LogoDIGINATION LOGO

Pemerintah Luncurkan Gerakan Nasional UMKM Go Online

author Oleh Ana Fauziyah Rabu, 8 November 2017 | 03:13 WIB
Share
Sebagai upaya mendukung visi ekonomi Indonesia pada tahun 2020 menjadi “The Digital Energy of Asia”, pemerintah melalui sinergi antara Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan pemerintah daerah meluncurkan Gerakan Nasional UMKM Go Online
Share

Sebagai upaya mendukung visi ekonomi Indonesia pada tahun 2020 menjadi “The Digital Energy of Asia”, pemerintah melalui sinergi antara Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan pemerintah daerah meluncurkan Gerakan Nasional UMKM Go Online.

Peluncuran gerakan tersebut dilakukan pada Selasa kemarin (7/11) dengan mengadakan roadshow serentak di 13 kota yaitu Medan, Jambi, Palembang, Bekasi, Bogor, Balikpapan, Denpasar, Semarang, Tangerang Selatan, Bandung Barat, Purwakarta, Sidoarjo dan Surabaya.

Gerakan nasional digitalisasi UMKM tersebut bertujuan untuk mendorong kekuatan ekonomi nasional yang berbasis UMKM. Gerakan ini juga didukung oleh 2 program pemerintah yaitu Program 8 juta UMKM dan Program Ekonomi Kerakyatan.

UMKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat yang mempu menyerap tenaga kerja hingga 90% serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada Produk Domestik Bruto Nasional. Penjualan online juga dinilai mempu meningkatkan pendapatan UMKM hingga 26% dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja yang berimbas pada peningkatan ekonomi nasional secara berkala dan bertahap.

Gerakan ini juga didukung oleh banyak pelaku e-commerce antara lain BLANJA.com, MatahariMall.com, Lazada, Shopee, Blibli, Tokopedia dan Bukalapak. Diharapkan gerakan ini dapat menjadi langkah berkesinambungan untuk mencapai visi ekonomi Indonesia sebagai “The Digital Energy of Asia” pada 2020.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB