhadap anak muda Indonesia. Di antaranya,

1. Merangsang kreativitas

Untuk merangsang kreativitas, seseorang membutuhkan motivasi lebih baik dari diri sendiri ataupun sekitarnya. Keberadaan konten atau produk kreatif digital yang menarik pasti akan merangsang kreatvitas anak muda untuk menciptakan hal yang lebih baik lagi.

2. Senantiasa berinovasi

Untuk dapat bertahan di dunia kreatif digital, keunikan dan orisinalitas merupakan hal yang penting. Karena itulah inovasi selalu dibutuhkan para pemuda yang berkecimpung di sini. Sehingga mau tidak mau, mereka akan tumbuh menjadi pemuda yang selalu berinovasi.

3. Menciptakan pelopor

Menemukan hal baru yang unik dan beda merupakan bagian dari kreatif digital. Dari setiap penemuan unik, akan lahir pelopor-pelopor yang nantinya dijadikan tolak ukur saat ingin membuat hal serupa.

Masa muda adalah hal yang tidak bisa kita ulang dua kali. Jadi sebagai anak muda, sudah seharusnya kita menjadi orang-orang yang senantiasa berkreasi, bermanfaat, dan inovatif . Agar dunia digital creative Indonesia menjadi lebih maju lagi.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB