LogoDIGINATION LOGO

Digihealth, Bisa Cek Menstruasi Sampai Atur Kehamilan

author Oleh Ana Fauziyah Sabtu, 10 November 2018 | 09:19 WIB
Share
ilustrasi wanita dan digihealth (Shutterstock)
Share

Semua orang saat ini hidup di dunia seluler, termasuk para perempuan yang menjadikan ponsel sebagai salah satu perangkat untuk mempermudah hidup. Dengan menggunakan aplikasi di ponselnya, kamu bisa mengecek waktu menstruasi, melakukan deteksi dini penyakit, merencanakan program diet dan lain sebagainya.

Di antara sekian banyak aplikasi kesehatan yang tersedia di Google Play untuk pengguna ponsel Android, Digination.id telah merangkum aplikasi kesehatan terbaik untuk para perempuan. Berikut 7 aplikasi kesehatan yang bisa kamu pakai untuk menjaga tubuh agar selalu sehat dan bugar.

  1. My Calendar – Period Tracker

Period Calendar merupakan aplikasi yang khusus ditujukan untuk para wanita. Aplikasi ini membantu para wanita melacak waktu menstruasi, menghitung masa ovulasi dan mengetahui masa kesuburan. Dengan menggunakan Period Calendar, para wanita bisa mengatur jarak kelahiran, melakukan kontrasepsi yang sesuai, bahkan mengenali gejala naik turunnya mood saat menstruasi.

  1. Hawa

Hampir sama dengan My Calendar Period Trcaker, Hawa merupakan aplikasi buatan dalam negeri yang berfungsi sebagai penghitung waktu menstruasi. Dengan menggunakan aplikasi Hawa, pengguna dapat memperkirakan waktu menstruasi, menghitung masa ovulasi dan mengetahui masa subur. Tidak hanya itu, Hawa dilengkapi dengan informasi dan tips-tips menarik yang bermanfaat bagi perempuan. Di aplikasi Hawa, para perempuan juga bisa berbagi informasi mengenai dunia wanita dengan anggota lain yang merupakan semacam komunitas dan sarana bersosialisasi layaknya media sosial.

Baca juga: Digihealth, Masa Depan Dunia Kesehatan

  1. Check Yourself!

Check Yourself! adalah aplikasi yang berguna untuk mendeteksi dini kemungkinan adanya potensi kanker payudara. Aplikasi ini dikembangkan oleh lembaga nirlaba Keep A Breast yang memiliki misi untuk memberikan edukasi kepada perempuan sedunia tentang kanker payudara. Check Yourself! membantu wanita mengatur jadwal pengecekan rutin, mendapat informasi penting untuk mengurangi risiko, dan menyediakan tutorial bagaimana melakukan deteksi dini secara mandiri. Aplikasi ini juga memberikan notifikasi sebagai pengingat saat pengguna sudah waktunya mengecek atau memeriksakan diri ke dokter.

  1. myPill

Aplikasi myPill merupakan aplikasi yang bertujuan untuk mengatur jarak kehamilan. Fungsi utamanya adalah untuk mengingatkan agar tidak lupa meminum pil kontrasepsi atau pil KB. Dengan menggunakan myPill, kamu akan mendapatkan notifikasi atau semacam alarm di waktu-waktu harus meminum pil KB. Selain itu, aplikasi ini juga membantu mengatur jadwal bertemu dengan dokter dan mengingatkan jika pil yang tersisa sudah hampir habis.

  1. Pregnancy Tracker

Pregnancy Tracker merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi wanita yang sedang hamil. Aplikasi ini membantu ibu hamil untuk mengetahui informasi dan perkembangan janin dalam kandungan secara berkala, setiap minggu dan setiap bulannya. Pregnancy Tracker juga memberikan informasi tentang makanan apa saja yang sebaiknya dimakan atau dihindari selama kehamilan, memberikan tutorial tentang olahraga ringan yang sebaiknya dilakukan ibu hamil, serta tips-tips mengatasi morning sick dan keluhan kehamilan lainnya.

Baca juga: Emak-emak Jago Bisnis, Kenapa Nggak?

  1. Female Fitness – Women Workout

Female Fitness merupakan aplikasi yang membantu wanita menjaga kebugaran dan mendapat bentuk tubuh yang diinginkan. Aplikasi ini menyediakan video tutorial yang bisa ditonton oleh pengguna, antara lain tutorial melakukan pemanasan, latihan membentuk kaki, latihan mengecilkan perut, latihan mengencangkan paha dan lain sebagainya. Semua tutorial tersebut didesain oleh para profesional di bidangnya sehingga dengan menggunakan Female Fitness kamu seolah memiliki pelatih pribadi dalam genggaman.

  1. Lifesum – Diet Plan, Calorie Counter & Food Diary

Lifesum merupakan aplikasi yang membantu perempuan melakukan diet agar berjalan sukses. Aplikasi ini membantu kamu merencanakan program diet, apapun metode program dietnya termasuk diet keto, diet rendah karbo atau diet tinggi protein. Lifesum juga membantu menghitung kalori dari setiap makanan yang kamu makan dan menyediakan resep-resep makanan sehat untuk mendukung kesuksesan program diet yang sedang kamu jalankan.

Baca juga: Tak Ada Alasan Malas Olahraga Kalau Pakai Aplikasi Ini

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Google Play Store
TAGS
RECOMMENDATION

10 Teknologi Kesehatan Masa Depan

Kemajuan dunia media tidak bisa lepas dari peran teknologi di dalamnya. Teknologi canggih ini membantu meningkatkan mutu perawatan kesehatan untuk lebih baik lagi. Lalu apa saja teknologi yang dimanfaatkan dalam dunia kesehatan? Berikut 10 daftarnya.

Sabtu, 3 November 2018 | 16:00 WIB
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB