LogoDIGINATION LOGO

Menkominfo Paparkan Strategi untuk Capai Potensi Ekonomi Digital 2020

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 3 November 2017 | 07:17 WIB
Share
Berbicara di hadapan sejumlah pemimpin perusahaan asal Amerika Serikat pada forum tahunan U
Share

Berbicara di hadapan sejumlah pemimpin perusahaan asal Amerika Serikat pada forum tahunan U.S.-Indonesia Investment Summit Kamis (2/11) kemarin, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memaparkan strategi pemerintah Indonesia untuk mencapai target Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar se-Asia pada tahun 2020.

Rudiantara menyebutkan banyak kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi digital di antaranya membangun banyak infrastruktur, memperbaiki regulasi, memberikan kemudahan landing reform yang diterapkan dalam 16 paket kebijakan ekonomi.

Untuk kebijakan di sektor ICT dilakukan pendekatan ekosistem Device, Network dan Applications. Dari sisi device, terkait aturan TKDN dan simplifikasi perangkat. Perubahan regulasi ini bertujuan untuk menjaga engagement dengan pelaku pasar sehingga aturan TKDN bisa berhasil.

Dari sisi network, Kementerian Kominfo melakukan afirmative policy dengan mendorong operator mengimplementasikan 4G lebih awal dan menjalankan proyek Palapa Ring dengan skema PPP agar mendapat kontribusi kemampuan teknis pihak swasta.

Dari sisi aplikasi, Indonesia sejauh ini sudah menghasilkan 3 unicorn yaitu Gojek, Tokopedia, dan Traveloka. Pemerintah optimis pada 2019 nanti Indonesia bisa melahirkan 5 unicorn. Pemerintah juga telah meluncurkan program Next Indonesia Unicorn untuk memperkenalkan startup Iindonesia yang potensial sehingga memperoleh akses pendanaan.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB