LogoDIGINATION LOGO

Gelar Global Shopping Festival, Alibaba Bawa Teknologi AR

author Oleh Desy Yuliastuti Senin, 6 November 2017 | 02:13 WIB
Share
Alibaba Group secara resmi menggelar 11
Share

Alibaba Group secara resmi menggelar 11.11 Global Shopping Festival. Festival tersebut menjadi perhelatan tahunan yang diadakan setiap 11 November.

Pada Global Shopping Festival tahun ini diperkenalkan konsep New Retail yang memperlihatkan masa depan ritel dengan menanamkan elemen toko fisik di media sosial, konten interaktif, dan hiburan dalam satu ekosistem yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

"Event 11.11 Global Shopping Festival merupakan kolaborasi bisnis berskala besar yang menyatukan konsumen, pedagang, perusahaan logistik, institusi keuangan, toko online dan fisik, serta pusat perbelanjaan di seluruh dunia," ujar CEO Alibaba Group Daniel Zhang dalam keterangan tertulis, Senin, (6/11).

Raksasa e-commerce pimpinan Jack Ma ini bakal berkolaborasi dengan 52 pusat perbelanjaan untuk mendirikan 60 toko kecil yang didukung dengan konsep New Retail di 12 kota Tiongkok. Konsumen dapat merasakan pengalaman baru pada saat mengunjungi toko-toko tersebut, salah satunya mencoba lipstik dengan menggunakan Augmented Reality (AR).

“Festival tahun ini merupakan kesempatan yang baik untuk menunjukan inisiatif New Retail yang dipelopori oleh Alibaba,” tambah Zhang.

Dengan memanfaatkan platform media dan e-commerce miliknya, Alibaba akan menghadirkan pengalaman baru untuk konsumen di mana penonton acara peragaan busana See Now, Buy Now bisa langsung membeli produk yang diperagakan. Tahun ini akan menjadi saat yang tepat untuk menerapkan kembali konsep “retail as entertainment” yang pertama kali diterapkan tahun lalu.

Festival belanja online terbesar yang diadakan sejak 2009 ini memiliki bentuk berbeda tiap tahunnya. Mulai dari penjualan online 24 jam menjadi festival belanja 24 hari baik di-platform online-offline. Setengah miliar konsumen di seluruh dunia dapat menikmati promosi dan penawaran dari 140.000 merek dan 15 juta produk yang terdaftar.

Menariknya, masyarakat internasional, termasuk di Indonesia, dapat memiliki koleksi Taobao dari platform Lazada. Alibaba mengakuisisi saham Lazada yang menjadi platform e-commerce unggulan se-Asia Tenggara sejak April 2016.

Acara 11.11 Countdown Gala Celebration akan diselenggarakan pada 10 November di Mercedes Benz Arena, Shanghai, Tiongkok. Untuk kedua kalinya, acara ini akan dipimpin oleh produser Hollywood, David Hill dan disiarkan langsung di tiga saluran televisi Tiongkok, yaitu Zhejiang TV, Shenzhen TV, dan Beijing TV.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB