LogoDIGINATION LOGO

Nih, Cara Mengubah Passion Jadi Bisnis!

author Oleh Aulia Annaisabiru Ermadi Senin, 12 November 2018 | 11:15 WIB
Share
ilustrasi bekerja dengan passion (Shutterstock)
Share

Bukan rahasia lagi, jika passion menjadi salah satu resep kesuksesan. Orang yang bekerja dengan hal tersebut akan melakukan tugasnya dengan penuh antusias, energi dan efektif. Passion sendiri diartikan sebagai emosi terhadap sesuatu yang membuat seseorang bersemangat untuk meraihnya.

Karenanya menjadi penting agar kamu selalu memiliki gairah untuk meraih kesuksesan. Begitu juga ketika ingin memulai bisnis, hal tersebut dapat membuatmu pantang menyerah.

Ketika melakukan apa yang kamu sukai maka pekerjaan tersebut tidak akan terasa berat. Seperti yang dikatakan Steve Jobs, "Bekerja akan menjadi aktivitas yang menyita banyak waktu dalam hidup, dan satu-satunya cara agar membuatnya lebih hidup adalah melakukan hal yang kamu cintai."

Lalu, bagaimana cara mengubah passion menjadi bisnis? Berikut tipsnya...

Baca juga: Emak-emak Jago Bisnis, Kenapa Nggak?

Mulai dari hal kecil

Membuka bisnis memang penuh ketidakpastian. Karenanya mulailah dari hal-hal kecil dulu seperti membangun percaya diri, pengetahuan dan pengalaman diri sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis dan berhenti dari pekerjaan sebelumnya. 

Manfaatkan waktu sebaik mungkin dengan melakukan riset pasar pada produk dan layanan yang ingin ditawarkan. Pastikan ide yang kamu punya adalah sebuah solusi dari masalah atau bisa juga suatu penambahan nilai. Satu lagi, pastikan juga bahwa banyak orang yang membutuhkan produk dan layananmu.

Untuk melakukan penetrasi pasar, kamu bisa mencoba dengan menjual beberapa sample dan lihat pertumbuhannya. Sembari melihat apakah ini benar passion yang sedang kamu kejar atau bukan.

Baca juga: Saatnya Manfaatkan Pasar Muslim Terbesar Dunia: Indonesia

Fokus

Ketika ingin memulai bisnis dan belum memiliki karyawan, semuanya dikerjakan sendiri.  Mengatur dan memiliki jadwal kerja serta target yang harus dicapai setiap harinya akan membantumu tetap profesional dalam menjalankan bisnis berdasarkan passion ini. 

ilustrasi bekerja dengan passion (Shutterstock)

Manfaatkan platform online

Di era ini jika ingin memiliki bisnis tidak selalu harus memiliki lokasi fisik. Platform-platform online sudah banyak tersedia yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu mengiklankan produk atau layananmu. Penggunaan platform ini juga dapat menekan budget seminimal mungkin untuk marketing produk.

Baca juga: 8 Cara Lindungi Bisnismu dari Kejahatan Online

Mencari dukungan

Sekarang ini sudah banyak lembaga atau organisasi yang dibuat khusus untuk membantu startup. Kamu bisa manfaatkan lembaga-lembaga ini untuk mengembangkan bisnis. Biasanya mereka menawarkan pengembangan rencana bisnis, memberikan mentoring dan  menjembatani pertemuan dengan investor.

Sebagai startup, kamu bisa juga memanfaatkan co-working space. Selain berfungsi untuk membangun lingkungan kerja, mereka juga menyediakan ruang kerja bersama, yang memungkinkanmu untuk berdiskusi dan belajar bersama startup lain. 

Baca juga: Lebih Asik dari Kantor, Coworking Space Makin Diminati

Beritahu semua orang

Setelah produk atau layananmu siap diluncurkan, jangan lupa untuk menyebarluaskan berita tersebut ke semua orang. Beritahu teman, rekan kerja dan keluargamu. Mintalah bantuan mereka untuk menyebarluaskan di sosial medianya. Oh iya, pertimbangkan juga untuk membuat siaran pers agar semakin masif. Semakin luas menyebarkan berita, semakin cepat juga bisnismu bertumbuh.

Itu tadi tips yang bisa kamu terapkan untuk mengubah passionmu menjadi bisnis karena hal tersebut merupakan sesuatu yang penting tatkala memulai bisnis. Motivasi ini dapat membuatmu melakukan pekerjaan yang menyenangkan dan mengasyikan. Kuncinya, love what you do and do what you love.

Semoga sukses!

Baca juga: Mau Sukses Kuliah dan Bisnis? Ini Tipsnya!

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur, Forbes, Startup Delight, Huffington Post
TAGS
RECOMMENDATION

3 Kunci Sukses Migrasi ke Bisnis Digital

Kunci terjun ke bisnis digital adalah disiplin untuk melayani dan men-deliver apa yang ditawarkan pada media online tersebut. Awaluddin meramu tips bermigrasi ke bisnis digital dalam 3C, yakni Character, Competence, dan Courage. Yuk disimak

Minggu, 26 Agustus 2018 | 10:00 WIB
LATEST ARTICLE

Tren Desain Grafis 2021

Sebagai desain grafis dan kreator konten sejati, kamu tidak boleh melewatkan tren ini

Selasa, 2 Februari 2021 | 13:57 WIB